Wanita Cantik

img_9944-copy

Wanita cantik menurut pandangan Islam adalah wanita muslimah yang sholehah, wanita yang menjadi idaman setiap orang karena ia adalah sebaik-baiknya perhiasan dunia. 10 Ciri-ciri Wanita muslimah sholehah memiliki sifat dan ciri sebagai berikut :

1. Beriman

Wanita muslimah adalah wanita yang beriman bahwa Allah Subhaanahu wata’ala adalah Rabbnya, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-Nya, serta islam lah yang menjadi pedoman hidupnya. Dampak itu semua nampak jelas dalam perkataan, perbuatan, dan amalannya. Serta ia akan berusaha menjauhi apa-apa yang menyebabkan Allah menjadi murka dan sangat takut dengan siksa-Nya yang sungguh sangat pedih, dan tidak akan menyimpang dari aturan-aturan-Nya.

2. Menjaga Sholat

Wanita muslimah selalu menjaga sholat lima waktu dengan wudlu’nya, serta menunaikannya dalam kekhusyukan, dan mendirikan sholat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang menghalanginya dari sholat itu. Dan tidak ada sesuatu apapun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah Subhaanahu wata’ala sehingga nampak jelas padanya hasil dari sholatnya itu. Sebab sholat dapat mecegah daripada perbuatan keji dan mungkar serta benteng dari perbuatan maksiat.

3. Menjaga Hijab

Wanita muslimah adalah yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati dan sebaik-baiknya. Sehingga dia tidak akan keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi menurut tuntunan Islam, dan mencari perlindungan Allah serta bersyukur kepadaNya atas kehormatan yang diberikan dengan adanya hukum hijab kepada para wanita, dimana Allah Subhaanahu wata’ala menginginkan terjaga kesucian baginya dengan hijab tersebut.

4. Menjaga Kehormatan

Wanita sholehah selalu menjaga kehormatan dan ketaatan kepada suaminya, seiya sekata, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.

5. Pendidik yang Baik

Wanita muslimah adalah wanita yang mampu mendidik anak-anaknya untuk taat dan bertakwa kepada Allah Subhaanahu wata’ala, mengajarkan kepada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya menjauhkan mereka dari segala jenis kemaksiatan dan perilaku tercela.

6. Patuh pada Suami

Wanita muslimah tidak berkhalwat (berduaan) dengan laki-laki bukan mahramnya. Wanita sholehah dilarang bepergian jauh kecuali pergi dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak boleh menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum kecuali karena mendesak dan sudah dapat izin dari suaminya atau mahramnya.

7. Tidak Menyerupai Laki-laki dan Orang Kafir

Wanita muslimah adalah wanita yang tidak menyerupai laki-laki dalam hal-hal khusus yang menjadi ciri-ciri mereka. Juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir dalam hal-hal yang menjadi ciri khusus mereka, baik dalam berpakaian, maupun dari caranya bertingkah laku dan gerak-geriknya.

8. Taat

Wanita muslimah selalu menyeru ke jalan Allah, di kalangan wanita dengan tutur kata yang baik dan sopan, baik berkunjungò kepadanya, berhubungan telepon dengan saudara-saudaranya, ataupun lewat sms dan dalam lingkungannya. Di samping itu, dia juga akan mengamalkan apa yang dikatakannya serta berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksa Allah.

9. Jauh dari Syubhat dan Syahwat

Wanita muslimah selalu menjaga diri dan hatinya dari syubhat maupun syahwat. Juga memelihara matanya dari memandang sesuatu yang haram. Menjaga farjinya, memelihara telinganya dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa atau hal-hal yang dilarang. Memelihara dan menjaga semua anggota tubuhnya dari penyelewengan. Dan ketahuilah bahwa yang demikian itu adalah takwa.

10. Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Wanita muslimah selalu menjaga waktunya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar tidak terbuang sia-sia disetiap harinya. Maka dia akan menjauhkan diri dari ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), mencaci dan hal lain yang tidak berguna.

Sumber:  copas dari group WA Alumni IKIP Jakarta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s