Galeri

Pelaksanaan “Pelatihan Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Guru SMA di Jakarta”

Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ

Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia belum memiliki sejarah yang panjang. Pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia mulai berkembang seiring dengan keluarnya Keppres No.6/2000 di masa pemerintahan K.H. Abdurrachman Wahid. Setelah melewati masa-masa politis, penguasaan bahasa Mandarin menjadi sebuah kebutuhan. Dewasa ini, bahasa Mandarin bukan lagi dilihat sebagai bahasa etnis tertentu, namun sebagai bahasa asing yang harus dipelajari. Di berbagai jenjang pendidikan, bahasa Mandarin telah menjadi mata pelajaran wajib ataupun pilihan.

Oleh karena sempat dibekukan selama kurang lebih 30 tahun, guru bahasa Mandarin di Indonesia yang mempunyai latar belakang kependidikan bahasa Mandarin jumlahnya terbatas. Keberagaman latar belakang guru mempengaruhi proses dan kualitas pembelajaran bahasa Mandarin. Berdasarkan profiling guru bahasa yang ditetapkan European Profiling Grid (EPG), beberapa kompetensi yang diperlukan guru adalah methodology, assesment, dan digital media (data tabel EPG terlampir). Demi meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Mandarin, maka perlu diadakan pelatihan guru yang sesuai dengan…

Lihat pos aslinya 362 kata lagi

Komentar ditutup.