Surat Untuk Mendikbud

slide1

Semenjak diberlakukannya kurikulum 2013, banyak guru TIK dan KKPI dipaksa mengajar prakarya dan saat uji kompetensi guru (UKG) harus mengikuti UKG matpel TIK. Hal ini jelas sangat merugikan kami guru TIK dan KKPI yang selama 3 tahun dipaksa mengajar prakarya yang tidak linier dengan bidang kami lalu harus mengikuti UKG Matpel TIK/KKPI. Selain itu banyak guru TIK yang akhirnya pindah ke struktural dan ke industri. Sebagian pindah atau alih fungsi ke SMK.

Dalam kesempatan ini, izinkan kami mengusulkan kepada pemerintah agar lebih memahami pentingnya TIK sebagai mata pelajaran.  TIK bukan bimbingan karena jelas melanggar UU Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005. Dalam UU Guru dan Dosen serta PP 74 tentang guru tahun 2008 hanya dikenal 3 jenis guru yaitu guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bimbingan konseling. Selain itu, bimbingan TIK telah melanggar UU sisdiknas.

Akhirnya bimbingan TIK dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah tidak berjalan mulus dan kalau pun berjalan hanya sekedar dipaksakan. Mayoritas guru TIK, orang tua dan siswa menginginkan TIK tetap sebagai matpel dan itu berdasarkan hasil jajak pendapat kami di dunia maya dan dunia nyata. Mohon untuk menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan.

https://www.facebook.com/notes/10153590328601528/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s