Corat-Coret di Dinding Kelas

kamar688Corat-Coret di Dinding Kelas: Cerita-Cerita Inspiratif untuk Mendukung Penguatan Karakter dan Gerakan Literasi di Sekolah

oleh

Sefi Indra Gumilar

SMP Negeri 3 Terisi, Kab. Indramayu

 

Ada dua persoalan bangsa yang kini tengah menjadi fokus pemerintah, yaitu permasalahan karakter bangsa dan peningkatan kegiatan literasi. Tindak lanjut dari hal tersebut, pemerintah telah mencanangkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional. Menyangkut hal itu, latar belakang lahirnya buku ini adalah dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut. Dukungan terhadap gerakan literasi dilakukan dengan menciptakan karya-karya bacaan yang berkualitas. Adapun kaitannya dengan PPK diantaranya yaitu dengan menghadirkan bacaan bagi siswa yang isinya mengandung amanat dan hikmah nilai-nilai luhur dan moralitas yang baik.

Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Terlebih, bila cerita yang disajikan ialah cerita-cerita inspiratif yang dekat dengan kehidupan siswa di sekolah. Dari berbagai cerita tersebut, siswa diharapkan bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat mendukung optimalisasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah.

Ada berbagai peristiwa yang terjadi di masa sekolah. Berbagai peristiwa tersebut didengar, disaksikan, maupun dialami sehari-hari oleh siswa sendiri. Bagi siswa, masa-masa saat sekolah merupakan masa-masa yang sulit untuk dilupakan. Masa-masa itu akan mengendap dalam ingatan siswa mungkin hingga seumur hidupnya. Baik disadari maupun tidak, masa-masa di sekolah sangat berperan dalam pembentukan karakter dan pribadi siswa pada saat dewasa. Itulah alasan mengapa cerita-cerita dalam buku ini mengambil latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh yang ada di sekolah. Terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya. Mungkin saja beberapa cerita dalam buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka. Tentu saja tidak sembarang cerita ditampilkan, tetapi cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga. Cerita-cerita tersebut dipaparkan dari sisi sudut pandang diri siswa. Hal ini sesuai dengan sasaran pembaca buku ini yang merupakan siswa sekolah yang masih berusia remaja.

Dalam buku ini, kita akan menemui sepuluh kisah. Salah satunya yaitu cerita tokoh Alin yang harus berjualan gorengan milik Neneknya sambil bersekolah. Saat lahir, Alin ditinggal pergi ayahnya yang menikah lagi. Ibu Alin menyusul pergi dari rumah setelah kelahiran adik Alin karena merasa tidak kuat menahan beban hidup. Tinggalah Alin bersama neneknya yang berjualan gorengan. Lalu bagaimana keteguhan Alin bersekolah saat neneknya sakit? Dalam cerita ini, kita juga menemukan semangat kebersamaan, kepedulian, dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Sungguh cerita yang cukup menyentuh.

Dalam kisah yang lain, kita juga bisa menemui seorang Anggun yang pada awalnya sangat membenci Bu Sisi, guru bahasa Inggrisnya. Akan tetapi, ada sebuah peristiwa yang pada akhirnya mengubah sikap Anggun. Pada cerita ini kita bisa mencermati kesabaran sosok Bu Sisi sebagai guru dalam melunakan kerasnya hati seorang murid. Terbukti bahwa cinta dan kasih sayang bisa meluluhkan keangkuhan dan kebencian. Di tengah banyaknya kasus tindak kekerasan guru pada muridnya, mungkin cerita ini bsia menjadi bahan inspirasi dan pelajaran.

Ada beberapa kisah lainnya dalam buku ini, yaitu cerita tokoh Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi. Selain itu, ada juga cerita tentang kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas. Selanjutnya ialah cerita tentang kepedulian teman-teman sekelas pada Saepul yang sepatunya rusak parah dan tidak pernah ganti. Lalu dilajutkan dengan cerita tentang guru bahasa Indonesia baru yang berusaha memperbaiki perpustaakan yang rusak, kusam, dan tidak ada buku menjadi perpustakaan bersih, rapi, dan semarak. Semangat dan kerja kerasnya membuahkan hasil hingga murid-murid semakin termotivasi untuk membaca dan datang ke perpustakaan.

Pada cerita yang lain, kita akan menemukan Anggi yang memiliki diary kesayangan. Pada akhirnya, diary kesayangan Anggi tersebut akan mengantarkannya pada suatu peristiwa yang mengharukan dan inspiratif. Kemudian di cerita lainnya yang berjudul Corat-Coret di Dinding Kelas, kita akan mendapati kisah pergelutan siswa senior dan junior di suatu sekolah. Di akhir cerita, ada suatu hal yang selanjutnya menjadi penyatu kebersamaan mereka. Selain itu, di kisah selanjutnya terdapat cerita tentang kepedulian ibu kantin pada salah satu siswa. Latar belakang kasih sayang ibu kantin pada siswa tersebut ternyata sungguh menggugah hati. Di cerita terakhir, kita akan menemukan tokoh Amir, si penggembala. Pada kisah ini, kita harus banyak belajar pada kerja keras, semangat, dan kesungguhan Amir untuk belajar serta keteguhan Pak Soleh yang terus memotivasi dan mendukung Amir untuk tidak menyerah pada kesulitan hidup.

Demikian sepuluh cerita-cerita di sekolah tersebut tersaji dalam buku ini. Semoga melalui cerita-cerita inspiratif yang terdapat dalam buku ini dapat berkesan, bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang digalakan di sekolah-sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa-siswi yang memiliki kecapakan literasi dan berakhlak terpuji dapat terwujud.

 

 

Indramayu, 00.45, 22 September 2017

Iklan

69 responses to “Corat-Coret di Dinding Kelas

  1. dengan membaca cerita ini saya jadi tahu ,Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. peristiwa tersebut didengar, disaksikan, maupun dialami sehari-hari oleh siswa sendiri. Bagi siswa, masa-masa saat sekolah merupakan masa-masa yang sulit untuk dilupakan. Terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya.cerita tokoh Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi. saya sangat tidak menyesal membaca cerita ini karena sangat bermanfaat

  2. dengan membaca cerita ini saya jadi tahu ,Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. peristiwa tersebut didengar, disaksikan, maupun dialami sehari-hari oleh siswa sendiri. Bagi siswa, masa-masa saat sekolah merupakan masa-masa yang sulit untuk dilupakan. Terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya.cerita tokoh Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi. cerita yang disajikan ialah cerita-cerita inspiratif yang dekat dengan kehidupan siswa di sekolah. Dari berbagai cerita tersebut, siswa diharapkan bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka. Tentu saja tidak sembarang cerita ditampilkan, tetapi cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga.terima kasih karena sudah menulis cerita ini

  3. Slenggoro Lantip

    Memang benar bahwa pengalaman di sekolah akan memengaruhi kita saat dewasa. Dengan buku ini, siswa/i akan lebih tertarik pada Gerakan Literasi. Buku-buku yang mempunyai latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh di sekolah akan membuat siswa/i lebih sering membaca buku. Siswa/i juga akan belajar meningkatkan karakter mereka menjadi orang yang sukses dan bahagia saat dewasa. Kegiatan ini juga akan mendukng Gerakan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
    Karena memakai cerita-cerita yang ada di sekolah, buku ini akan lebih berhubungan dengan pengalaman siswa/i. Buku ini akan tercantum dalam memori siswa/i selama hidup mereka sama dengan buku ini. Saya juga setuju dengan Gerakan Literasi yang sedang dilakukan d sekolah-sekolah nusantara. Saya harap dengan gerakan ini, siswa/i akan lebih mudah mengembangkan karakter bangsa dengan membaca buku ini. Kita juga harus menanamkan pendidikan luhur dan moral dalam pendidikan sehari-hari di sekolah karena sekolah merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Melalui buku ini, siswa/i akan lebih mudah menanamkan moral-moral yang baik dalam diri mereka

  4. Wah sangat menginspirasi, ternyata walaupun saya kira hidup saya susah ternyata masih lebih banyak yang mengalami hidup yang lebih susah, seperti Alin yang harus berjualan gorengan milik Neneknya sambil bersekolah, ayahnya meninggalkannya sejak muda dan neneknya yang sakit, Anggun yang pada awalnya sangat membenci Bu Sisi, guru bahasa Inggrisnya tetapi kesabaran Bu Susi mengubah perilakunya Anggun, Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi, kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas, cerita tentang kepedulian teman-teman sekelas pada Saepul yang sepatunya rusak parah dan tidak pernah ganti, Guru bahasa Indonesia baru yang berusaha memperbaiki perpustaakan yang rusak, kusam, dan tidak ada buku menjadi perpustakaan bersih, rapi, dan semarak. Semangat dan kerja kerasnya membuahkan hasil hingga murid-murid semakin termotivasi untuk membaca dan datang ke perpustakaan, kepedulian ibu kantin pada salah satu siswa. Latar belakang kasih sayang ibu kantin pada siswa tersebut ternyata sungguh menggugah hati, dan terakhir cerita tentang kesungguhan Amir untuk belajar serta keteguhan Pak Soleh yang terus memotivasi dan mendukung Amir untuk tidak menyerah pada kesulitan hidup, sangat menginspirasi.

  5. Blog Bapak ini tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Tulisan ini menginspirasi saya untuk membaca. Buku yang berisi kumpulan – kumpulan cerita ini akan bermanfaat bagi saya. Apalagi, buku ini mengandung cerita – cerita tentang sekolah. Cerita – cerita tentang kehidupan sekolah ini dapat memberi kesan tentang kehidupan sekolah saya di realita.Cerita – cerita yang ada buku tersebut sepertinya memiliki cerita yang unik, inspiratif, dan bermanfaat. Menurutku, buku yang berisi cerita – cerita, apalagi buku yang memiliki tulisan yang inspiratif sangat bermanfaat. Kita lebih baik membaca yang bermanfaat daripada melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat, sepeerti menonton yang tidak – tidak dan lain lain. Saya setuju dengan adanya kegiatan literasi, dengan kegiatan literasi, siswa siswi disekolah akan mendapat ilmu yang lebih luas karena membaca. Semoga melalui cerita-cerita inspiratif yang terdapat dalam buku ini dapat berkesan, bermanfaat, dan lain lain, seperti yang tertulis di blog ini.

  6. dhiva azzahra adi mulyani

    blog bapak yang berjudul coret-coret di dinding kelas ini sangat inspiratif untuk mendukung penguatan karakter dan gerakan literasi.cara kelasendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur ini sangat berguna untuk siswa juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. dan peristiwa-peristiwa di sekolah sana yang dialami nya dalam segari sehari mereka di sekolah bisa disadari mauoun tidak dapat membuat karakter dan pribadi mereka yang bersekolah disana. alasan mengapa cerita-cerita dalam buku ini mengambil latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh yang ada di sekolah. Terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya.dan kisah yang terdapat di dalam buku itu kita bisa menemukan amanat yang terkandung dalam kisah-kisah yang ada di dalam buku itu.terima kasih bapak atas blog ini yang sangat bermanfaat.

  7. Menurut pendapat saya, perubahan setiap orang ada yang baik dan yang buruk kita harus berubah untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk orang banyak. Kita juga harus saling menghargai dan saling menyayangi. Dan mencorat-coret dinding kelas merupakan hal yang tidak baik dan tidak patut ditirui, masalah derajat sebenarnya derajat kita semua sama , kita sama-sama dibawah tuhan yang maha kuasa, maka jangan segan segan kalian menghina orang yang lebih muda atau yang lebih tua karena kita sama saja dibawah tuhan yang maha kuasa. Dengan bekerja keras pula kita mungkin bisa mendapatkan yang terbaik, dan mungkin lebih baik . Dari cerita diatas kita bisa mengambil amanat yang ada didalamnya yaitu janganlah kalian mengatai mereka karena mereka juga sudah bekerja keras, semangat , dan bersungguh – sungguh maka janganlah kamu menghina mereka karena mungkin kerja keras mereka lebih berarti dari mu . Dengan membaca cerita di atas saya jadi tahu apa pengaruh pembelajaran cerita diatas juga sangat memotivasi, menginspirasi, dan sangat bermanfaat .

  8. Menurut saya kisah kisah inspiratif tersebut sebenarnya bisa kita ambil hikmah yang begitu besar. Mulai dari karakter anak bangsa yang baik, berkerja keras, dan lain sebagainya. Sikap sikap seperti itu sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa. Terutama sikap sikap tersebut harus mulai diterapkan oleh kita. Sebagai anak bangsa seharusnya kita harus lebih rajin membaca, bukan hanya menonton youtube, merndengarkan lagu, dan sebagainya. Membaca / literasi itu dapat membuka jendela dunia. Selain itu kita dapat melakukan kegiatan kegiatan seperti itu di waktu waktu senggang. Lebih baik lagi jika kita melakukan hal hal tersebut kepada orang yang kita nggak kenal. Setiap orang itu harus berubah menjadi yang lebih baik untuk kedepannya, untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter, yang berhasil, dan membuat Indonesia maju dan bangga. Dan untuk menjadi penerus bangsa yang hebat kita juga tidak boleh melupakan tuhan, kita harus tetap bersyukur kepadanya, karena ada yang kondisi nya lebih baik. Maka dari itu kita akan berusaha menjadi generasi terbaik bangsa.

  9. Bapak benar dalam membuat blog ini blog ini saya sangat berguna. Contoh dukungan terhadap literasi dapat dilakukan dengan menciptakan karya – karya berkualitas. Saya pikir dengan adanya karya – karya berkualitas seperti itu dapat meningkatkan kemampuan membaca anak – anak. Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Dengan itu kemampuan membaca cerita anak meningkat dan mampu meningkatkan moral anak – anak Indonesia menjadi semakin baik dan lebih baik untuk kedepannya. Dari berbagai cerita inspiratif, anak – anak diharapkan mampu mengambil amanat dari cerita inspiratif, dan dari berbagai cerita inspiratif anak – anak Indonesia mampu belajar dari kesalahan dan mencontoh perilaku – perilaku dalam cerita inspiratif yang baik – baik. Dan menurut saya cerita inspiratif banyak mengandung perilaku – perilaku baik yang patut dicontoh oleh anak-anak Indonesia. Dan menurut saya seharusnya perilaku – perilaku anak Indonesia menjadi lebih baik untuk kedepannya.

  10. Tulisan ini merupakan tulisan yang sangat inspiratif dan tulisan ini sungguh menyentuh hati saya. Selain itu, tulisan ini sangat memotivasi orang – orang terutama guru – guru dan para murid – murid bangsa Indonesia.Tulisan ini juga memberi tahu kepada rakyat Indonesia bahwa pemerintah Indonesia telah berusaha untuk meningkatkan karakter anak – anak bangsa dengan program – program seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional. Dengan pembuatan – pembuatan program – program seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi tersebut itu menunjukan bahwa pemerintah Indonesia sangat berusaha untuk meningkatkan kualitas anak – anak bangsa Indoneisa. Saya juga sangat menyukai cerita – cerita yang terdapat dalam tulisan tersebut. Terutama, cerita tentang guru Bahasa Indoneisa yang berusaha umtuk meningkatkan semangat murid – muridnya untuk belajar dengan cara memperbaiki perpustakaan yang kusam, rusak dan hanya ada sedikit buku yang ada di dalamnya menjadi perpustakaan yang sangat rapi, bersih dan semarak. Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasaih karena telah menulis sebuah tulisan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

    Salam, Ramy Ardya Ramadhan (31) 7B

  11. Menurut pendapat saya, pendidikan karakter dan penanaman nilai karakter sangat penting sejak usia dini. Hal tersebut karena pendidikan karakter dapat mengubah perilaku kita. Menurut saya, pendidikan karakter dimulai dari lingkungan keluarga kemudian menyebar hingga ke lingkungan sekolah hingga akhirnya ke lingkungan masyarakat. Saya juga setuju apabila kita harus mengambil amanat dalam setiap cerita untuk mengambil makna yang baik dalam cerita tersebut. Dan saya juga setuju apabila kita harus menanamkan sifat suka membaca sejak dini karena membaca merupakan jendela ilmu, dan kita juga memperoleh ilmu dari kegiatan membaca. Saya juga setuju apabila cerita dapat bermanfaat, berkesan, dan menunjang nilai luhur karena membaca bisa sangat berguna apabila kita mengambil maknanya seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Menurut pendapat saya, amanat dalam cerita juga dapat menambah motivasi apabila kita dapat mengambil makna dalam cerita itu dengan baik. Dan saya juga setuju apabila pendidikan karakter di sekolah juga dapat berpengaruh bagi pribadi siswa karena sekolah adalah tempat kita berkembang dan belajar mengenai suatu pelajaran.
    Muhammad Rafly Afid (21)
    7B

  12. Iya, saya setuju. Nilai luhur memang harus ditanam dalam sang siswa dan siswi. Dan banyak nilai luhur yang harus ditanam, salah satunya menceritakan tentang masa- masa sekolah. Cerita juga dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Dan memori masa- masa sekolah memang susah untuk dilupakan. Saya saja belum lupa waktu saya kelas 1 SD, karena memori memang banyak yang seru, menyedihkan, mengecewakan, bahagia dan lainnya yang amat susah dilupakan. Dan cerita ini bisa. Dan jika cerita ini bisa dibagi- bagi lewat internet atau buku, itu akan banyak menginspirasi banyak pembaca- pembaca buku atau blog tersebut yang kita buat. Dan juga bias ada amanat dalam cerita, seperti peduli sesama, dan kesabaran guru untuk melunakkan hati kerasnya murid. Dan juga saat aku membaca blog pak Wijaya, yang menulistulisan ini, saya jadi terinspirasi untuk membuat blog sendiri untuk membuat cerita masa- masa sekolah. Dan saya akan memulai membuat blog agar bisa membagi- bagi cerita saya saat pertama kali masuk sekolah sampai sekarang. Terima kasih untuk menginspirasi.

  13. Sangat menginspiratif pak!. Menurut saya mencanangkan program PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter, selain itu ada program literasi yang sangat berguna bagi anak anak yang kurang membaca. Menurut saya juga dibuatnya buku ini sangat menginspiratif pembacanya karena buku ini berisi dengan kisah-kisah inpiratif para pejuang di dunia ini. Selain itu di buku ini juga ada banyak kenangan kenangan pada saat di sekolah karena itu merupakan hal yang tidak bisa dilupakan. Dalam buku ini, kita akan menemui sepuluh kisah, Salah satunya yaitu cerita tokoh Alin yang harus berjualan gorengan milik Neneknya sambil bersekolah, dan masih banyak lagi kisah yang lain. Di kisah ini kita harus banyak belajar pada kerja keras, semangat dalam menjalani kehidupan ini. Semoga melalui cerita-cerita inspiratif yang terdapat dalam buku ini dapat berkesan, bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang digalakan di sekolah-sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa-siswi yang memiliki kecapakan literasi dan berakhlak terpuji dapat terwujud. Semangat terus untuk menulis hal hal yang lebih inspiratif!.

    Raka Daffa Iftikhaar (30)
    7B

  14. Cerita ini sangat bagus karena menceritakan masa-masa di sekolah dan mengandung hikmah yang mendidik. Selain itu, cerita ini dapat menginspirasi para pelajar untuk terus mendapatkan ilmu. Cerita ini juga dapat dipublikasikan sebagai bahan bacaan yang inspiratif, mendidik,dan bermakna di dunia pendidikan. Hikmah dari cerita ini harus dimiliki para pelajar baik dalam negeri maupun luar negeri. jika cerita ini disebarluaskan, para guru akan menginspirasi para pelajar untuk semangat dalam menuntut ilmu, selalu sabar dalam hidup, selalu membantu orang, gemar membaca, selalu disiplin, dan membentuk karakter yang baik. Lanjutkan terus mimpimu sampai tercapai! Semoga cerita ini dapat menginspirasi para pelajar di Indonesia.

  15. Saya sangat terkesan dengan topik topik yang dibahas oleh buku PPK.Karena memang betul buku itu sangat mengandung nilai luhur serta moralitas yang baik.Dan pasti dari cara-cara untuk membuat cerita atau sesuatu yang diperhatikan itu memang sangat teliti dan banyak mengambil nilai untuk anak anak suka membaca.Dan pasti juga karena cerita ini adalah dari cerita nyata yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya. Mungkin saja beberapa cerita dalam buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka.Dari cerita pertama yang membahas tentang tokoh seorang alin yang berjualan gorengan.Pasti saya yakin ceritanya sangat menarik untuk dibaca karena ceritanya mengandung semangat kebersamaan, kepedulian, dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Saya juga yakin sepuluh cerita-cerita yang lainnya juga pasti sangat bagus dan menginspirasi.

  16. Saya setuju dengan pak Wijaya karena masa – masa saat sekolah adalah masa – masa di saaat kita belajar beradaptasi dengan berbagai kharakter teman dari yang baik,jahat,setia karena baik belom tentu setia tapi setia sudah pasti baik, masa – masa sekolah adalah masa yang paling indah dari kabur shalat trus izin mau ke toilet karena kebelet padahal Cuma mau ngaca trus kalo lagi istirahat liat doi langsungg berbunga – bunga pokoknya sekolah itu is the best gak ada yang bisa ngalahin keseruan di sekolah, apalagi kalo gurunya yang lucu wahh mantap deh.
    Saya terinspirasi oleh cerita pak Wijaya yang Pak Amir si penggembala saya merasa tergerak hati sya untuk pantang menyerah dalam segala hal. Saya sering menyerah sebelum mencoba dengan mengatakan “yaelah udh gak bakal bisa itu susah” sering banget saya mengatakan itu tapi setelah saya membaca cerita tersebut tergeraklah hati saya untuk pantang meneyerah dalam segala hal .

  17. Menurut pendapat saya, pendidikan karakter dan penanaman nilai karakter sangat bagus dan penting untuk kita semua. Hal tersebut sangat bagus karena pendidikan karakter dapat mengubah perilaku kita. Menururt saya, pendidikan karakter dimulai dari keluarga kita dan kemudian menyebar ke lingkungan rumah kita, sekolah kita, tempat kerja sampai akirnya semua tempat. Saya juga setuju apabila kita harus mengambil amanat salam setiap cerita untuk mengambil maknayang baik dalam cerita tersebut. Dan saya juga setuju bahwa kita harus memperoleh ilmu dari buka cerita karena buku cerita merupakan jendela ilmu, dan memperoleh ilmu dari membaca buku cerita.saya juga setuju apabila cerita dapat bermanfaat, berkesan, dan menunjang nilai ;luhur karena membaca biasa sangat berguna apabila kita mengambil maknanya seperti yang sudah aku menjelaskan tadi. Tapi kadang-kadang, orang suka malas membaca karena sudah terpengaruh oleh gadget seperti handphone atau computer/laptop. Dan itulah sebab orang orang menjadi tidak pintar.

  18. Menurut saya ppk merupakan pergerakan yang benar sekali, banyak siswa-siswi yang mempunyai cerita mengharukan yang harus dimasukkan cerita. Agar murid-murid sekarang bisa mengerti upaya kerja keras anak-anak pada ajang masa sekolah, untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan, agar selalu memprioritaskan belajar dan kerja keras mencari kehidupan dan masa depan. Kegiatan ini harus dikembangkan lagi agar siswa-siswi sekarang bisa mengerti dan lebih menghargai hidup dengan kerja keras, dan bukan Cuma siswa-siswi doang yang harus membaca, menurutku guru-guru dan yang lain juga harus belajar membaca karya-karya mengharukan dan mencoba menjadi sedikit lebih lembut terhadap murid-muridnya, seandainya bu sisi.
    Ini juga merupakan program baik agar murid-murid juga belajar/membaca karya-karya literasi yang mampu mengubah hati seseorang dan mengubah cara pandang kepada pembelajaran. Saya sendiri juga pernah mempunyai masa-masa yang tidak terlalu enak pada masa sekolah, karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah saya sering dijauhi. Setelah itu saya dibelikan oleh ibu saya sebuah cerita tentang seorang murid yang sedang melalui masa-masa yang lebih sulit di sekolah dibanding saya. Saya diajarkan bahwa sakit itu hanya sementara, karena kau masih mempunyai masa depan yang indah, dan kau tetap mempunyai teman-teman yang akan selalu berada disisi mu.
    -Tari Gitawardhani 7B

  19. Benar sekali pak ! ! ! saya setuju dengan yang bapak ucapkan ! ! ! dengan kegitan literasi anak muda bisa lebih aktif membaca lagi dan menjadi anak pintar. Pendidikan karakter juga bisa melalui penyajian cerita atau kisah kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai nilaiuhur seperti yang om jay sampaikan di blognya apalagi ceritanya bisa menginspiratif , serta siswa siswi bisa menyerap hikmah atau nilai nilai moral yang terkandung di dalamnya cerita inspirasif dapat membuat berkesan bermanfaat dan menunjang program pengembangan nilai nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang di galakan di sekolah sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa siswi yang memiliki keakpan literasi dan berahlak terpuji dapat terwujud. Contohnya kisah samin membuat kita mencintai puisi selain itu Selain itu, ada juga cerita tentang kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas.

  20. Terharu saya saat membaca artikel ini, saya juga setuju bahwa PPK dan Gerakan Literasi merupakan program-program yang akan membantu siswa di masa kini dan di masa depan saat ia bekerja. Cerita-cerita yang bagus juga bisa menginsipirasi siswa dan membuat mereka menjadi siswa yang lebih baik karena moral-moral yang dikandung ceritanya. Juga karena masa-masa sekolah sering tidak dilupakan sampai dewasa, lebih baik jika mereka membaca buku dan memperluas pengetahuan mereka, mereka akan tidak melupakan nya sampai mereka dewasa. Cerita yang menjelaskan tentang staf/murid lain juga bisa membikin pembaca merasakan empati kepada penulis, dan akan menginspirasi mereka juga.

    Kisah Coret-Coret di Dinding Sekolah juga membikin saya terharu karena komplikasi yang dialami siswa dan cara cara mereka untuk menakluki dan menghadapinya. Menurut saya sinopsis yang saya paling sukai di artikel ini adalah cerita Anggun dan Bu Sisi, yang menceritakan guru yang bisa melunakkan hati keras seseorang siswa. Pokoknya artikel ini tops deh! Saya merekomendasi semuanya yang membaca artikel ini untuk membeli dan membaca Coret-Coret di dinding sekolah karena ceritanya yang membikin saya terharu dan senang. Saya rekomendasi juga buku The Diary of a Wimpy Kid kalo pembaca ingin membaca sesuatu yang absurd dan lucu, bukunya juga mempunyai banyak gambarannya jadi anak-anak juga bisa menikmati membacanya.

  21. Saya terharu dengan tulisan artikel tersebut yang menceritakan tentang beberapa orang yang mungkin tidak kita alami, mulai dari kehidupan pelajar dan sampai seorang guru. Kehidupan yang sangat mengharukan mulai dari kehidupan alin yang bersekolah sambil berjualan gorengan akibat ditinggal oleh kedua orang tua nya sampai cerita seorang guru yang harus mengkuatkan mentalnya akibat telah di benci oleh beberapa muridnya. Artikel tersebut memotivasi kita untuk leibih teguh dan lebih peduli sesama lain karena di luar sana masih adaorang yang kurang mampu dan mungkin kurang beruntung karena tidak dapat bersekolah akibat kemiskinan dan kita harus bersyukur karena kita masih diberi keberuntungan sehingga mash dapat bersekolah dan untuk para guru juga harus lebih percaya diri karena guru adalah penunjang masyarakat untuk mendapat ilmu, guru tidak boleh merasa terendah kan tapi juga harus rendah diri agar tidak merasa jelek dan tidak merasa bagus karena kesombongan akan mengantarkan kita pada kesengsaraan. Artikel memberitahu kita manfaat dari kebersamaan, makasih om Jay

    -zwei kayyifa nurullah

  22. Wah pak wijaya blog bapak yang kali ini sangat lah bagus, blog bapak sangat lah menginspirasi banyak orang. Ternyata Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Apa lagi jika cerita cerita yang di sajikan adalah cerita yang inspiratif. Dari sebuah cerita juga kita bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Tentu saja tidak sembarang cerita ditampilkan, tetapi cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga. Menurut saya intinya membaca cerita adalah hal yang sangat membantu kemajuan atau meningkat kan karakter pendidikan dan penanaman nila – nilai luhur. Saya juga berpesan kita semua harus suka membaca, membaca adalah hal yang sangat mudah tapi kenapa masih banyak orang yang tidak suka membaca cerita. sukses terus ya pak.

  23. Benar-benar Cerita yang mengispirasi T.T ! ! ! ! ! ! ! ! ! ada yang sedih, mengharukan, dll. Beberapa cerita di blog itu Memotifasi dan membuat semangat. Memberi contoh bahwa seburuk/bandel/nakal/keras hati sebuah orang bisa menjadi baik/sopan/santun/rendah hati, nilai-nilai/ moral hidup ada di cerita/rangkuman itu <(^.^) saluuut pada mereka semua yg ada di se puluh cerita tersebut . Semoga 10 KARAKTER yg ada di cerita cerita tersebut membaik keadaannya baik fisik dam mental. Awal awal say abaca ini sulit di cerna \(*_*)/?? Namun setelah saya baca baca lagi saya mengerti. Saya juga tekejut tenyata OmJay punya 2 blog, banyak keadaan di 10 cerita itu entang kepergian orang tua (baik dipanggil yang maha kuasa/atau ditinggal karena orang lain), cobaan yang maha kuasa beragam dan perih, yang dapat cobaan tersebut harus kuat karena beban yang sangat beraaat sekali, harus kuat fisik maupu mental.

    Rafi Octavian B. 7B

  24. Buku “ corat coret dinding kelas “ sangat menginspirasi saya dan mungkin mengisnpirasi banyak orang yang melihat tulisan ini , karena di dalam buku itu banyak kisah yang dapat mengajarkan kita bahwa jika kita berusaha maka kita pasti akan mendapatkan yang kita mau. Dalam buku itu cerita yang paling mengenai hati saya yaitu cerita oleh Alin karna cerita itu membuat saya mengerti apa sebenarnya arti dari kepedulian , kebersamaan , dan semanagt untuk mencapai kesuksesan, tidak hanya itu cerita alin juga mengingatkan bahwa kita tidak boleh putus asa jika dalam kesulitan karna masih banyak orang yang masalahnya lebih besar dari kita . Selain itu cerita yang memberikan semangat untuk berjuang adalah cerita oleh Samin karan dalam cerita itu menginspirasi kita bahwa kehilangan bukan berarti kita harus menjauh dari sesuatu justru kehilanagn adalah kuci agar kita selalu semangat untuk membahagiakan seseorang yang telah pergi. Jadi, cerita cerita dalam buku ini adalah cerita inspiratif yang harus terus dikembangakan agar banyak orang yang mengerti bahwa jika kita berusaha maka kita pasti bisa.

    Aisyah Zahwa S.
    7¬-B

  25. tulisannya sangat menarik, dan juga menginspirasi Saya juga sangat terinspirasi dan mengambil banyak hikmah dengan tulisan itu. Saya sangat setuju kalau melalui kisah kisah, cerita yang memuat pendidikan karakter atau nilai nilai luhur, atau crita dan kisah kisah yang dekat dengan kehidupan siswa di sekolah dan lainya bisa mengubah karakter para siswa, guru, maupun petugas sekolah. Sehingga siswa, guru, dan lainya bisa terinspirasi dan mengambil hikmah dari kisah kisah dan cerita cerita yang menginspirasi. Saya harap akan banyak yang mengembangkan dan membuat cerita dan kisah kisah yang menginspirasi dan memiliki hikmah yang bagus untuk anak anak dan lainya. Sehingga akan sangat membantu pemerintah dalam menangani permasaalahan karakter bangsa Kalau begitu begitu saja komentar dari saya. Terimakasih. Tetap semangat ya untuk menulis cerita dan kisah kisah menginspirasi dan memiliki hikmah!

  26. Cerita ini sangat saya sukai karena mengandung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan juga gerakan literasi. PPK bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti melalui berbagai macam cerita yang dapat memotivasi dan mengangkat nilai-nilai luhur. Apalagi cerita diatas mengandung nilai-nilai yang berada di lingkungan sekolah.
    Cerita-cerita di buku ini sangat inspiratif. Ceritanya sangat menginspirasi dan sangat melunakkan hati. Cerita ini sangat memotivasi kami. Cerita ini berisi moral yang berharga. Saya terharu membaca cerita-cerita disini. Cerita di blog ini sangat membuat hati saya tersentuh dan membuat saya ingin melakukan kebaikan. Apalagi masa-masa sekolah itu sangat menyenangkan dan tidak mudah dilupakan. Cerita yang pertama yang tentang Alin bersekolah sambil membantu neneknya. Dia sangat menyayangi neneknya. Dia bersedia dengan lapang dada membantu dan merawat neneknya. Saya ingin bisa membantu dan merawat orang tua saya sambil bersekolah dan ingin membanggakan mereka. Lalu,ada cerita yang menceritakan Anggun sangat benci dengan gurunya. Tapi,karena kesabaran gurunya,Anggun bisa akur dengan gurunya. Semoga cerita itu dapat menginspirasi guru-guru dan murid-muridnya yang lagi terkena konflik.
    Saya sangat terinspirasi dengan cerita yang terpapar di blog bapak. Saya bisa merasakan kalau kebaikan itu bisa meleuluhkan hati yang keras. Saya ingin diri saya melalui kebaikan. Saya rekomedasikan bagi orang-orang yang mau membaca kisah inspiratif yaitu tempatnya disini. Pokokya cerita-cerita disini sangat keren deh!

  27. Cerita ini sangat saya sukai karena mengandung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan juga gerakan literasi. PPK bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti melalui berbagai macam cerita yang dapat memotivasi dan mengangkat nilai-nilai luhur. Apalagi cerita diatas mengandung nilai-nilai yang berada di lingkungan sekolah.
    Cerita-cerita di buku ini sangat inspiratif. Ceritanya sangat menginspirasi dan sangat melunakkan hati. Cerita ini sangat memotivasi kami. Cerita ini berisi moral yang berharga. Saya terharu membaca cerita-cerita disini. Cerita di blog ini sangat membuat hati saya tersentuh dan membuat saya ingin melakukan kebaikan. Apalagi masa-masa sekolah itu sangat menyenangkan dan tidak mudah dilupakan. Cerita yang pertama yang tentang Alin bersekolah sambil membantu neneknya. Dia sangat menyayangi neneknya. Dia bersedia dengan lapang dada membantu dan merawat neneknya. Saya ingin bisa membantu dan merawat orang tua saya sambil bersekolah dan ingin membanggakan mereka. Lalu,ada cerita yang menceritakan Anggun sangat benci dengan gurunya. Tapi,karena kesabaran gurunya,Anggun bisa akur dengan gurunya. Semoga cerita itu dapat menginspirasi guru-guru dan murid-muridnya yang lagi terkena konflik.
    Saya sangat terinspirasi dengan cerita yang terpapar di blog bapak. Saya bisa merasakan kalau kebaikan itu bisa meleuluhkan hati yang keras. Saya ingin diri saya melalui kebaikan. Saya rekomedasikan bagi orang-orang yang mau membaca kisah inspiratif yaitu tempatnya disini. Pokokya cerita-cerita disini sangat keren deh!
    -vanessa berylia nareswari 7B 36

  28. Buku “ corat coret dinding kelas “ sangat menginspirasi saya dan mungkin menginsprasi i banyak orang yang melihat tulisan ini , karena di dalam buku itu banyak kisah yang dapat mengajarkan kita bahwa jika kita berusaha maka kita pasti akan mendapatkan yang kita mau. Dalam buku itu cerita yang paling mengenai hati saya yaitu cerita oleh Alin karna cerita itu membuat saya mengerti apa sebenarnya arti dari kepedulian , kebersamaan , dan semanagt untuk mencapai kesuksesan, tidak hanya itu cerita alin juga mengingatkan bahwa kita tidak boleh putus asa jika dalam kesulitan karna masih banyak orang yang masalahnya lebih besar dari kita . Selain itu cerita yang memberikan semangat untuk berjuang adalah cerita oleh Samin karan dalam cerita itu menginspirasi kita bahwa kehilangan bukan berarti kita harus menjauh dari sesuatu justru kehilanagn adalah kuci agar kita selalu semangat untuk membahagiakan seseorang yang telah pergi. Jadi, cerita cerita dalam buku ini adalah cerita inspiratif yang harus terus dikembangakan agar banyak orang yang mengerti bahwa jika kita berusaha maka kita pasti bisa.

    Aisyah Zahwa S.
    7¬-B

  29. DK Gaming gamerz

    Ya, benar sekali dukungan terhadap gerakan listerasi dengan menciptakan karya bacaan yang berkualitas .Cerita juga dapat meningkatkan kreatiftas pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya, melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Terlebih bila cerita yang disajikan adalah cerita-cerita inspiratif yang dekat dengan kehidupan siswa di sekolah dari berbagai cerita tersebut siswa diharapkan bias meneladani sikap-sikap yang baik dalam kehidupannya sehari-harinya.Melalui kegiatan tersebut di harapkan dapat mendukung optilimasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah.Pendidikan ini dapat meningkatkan kemampuan membaca anak-anak di seluruh Negara Indonesia maupun di luar negeri pun.Anak-anak Indonesia diharapkan meningkatkan perilaku untuk menjadi yang lebih baik dari cerita inspiratif .cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga. Ada berbagai peristiwa yang terjadi di masa sekolah. Berbagai peristiwa tersebut didengar, disaksikan, maupun dialami sehari-hari oleh siswa sendiri. Bagi siswa, masa-masa saat sekolah merupakan masa-masa yang sulit untuk dilupakan. Masa-masa itu akan mengendap dalam ingatan siswa mungkin hingga seumur hidupnya.ok pak wjaya rap gg rap gg rap gg

  30. bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang digalakan di sekolah-sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa-siswi yang memiliki kecapakan literasi dan berakhlak terpuji dapat terwujud.

    Ahmad Evander Ruizhi Xavier

  31. Saya setuju dengan program pendidikan ini, kita harus belajar untuk kerja keras, semangat dan bersungguh-sungguh. Tentu saja kita juga harus termotivasi dari orang yang berpengalaman dan kita juga harus meningkatkan nilai karakter semaksimal mungkin, dengan begitu kita dapat menjadi motivasi kepada orang lain, dan saya juga setuju dengan cara bapak membantu PPK orang-orang jadi lebih mudah termotivasi jika lebih suka membaca, menurut pendapat saya cerita-cerita ini cukup mengharukan, melihat orang-orang yang kurang mampu tidak menjadikan mereka malas justru membuat mereka semakin semangat, mengapa kita tidak. Dan untuk guru dan orang tua mereka seharusnya menjadi contoh untuk anak-anak jaman sekarang dan harus bersabar apabila anak-anak melakukan kesalahan atau pasrah, karya bapak ini sangat menginspirasi kita untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh meningkatkan nilai karakter kita dan beberapa dari cerita bapak juga memotivasikan saya sendiri dan semoga orang lain juga akan termotivasi dari ini.
    Nadhif attala Salka

  32. Bapak benar dalam membuat blog ini blog ini saya sangat berguna. Contoh dukungan terhadap literasi dapat dilakukan dengan menciptakan karya – karya berkualitas. Saya pikir dengan adanya karya – karya berkualitas seperti itu dapat meningkatkan kemampuan membaca anak – anak. Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Dengan itu kemampuan membaca cerita anak meningkat dan mampu meningkatkan moral anak – anak Indonesia menjadi semakin baik dan lebih baik untuk kedepannya. Dari berbagai cerita inspiratif, anak – anak diharapkan mampu mengambil amanat dari cerita inspiratif, dan dari berbagai cerita inspiratif anak – anak Indonesia mampu belajar dari kesalahan dan mencontoh perilaku – perilaku dalam cerita inspiratif yang baik – baik. Dan menurut saya cerita inspiratif banyak mengandung perilaku – perilaku baik yang patut dicontoh oleh anak-anak Indonesia. Dan menurut saya seharusnya perilaku – perilaku anak Indonesia menjadi lebih baik untuk kedepannya.
    M.Dwantara 7B- 20

  33. Setelah saya membaca, saya baru tahu kalau ada dua persoalan bangsa, yaitu permasalahan karakter bangsa dan peningkatan kegiatan literasi. Dan ternyata pemerintah telah mencanangkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional. Ternyata Dukungan terhadap gerakan literasi ada kaitannya dengan PPK,yaitu dengan menghadirkan bacaan bagi siswa yang isinya mengandung amanat dan hikmah nilai-nilai luhur dan moralitas yang baik. Dan saya juga mengetahui bahwa pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Saya cukup tersentuh saat membaca cerita si Alin. Saya juga terinspirasi dengan cerita si Anggun. Saya juga termotivasi dengan cerita si Samin. Cerita nya sangat bermanfaat dan sangat memotivasi saya. Terima kasih

  34. Saya ikut terinspirasi dari buku corat cret dinding kelas. Karena di dalam buku banyak cerita yang menyampaikan bahwa jika kita berusaha dengan sungguh sungguh kita akan dapat apa yang kita inginkan. Saya juga setuju dengan pengalaman pada masa sekolah yang yang akan mengendap dalam ingatan siswa mungkin hingga seumur hidupnya. Saya juga terinspirasi terutama pada cerita anggun. Kita dapat mencermati kesabaran sosok guru dalam melunakannya hati keras seorang murid. Saya juga terinspirasi dari cerita Alin karena cerita tersebut dapat membuat saya mengerti arti kepedulian, kebersamaan, dan semangat untuk mencapai kesuksesan dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Cerita tersebut sangat inspiratif sehingga saya ikut terinspirasi setelah membaca cerita yang berkesan, bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang digalakan di sekolah-sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa-siswi yang memiliki kecapakan literasi dan berakhlak terpuji dapat terwujud.

  35. Saya setuju dengan artikel ini. Memang betul, bahwa kami harus meningkatkan karakter melalui literasi. Tetapi, terkadang kebanyakan orang malas untuk membaca. Kalau dipaksa, mereka tidak akan niat dan jadi tidak rajin. Sebaliknya, kalau dibiarkan saja, literasi dan karakter orang-orang ini tidak akan berkembang. Membuat suatu cerita yang bagus, tidak membosankan, sekaligus mengandung moral yang baik itu sangat susah. Jarang sekali ada buku yang mengandung semua kriteria tersebut.

    Mempublikasikan karya juga perlu taktik. Dengan publikasi yang baik dan benar, maka orang akan menemukannya dengan mudah dan begitu pula, buku itu akan menjadi popular dan akan meningkatkan niat membaca.

    Salah satu masalahnya adalah orang-orang terkadang terlalu malas untuk membuat suatu karya yang sekiranya anti mainstream, mengikuti trend kekinian (yang positif) dengan moral yang berbeda dari cerita-cerita lainnya dan bermanfaat bagi pembacanya.

    Saya yakin, jika orang-orang mulai berkarya mau sekecil apapun pasti akan berdampak banyak untuk literasi dan karakter orang-orang.

  36. Ceritanya sangat inspiratif. Siswa bisa belajar dan meneladani sikap-sikap yang baik. Dengan menulis cerita-cerita itu, mereka bisa membacanya dan meneladani sikap baiknya. Da itu dapat mendukung program pendidikan di sekolah. Masa-masa siswa di sekolah memang sulit dilupakan. Masa-masa sekolah juga menentukan pribadi saat dewasa. Alin harus bersabar berjualan gorengan milik neneknya, apalagi neneknya juga sedang sakit dan Alin juga harus sekolah. Dia juga harus bersabar saat dia ditinggal kedua orangtuanya. Saat Alin mendapat semangat kebersamaan, perhatian, dan kepedulian dari guru-gurunya dan teman-temannya, mereka bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Dan Anggun yang tadinya membenci Bu Sisi, guru Bahasa inggrisnya, tidak membencinya lagi karena Bu Sisi menunjukkan cinta dan kasih sayangnya kepada Anggun. Cerita Samin yang menunjukkan kerinduannya kepada ayahnya melalui sebuah puisi untuk lomba puisi, dan Samin menjadi juaranya. Siswa-siswa ternakal yang ingin memenangkan lomba, dan guru Bahasa Indonesia baru yang ingin memperbaiki perpustakaan. Dan Anggi memiliki diary kesayangannya. Diary itu mengantarkan Anggi pada peristiwa yang mengharukan dan inspiratif. Semoga cerita-cerita itu dapat berkesan, bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta literasi siswa

  37. Cerita-cerita dibuku ini sangatlah menginspirasi semua orang dan sangat mengharukan. Menurut saya, anak muda zaman sekarang memang pantas untuk membawa buku tersebut. Karena anak muda zaman sekrang sudah mulai terpengaruh dengan prilaku orang dewasa yang akan merusak moral Banga Indonesia. Disana ada banyak cerita yang bisa mengharukan. Salah satunya, Anggun salah satu murid yang sangat membenci guru Bahasa inggrisnya tersebut. Tetapi ada salah satu peristiwa yang bikin sikap Anggun berubah kepada guru Bahasa inggrisnya. Pada cerita tersebut kita bisa mengambil kesabaran guru Bahasa inggrisnya yang bisa meluluhkan kebencian Anggun dari sayangnya seorang guru Bahasa inggris. Dalam kisah lain, ada kisah yang juga mengharukan. Ceita corat-coret di dinding kelas. meupakan salah satu kisah yang sangat menyentuh hati. Kisah pergelutan siswa senior dan junior di suatu sekolah. Diakhir kisah yang akan menceritakan kebersamaan dan kekompakan antara senior dan junior. Saya juga ikut tersentuh semua kisah yang ada didalam buku tersebut.

  38. Saya setuju dengan artikel yang bapak tulis. Arikel nya sangat menginspirasi kita dan mempunyai pesan moral yang bagus. Karena memang benar bahwa kita harus mengembangkan karakter melalui literasi. Tetapi banyak orang yang tidak suka membaca. Sebanarnya kita bisa bikin membaca itu lebih relax jangan terlalu serius kalau dibawa serius nanti membaca jadi lebih tidak nyaman. Sebenarnya kita harus lebih memotifasikan ke semua orang bahwa membaca itu menyenangkan dan membaca juga membuat kita lebih mempunyai banyak ilmu. Membuat buku yang tidak membosankan, mempunyai moral yang bagus itu sangat susah. Tetapi sebenarnya kita bisa membujuk banyak orang untuk terus menerus mencoba membikin cerita cerita itu. Biar lebih gampang kita bisa membaca baca buku yang sudah di bikin supaya bisa lebih menginspirasi kita untuk menulis. Contoh tulisan buku yang bagus dan ada banyak moral nya adalah buku PPK. Buku ppk bisa menginspirasi kita.

  39. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Ceritanya bagus dan sangat menginspirasi para pelajar. Cerita ini juga mengandung pesan moral yang terjadi dalam kehidupan. Kita harus banyak membaca buku. Artikel ini sangat bermanfaat dan berkesan. Gerakan penguatan pendidikan karakter ( ppk ) memang harus dilakukan. Bukan cuma guru saja yang harus membaca, tetapi siswa siswa juga harus rajin membaca. Ppk merupakan program baik yang menghadirkan hasil hasil karya cerita yang memiliki makna yang berkesan, memiliki nilai nilai luhur, dan membuat orang lain tertarik unutk membuat cerita juga. Membuat buku tidak membosankan namun mencari pesan moral dan amanat itulah yang sering kita pikirkan. Karena banyak orang orang yang sangat malas membaca buku karena buku itu membosankan, isinya tidak bermanfaat. Padahal buku sangat bermanfaat dan dapat membuat orang pintar karena terdapat ilmu didalamnya. Buku juga disebut Sumber Ilmu. Raihlah cita citamu setinggi mungkin sampai tercapai.

  40. Saya setuju dengan artikel ini, artikelnya sangat menginspirasi dan mengandung pesan moral yang bagus, menurut saya kita memang harus lebih banyak membaca, dengan membaca kita juga dapat meningkatkan karakter kita. Dan menurut saya gerakan penguatan pendidikan karakter itu sangat bagus karena PPK menghadirkan bacaan yang mengandung amanat dan nilai-nilai luhur yang tertanam dalam bacaan itu dan cerita itu juga inspiratif. Dengan membaca kita juga dapat menambah ilmu baru.

    Hasil hasil tulisan PPK dapat dibaca dan mungkin dapat menginspirasi orang-orang yang membacanya.
    Dan mungkin mereka juga dapat menuliskan cerita-cerita mereka sendiri, dengan begitu mereka juga dapat menginspirasi orang lain yang membaca kisah-kisah inspiratif mereka. Membuat cerita itu tidak membosankan, namun seringkali kita malas untuk menulis, padahal membuat cerita itu seru dan dapat menginspirasi apalagi kalau dalam cerita itu terdapat amanat dan pesan moral yang bagus karena dengan begitu mereka dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang baik bagi pembacanya.

  41. Menurut saya, dibalik artikel ini mengandung banyak pesan moral yang sangat berharga. Sudah kita ketahui dari cerita-cerita itu, banyak hal yang belum kita ketahui. Berbagai peristiwa terjadi, tetapi dibalik setiap peristiwa tadi, pasti banyak pesan moral untuk kita. Dari berbagai cerita tersebut, siswa diharapkan bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Dengan membaca cerita ini saya jadi tahu , pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Memang betul, bahwa kami harus meningkatkan karakter melalui literasi. Tetapi, terkadang kebanyakan orang malas untuk membaca. Kalau dipaksa, mereka tidak akan niat dan jadi tidak rajin. Sebaliknya, kalau dibiarkan saja, literasi dan karakter orang-orang ini tidak akan berkembang. Jadi sekali lagi, saya acungkan jempol untuk Omjay!

  42. Menurut saya, artikel ini mengandung pesan moral yang sangat bagus. Artikel ini mengangkat tema yang sesuai dengan kehidupan para pelajar zaman sekarang. Gerakan penguatan pendidikan karakter (ppk) memang harus dilakukan. Juga gerakan literasi yang sangat berguna karena pelajar sekarang banyak yang melupakan kepentingan buku. Dengan ada nya progam ini, akan menunjang semangat para pelajar untuk kembali membaca buku yang bisa juga membangun karakter di diri masing masing. Selain itu, artikel ini sangat menginspirasi karena terdapat kisah kisah yang menginovasi di dalamnya. Salah satunya adalah tentang pergelutan antara junior dengan senior. Di akhir kisah, ada sesuatu yang membuat mereka bersatu. Menurut saya, ini salah satu kisah yang juga menginspirasi. Saya yakin, kisah ini akan memberikan efek yang besar karena di zaman sekarang banyak sekali terjadi seperti itu. Melalui beberapa kisah yang saya baca, secara garis besar dengan membaca buku ini saya yakin kisah yang ada di sini sangat menginspirasi danj berdampak besar bagi diri saya dan orang lain.

  43. blog bapak tidak pernah berhenti membuat saya terinspirasi. bapak selalu bisa membuat semua orang selalu setuju atas artikel bapak termasuk saya. artikel ini mempunyai makna tersirat yang bagus sekali. artikel ini bisa menambah ilmu kita semua. para pelajar menjadi termotivasi atas artikel bapak yang menginspirasi ini. saya setuju jika kita membuat tulisan PPK. ini bisa membuat kita lebih bersemangat menulis dan bisa melembutkan perasaan kita karna ini bisa menyentuh perasaan kita masing-masing. Kita juga bisa lebih menaati norma-norma di masyarakat sekitar. kisah-kisah dalam buku PPK mencontohkan tentang kehidupan sehari-hari. Kita juga bias meningkatkan karakter melalui literasi seperti yang artikel omjay bilang. jarang ada buku yang memiliki kandungan norma, tapi malah banyak buku-buku yang tidak memiliki norma sama sekali.saya baru tahu ternyata pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur.semangat bikin blog ya omjay!

  44. Dzaky Rauf rahardian

    Cerita ini sangat bagus karena menceritakan masa-masa di sekolah dan mengandung hikmah yang mendidik. Saya juga sangat setuju dengan program yang dibuat oleh pemerintah tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional. Saya pikir dengan adanya karya – karya berkualitas seperti itu dapat meningkatkan kemampuan membaca anak – anak. Cerita-cerita yang bagus juga bisa menginsipirasi siswa dan membuat mereka menjadi siswa yang lebih baik karena moral-moral yang dikandung ceritanya. Mempublikasikan karya juga perlu taktik. Dengan publikasi yang baik dan benar, maka orang akan menemukannya dengan mudah dan begitu pula, buku itu akan menjadi popular dan akan meningkatkan niat membaca. buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka. Tentu saja tidak sembarang cerita ditampilkan, tetapi cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga. Maka dari itu kita akan berusaha menjadi generasi terbaik bangsa Indonesia.

  45. Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang yang membacanya. Kita seharusnya rajin membaca buku karena buku adalah Jembatan Ilmu. Dengan membaca buku bisa membentuk karakter diri kita. Cerita-cerita dibuku ini sangat mengharukan. Ada beberapa kisah lainnya dalam buku ini, yaitu cerita tokoh Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi. Selain itu, ada juga cerita tentang kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas. Sangat menginspirasi saya yang hanya murid biasa. Saya terinspirasi dengan cerita yang ada di blog bapak. Saya bisa tau bila melakukan hal baik itu bisa meleuluhkan hati yang keras. Saya ingin diri saya melalui kebaikan. Saya menganjurkan bagi orang-orang yang mau membaca kisah inspiratif dan motivatif membaca disini, disini kita banyak mendapatkan ilmu. Pokoknya harus baca! kalo gak baca rugi.

  46. Wah… artikel yang bagus dan memiliki moral yang baik. Tapi menurutku ada yang kurang.

    Cerita-cerita yang bapak tunjukan itu menarik dan berpesan moral yang baik. Tapi cara bapak menulis artikel ini kurang menarik, bland, dan membosankan. Menurutku bapak bisa membuat presentasi dari artikel ini lebih menarik dengan menggunakan kalimat yang lebih hidup dan bervariasi. Blog bapak sendiri kelihatan, liveless dan muram. Tapi, untunglah bapak sudah jadi lebih baik di blog baru bapak. Sekarang bahasanya lebih hidup dan bervariasi dan blog bapak sekarang lebih menrik dan berwarna warni. Mohon jangan diambil hati komentar yang saya tulis ini, memang membuat blog dan menulis artikel itu susah, tapi bila kita ingin improve dan menjadi lebih baik di masa depan, kita harus melihat kesalahan yang kita lakukan di masa lalu dan belajar dari kesalahan yang kita buat.

    Itu saja yang ingin saya sampaikan terima kasih telah membaca komen saya, dan maaf apa bila saya terlalu kritis dan membuat anda sedih.

  47. Saya sangat setuju dengan bacaan diatas. Generasi saat ini, yaitu generasi penerus bangsa harus ditanami nilai moral yang baik dan cukup untuk membentuk karakter yang berguna serta membanggakan bagi bangsa dan negara. Anak muda itu bagaikan secarik kertas putih yang akan diisikan tulisan-tulisan untuk menuju pesan moral yang kita harapkan. untuk mendapatkan pesan moral yang baik dan mengandung nilai-nilai luhur, maka isi nya juga harus baik dan berguna. seperti PPK diatas. Itu merupakan cara yang cukup baik untuk membangun karakter generasi penerus ini. Dengan tulisan-tlisan diatas, anak muda yang membaca pun akan mendapat banyak keuntungan. Pertama, ia akan berusah mencari pesan moral dibalik cerita itu, lalu dia mendapat pesan ,moral tersebut yang akan menjadi motivasi dia agar mengikuti hal yang baik dan menjauhi hal yang buruk. Selain itu, di dalam cerita diatas, tentunya akan ada kosakata baru yang belum pernah diketahui sebelumnya oleh anak- anak muda. Jadi dia akan belajar banyak walaupun hanya membaca satu cerita. Minat anak- anak muda untuk membaca pun akan meningkat, seiring dengan menariknya cerita. Anak-anak muda juga pasti juga akan tertarik ikutan membuat cerita yang menarik agar ceritanya dihargai serta disukai orang lain. Jadi, jangan pernah malas untuk membaca juga menulis agar menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.

  48. Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat.. Sebagai siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur yang dilakukan dengan cara hanya penyuluhan dan menggalakkan akan memberikan kesan yang menyeramkan serta membosankan pada siswa-siswi. Jadi, dengan cara memberikan dan menyuluhkan siswa-siswi dalam bentuk tulisan dan buku akan menunjang pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur, Siswa-siswi SMP juga banyak yang menyukai membaca buku daripada mendengarkan penyuluhan karena agak membosankan. Jadi, jika buku-buku itu ditaruh dalam jumlah copy yang banyak . Saya pikir itu akan menaikkan grafik mengenai pendidikan karakter/ penanaman nilai-nilai luhur. Menurut saya, siswa-siswi jangan dipaksakan untuk membaca buku tersebut. tetapi biarkan anak itu memilih waktunya untuk membaca buku itu. Dengan ajakkan teman-temannya, siswa itu juga akan tertarik dan akan membaca buku itu. Maka dari itu, nilai moral yang ada di dalam buku itu harus dilihat sedemikian rupa untuk menjadi buku yang diminati oleh siswa, serta mempunyai cerita yang bagus, yang menarik tetapi tertangkap nilai-nilai moral yang diinginkan oleh penulis. Demikian yang saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, Semoga buku itu bias diminati dan menaikkan grafik mengenai pendidikan karakter dan semoga buku itu secepatnya tersedia di Labschool kita tercinta.

  49. Omjay..betul sekali artikelnys. Dengan artikel ini, lebih memotifasi kita ntuk menjadi lebih berperilaku baik kepada orang orang. Banyak orang yang merasa lebih susah daripada kita semua, jadi kita harus bersyukur kepada Allah Subahanawataala. Allah telah memberi kita nikmat dan rezeki yang sebanyak banyaknya untuk menjalani kehidupan. Kita mungkin tidak mengalami kesusahan seperti alin dan lain lain. Alin harus berjuang demi neneknya dengan cara berjualan gorengan, tetapi sambil bersekolah karena ayahnya sudah tiada. Anggun dirubah pikirannya oleh guru yang dia benci.Samin yang mengungkapkan kerinduan kpd ayahnya dengan membacakan puisi. Samin gterkenal sebagai anak nakal tetapi di memenangkan juara lomba puisi ini dengan membawakan puisi tantang kepedulian teman temannya terhadap Saepul yang sepatunya rusak, guru baru yang berusaha memperbaiki perpustakaan yang rusak. Semangat dan kerja kerasnya memotifasi anak anak. Latar belakang kasih saying ibu kantin pada siswa tersebut ternyata mengunggah hati. Amir belajar dean bantuan pak soleh yang memotifasinya.

  50. Saya sangat suka dan setuju dengan kata-kata bapak atau omjay yaitu “Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Terlebih, bila cerita yang disajikan ialah cerita-cerita inspiratif yang dekat dengan kehidupan siswa di sekolah. Dari berbagai cerita tersebut, siswa diharapkan bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat mendukung optimalisasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah.” Dan juga blog ini sangat inspiratif bagi kita. Kita jadi tau banyak hal-hal yang bias membuat kita menjadi kepribadian yang lebih baik. Saya jadi terinspirasi untuk membaca bukubuku literasi karena saya tau gunanya dari blog ini. Dan juga tulisan ini meinspirasi saya unutk terus semangat hidup dan bersyukur atas nikmat yang tuhan berikan

  51. Menurut pendapat saya, blog bapak yang tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Tulisan ini menginspirasi saya untuk membaca. Kumpulan cerita-cerita itu juga sangat bagus karena mengandung nilai-nilai luhur yang baik terhadap hidup. Selain mengandung nilai luhur yang baik, buku ini juga bagus karena isinya adalah tentang pengalaman pada masa sekolah dari berbagai macam latar belakang siwa. Menurut saya, cerita-cerita dalam buku ini sangat bagus karena bisa menyadarkan kita apa yang terjadi diluar sana. buku ini juga mengambil latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh yang ada di sekolah. Terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya. Cerita-cerita di buku ini juga sangat inspiratif. Saya setuju dengan adanya kegiatan literasi, dengan kegiatan literasi, siswa siswi disekolah akan mendapat ilmu yang lebih luas karena membaca. Semoga kegiatan literasi terus berkembang dan membuat generasi bangsa maju. Semangat terus ya pak dalam berkarya!

  52. Dengan membaca cerita ini saya menjadi tertarik untuk memebaca buku tersebut karena, isi dari buku terrsebut dapat menambah wawasan kita semua dan isinya juga sangat variatif ada banyak cerita di sana. Bku ini membangun pendidikan karakterdan penanaman nilai nilai yang luhur melalui penyajian penyajian cerita cerita yang sangat inspiratif dan sangat mencontohkan perilaku yang baik seperti Anggi dengan diarynya, Anggun yang membenci guru bhasa inggrisnya, Alin yang harus membantu menjual dagangan neneknya ke sekolahanya, kepedulian ibu kantin kepada salah satu siswanya, ada Amir si pengembala yang mengajarkan kita pada kerja keras, semangat, dan kesungguhan Amir untuk belajar dan lain lain. Dari berbagai cerita tersebut, siswa diharapkan bisa belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka. Tentu saja tidak sembarang cerita ditampilkan, tetapi cerita-cerita yang dapat mengispirasi, memotivasi, dan memberikan pembelajaran moral berharga.terima kasih karena sudah menulis cerita ini

  53. Menurut saya blog bapak tentang PPK dan Gerakan Literasi Tulisan sangat menginspirasi. Siapa tahu bisa memotivasi kita dalam membaca. Banyak cobaan yang diterima orang – orang di kisah tersebut tetapi mereka tetap semangat, rajin, dan berusaha sungguh – sungguh untuk mencapai cita – cita atau tujuan masing – masing. Keadaan – keadaan 10 cerita ini sangat menginspirasi. Seperti Samin yang ditinggal oleh ayahnya dan ia mengungkapkan kerinduannya dengan melalui puisi dan menjuarai lomba puisi. Mereka memiliki mental dan fisik yang kuat dalam menghadapi semua cobaan mereka. Sedangkan banyak anak jaman sekarang yang tidak dibelikan game saja sudah mengeluh, atau naik angkot saja sudah mengeluh. Terima kasih Omjay yang telah menulis artikel inspiratif seperti ini yang bisa membuat anak – anak yang suka mengeluh agar memiliki mental yang kuat dan kita bisa berakhlak terpuji. Terima kasih Omjay yang telah menulis di blog inspiratif yang membuat saya terinspirasi.
    – Daffa Wahyu Pratama 7A / 8

  54. Blog bapak tentang PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dan literasi tahunan.Saya menjadi tahu nilai-nilai luhur siswa dengan penyajian cerita.Pengalaman sekolah sangat memengaruhi saat kita dewasa,mulai mendengar melihat dan perilaku.Staf TU,kepala sekolah,guru,dan warga lain sekolah akan memotivasi dan menginspirasi siswa.
    Contohnya cerita Anggun dan guru Bahasa inggrisnya.Awalnya Anggun membenci Bu sisi,tapi dengan kesabaran Bu sisi,Bu sis dapat melunakan hati muridnya,seperti kata bapak,mungkin cerita ini dapat menjadi bahan inspirasi dan pelajaran.
    Ada juga cerita tentang Samin yang memenangkan lomba puisi yang mengungkapkan almarhum ayahnya, Semangat dan kerja kerasnya membuahkan hasil hingga murid-murid semakin termotivasi untuk membaca dan datang ke perpustakaan.
    cerita yang lain, kita akan menemukan Anggi yang memiliki diary kesayangan. Pada akhirnya, diary kesayangan Anggi tersebut akan mengantarkannya pada suatu peristiwa yang mengharukan dan inspiratif.

    Cerita –cerita tersebut sangat menispirasi saya untuk membaca lebih banyak cerita lagi.Semoga artikel in sangat membantu semua orang

  55. Saya sangat terharu saat membacanya.cerita diatas sangat menyentuh.sekarang saya tahu pendidikan karakter dapat diubah dengan cara-cara tertentu.saya juga baru tahu kalau penglaman sekolah dulu akan memengaruhi saat dewasa nanti.cerita ini sangat menginspirasi saya.ada juga salah satu cerita yang hamper membuat saya menangius yaitu,cerita alin yang hanya tinggal dengan neneknya yang berjualan gorengan karena ditinggal kedua orangtuanya.hampir semua cerita yang ditulis dibuku ini sangat menyentuh dan sangat mengharukan.saya juga setuju kalau kita harus belajar lebih giat lagi.saya mohon maaf kalau komentar saya tidak sesuai dengan artikel yang bapak tulis ini.karena saya tidak punya ide untuk menulis komentar ini lagi.sekali lagi saya meminta maaf sebersar-besarnya.tetap bejuang dengan gigih yaa Omjay agar bias membuat karya yang lebih baik dan bagus daripada ini.sebenarnya ini juga bagus sih.. tapi saya akan menunggu karya bapak selanjutnya.karena karya-karya bapak itu sanagt menginspirasi sekali.saya juga hampir menangis setelah membaca tulisan-tulisan yang bapak tulis.
    najmi mudiah lubis 7A

  56. Saya setuju dengan artikel bapak tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kisahnya bagus dan sangat menginspirasi para pelajar. Cerita ini juga mengandung pesan moral yang terjadi dalam kehidupan. Walaupun saya kira hidup saya susah ternyata masih lebih banyak yang mengalami hidup yang lebih susah, seperti Alin yang harus berjualan gorengan milik Neneknya sambil bersekolah, ayahnya meninggalkannya sejak muda dan neneknya yang sakit, Anggun yang pada awalnya sangat membenci Bu Sisi, guru bahasa Inggrisnya tetapi kesabaran Bu Susi mengubah perilakunya Anggun, Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi, kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas dan lain-lain. Menurut saya, Kita lebih baik membaca yang bermanfaat daripada melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat seperti membaca komik dan menonton yang aneh aneh. Terima kasih bapak atas blog ini yang sangat bermanfaat.

  57. Saya sangat setuju dengan bapak. Dengan membaca cerita ini saya jadi tahu ,Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Memang benar bahwa pengalaman di sekolah akan memengaruhi kita saat dewasa. Dengan buku ini, siswa/i akan lebih tertarik pada Gerakan Literasi. Buku-buku yang mempunyai latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh di sekolah akan membuat siswa/i lebih sering membaca buku. Siswa/i juga akan belajar meningkatkan karakter mereka menjadi orang yang sukses dan bahagia saat dewasa. Kegiatan ini juga akan mendukng Gerakan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Saya setuju dengan adanya kegiatan literasi, dengan kegiatan literasi, siswa siswi disekolah akan mendapat ilmu yang lebih luas karena membaca. Semoga melalui cerita-cerita inspiratif yang terdapat dalam buku ini dapat berkesan, bermanfaat, dan lain lain, seperti yang tertulis di blog ini.

  58. Nama : rafi akbar dirgantomo kelas : 7A absen: 30

    Dari blog nya, saya sangat setuju dengan blog yang berjudul coret coret di dinding kelas.
    Untuk membangun karakteristik siswa, nilai luhur, amanat, hikmah. Dan saya juga setuju dengan latar belakang lahirnya buku ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi. Dan pendidikan karakter atau penanaman nilai nilai luhur untuk siswa saya setuju dapat dilakukan melalui cerita, kisah yang sangat bermanfaat. Dengan ada nya cerita cerita ini siswa siswi dapat menjadi lebih dekat nya kepada pelajaran ,sekolah. Dan siswa dapat diharapkan dapat belajar dengan baik, dan meneladani sikap sikap yang baik bagi kita semua. Dan ini terdapat banyak moral moral yang penting bagi kita. Masa masa sekolah sangat berperan bagi kita. Dan di dalam buku itu, itu terdapat sepuluh kisah yang bermanfaat bagi kita, dan kisah ini sangat banyak moral moral nya dan saya sangat setuju dengan ada nya kisah kisah ini, dan saya juga sangat setuju dengan blog nya.

  59. ReguRajawali -Studios

    Setelah membaca artikel tersebut. Saya sangat setuju dengan program literasi dan PPK karena bacaan bagi siswa yang isinya mengandung amanat dan hikmah nilai-nilai luhur dan moralitas yang baik dapat menciptakaan karakter yang baik. Memang banyak peristiwa disaksikan, maupun dialami sehari-hari oleh siswa sendiri. Karena memakai cerita-cerita yang ada di sekolah, buku ini akan lebih berhubungan dengan pengalaman siswa/i. Buku ini akan tercantum dalam memori siswa/i selama hidup mereka sama dengan buku ini. Menurut saya kisah kisah inspiratif tersebut sebenarnya bisa kita ambil hikmah yang begitu besar. Mulai dari karakter anak bangsa yang baik, berkerja keras, dan lain sebagainya. Gerakan Literasi juga merupakan program baik agar murid-murid juga belajar/membaca karya-karya literasi yang mampu mengubah hati seseorang dan mengubah cara pandang kepada pembelajaran. Saya sendiri juga pernah mempunyai masa-masa yang tidak terlalu enak pada masa sekolah, karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah saya sering dijauhi.

    -Rashaka Omar 7A

  60. Refalino Ghassani

    Saya terinspirasi dan setuju dengan blog yang di bikin oleh bapak. Saya terinspirasi oleh cerita-cerita yang tercantum di dalamnya. Itu menunjukkan bahwa jika kita berusaha dengan giat kita bisa melakukannya. Saya setuju dengan pengalaman di sekolah yang akan tetap dalam kenangan siswa-siswi bagi yang mengalamkannya. Dengan ini, kenangan-kenangan seperti itu akan Mengendap dalam otak siswa itu dengan waktu lama atau tidak, selama hidupnya. Kenangan-kenangan ini yang membuat kita ingat dengan guru-guru kita. Saya juga terinspirasi dari cerita Alin karena cerita tersebut dapat membuat saya mengerti arti kepedulian, kebersamaan, dan semangat untuk mencapai kesuksesan dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan AlinCerita tersebut sangat inspiratif sehingga saya ikut terinspirasi setelah membaca cerita yang berkesan, bermanfaat, dan menunjang program pengembangan nilai-nilai karakter serta gerakan literasi yang sedang digalakan di sekolah-sekolah sehingga harapan tujuan nasional akan siswa-siswi yang memiliki kecapakan literasi dan berakhlak terpuji dapat terwujud.

  61. Saya setuju dengan tema tulisan ini. Yaitu, dengan adanya dukungan terhadap gerakan literasi bagi banyak orang yaitu dengan menciptakan karya-karya bacaan yang berkualitas. Pendidikankarakter atay penanaman nilai-nilai luhur dapat dilakukan dengan banyak cara yang sangat bervariasi. Dan yang salah satunya adapun satu contoh yaitu, penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur.blog ini juga sangat mendukung adanya program penguatan pendidikan karakter atau juga disingkat dengan nama PPK saya pun sangat termotivasi untuk lebih mengikuti program lainnya. Dalam buku ini, kita akan menemui sepuluh kisah. Salah satunya yaitu cerita tokoh Alin yang harus berjualan gorengan milik Neneknya sambil bersekolah. Hal itu dangat mendukung. Di cerita terakhir, kita akan menemukan tokoh Amir, si penggembala. Pada kisah ini, kita harus banyak belajar pada kerja keras, semangat, dan kesungguhan Amir untuk belajar serta keteguhan Pak Soleh yang terus memotivasi dan mendukung Amir untuk tidak menyerah pada kesulitan hidup. Kalimat itu sangat memotivasi saya dalam banyak cara.

    Aiko Faizura 7A

  62. Raissa Hanareta Nurendriah

    Saya sangat setuju dengan blog Pak Wijaya yang berjudul “Corat Coret di Dinding Kelas”.

    Seperti yang Bapak jelaskan masa sekolah adalah masa yang tak terlupakan, Baik disadari maupun tidak masa masa sekolah dapat membantu pembentukan karakter di masa depan atau jika sudah dewasa. Pendidikan karakter atau penanaman nilai luhur dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menyediakan kisah kisah yang memuat pendidikan luhur. Bisa dengan kisah inspiratif yang dapat menginspirasi siswa siswi yang membacanya dan juga siswa diharapkan dapat belajar meneladani sikap sikap yang baik dari cerita tersebut, mengambil amanat, serta menyerap nilai nilai moral yang terkandung di dalamnya. Mungkin saja terdapat berbagai pengalaman dan cerita-cerita yang menggugah, memotivasi dan mengispirasi yang dialami oleh siswa, staf TU, kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya. Buku ini mirip atau sama dengan realita kehidupan yang didengar, dilihat, dan dialami oleh siswa-siswi di sekolah mereka.

    Terima Kasih. Wassalamualaikum wr,wb

  63. Saya sangat setuju dengan pemerintah yang telah mencanangkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional. Dengan kegiatan tersebut, seluruh siswa – siswi dapat menguatkan karakter diri sendiri dengan mendapatkan amanat, hikmah nilai-nilai luhur dan moralitas yang baik.
    Bacaan ini juga dapat memotivasi siswa – siswi lainnya untuk melaksanakan program pemerintah tersebut. Menurut saya, memang benar kebanyakan orang – orang lebih suka membaca buku / cerita daripada langsung belajar, sehingga mereka dapat lebih memahami maksud yang ingin disampaikan oleh penulis buku tersebut, apalagi cerita tersebut disampaikan melalui kisah / berbagai pengalaman di sekolah pastinya akan lebih seru untuk dibaca.
    Dari model – model cerita yang saya baca, semua cerita sangat menarik dan sepertinya seru untuk dibaca. Saya sangat tertarik dengan cerita tokoh Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang ia lombakan.
    Sebaiknya, cara ini harus kita mulai dari sekarang karena sangat bermanfaat karena dapat menguatkan karakter diri sendiri.

    Nama : Ludmila Kiyara Efri
    Kelas : 7A

  64. Cerita “coret – coret di dinding kelas ” sangat bermanfaat dan menginspirasi saya, 10 cerita yang diceritakan secara singkat sangat menginspirasi saya untuk mencotohi sifat yang diatas seperti Alin yang teguh dan hanya hidup bersama neneknya atau seperti samin yang kuat menahan kangennya dengan almarhum ayahnya dan mengungkapkannya di puisi. Pada kisah kedua ini mengajarkan kita untuk bersyukur atas yang kita punya, kita mungkin bisa seperti itu suatu saat. Kita harus selalu bersyukur walaupun suka atau duka mungkin dibalik kesedihan akan muncul kesenangan dan mungkin dibalik kesenangan akan ada kesedihan. Kalau ada yang mendapat kejadian ini kita juga harus membantu yang kesusahan seperti Saepul yang sepatunya rusak parah dan teman-temannnya ikut peduli dan membantunya. Intinya kita harus selalu bersyukur dan saling membantu kalau ada yang kesusahan, Terima kasih Om Jay dan web ini karena sudah sangat menginspirasi saya dan mencontohkan sifat-sifat yang baik dari 10 kisah yang diatas
    Amirah Qanita N (4) 7A

  65. Saya sangat setuju dengan artikel yang Omjay tulis, artikel ini sangat mengisnpirasi saya untuk membaca lebih rajin dan artikel ini memuat banyak pesan moral. Saya sangat setuju tentang Pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai luhur untuk siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyajian cerita atau kisah-kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. cerita atau kisah-kisah dapat mengubah karakter siswa, karena siswa dapat mengambil pesan moral, belajar dan meneladani sikap-sikap baik, mengambil amanat, serta menyerap hikmah atau nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Melalui kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat mendukung optimalisasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah.dan saya juga setuju bahwamasa-masa saat sekolah merupakan masa-masa yang sulit untuk dilupakan. Masa-masa itu akan mengendap dalam ingatan siswa mungkin hingga seumur hidupnya. Baik disadari maupun tidak, masa-masa di sekolah sangat berperan dalam pembentukan karakter dan pribadi siswa pada saat dewasa. Itulah alasan mengapa cerita-cerita dalam buku ini mengambil latar, sudut pandang, dan tokoh-tokoh yang ada di sekolah.. kita juga menemukan semangat kebersamaan, kepedulian, dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Sungguh cerita yang cukup menyentuh.

  66. Saya sangat setuju dengan artikel yang bapak buat yang bernama corat-coret di dinding kelas, memang masa-masa sekolah adalah masa-masa beradaptasi dalam lingkungan baru . buku yang banyak ceritanya menceritakan kami bahwa kami harus bersungguh-sungguh untuk mencapai apa yang kita ingikan . pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur untuk siswa dapatdilakukan dengan mungkin menceritakan kisah-kisah yang memuatkan pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. Saya sangat terinspirasi dengan cerita alin. Dia menemukan semangat kebersamaan, kepedulian, dan perhatian guru serta teman-teman Alin yang bersedia membantu dan menolong kesulitan Alin. Saya juga sangat terinspirasi dengan cerita anggun, bahwa kesabaran sosok Bu Sisi sebagai guru dalam melunakan kerasnya hati seorang murid. Terbukti dari kasih saying dapat memeluhkan keangkuhan dan kebencian.saya juga sangat inpirasi dengan cerita samin tentang kepedulian teman-teman sekelas pada Saepul yang sepatunya rusak parah dan tidak pernah ganti.dan saya juga terinspirasi dengan cerita anggi tentang kepedulian ibu kantin pada salah satu siswa.

  67. Dengan membaca ini saya jadi tahu kalau karakter itu sangat dibutuhkan oleh seorang siswa,karena karaktelah kita jadi tahu setiap orang berbeda karakter mungkin ada yang baik atau juga ada yang tidak baik. Sekolah juga salah satu tempat yang bagus untuk mendidik karakter siswa ,seperti memberikan motivasi, inspirasi dan lain-lain. Cara-caranya bisa berupa memberikan contoh yang baik, dengan memberikan cerita-cerita inspirasi seperti yang ada bacaan di atas , kisah seorang anak yang bernama Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap ayahnya dengan menuliskan puisi dan puisi itu dilombakan dan Samin menjuarai lomba tersebut, dan sekolah adalah masa-masa yang paling seru dan tidak bisa dilupakan, karena di sekolah banyak pengalaman-pengalaman yang seru,asyik dan menakjubkan. Cerita diatas banyak yang bisa kita ambil , seperti belajar dan meneladani sikap-sikap tersebut, mengambil nilai moral dan mengambil hikmah di setiap cerita yang terkandung dalam cerita-cerita diatas. Semoga setiap siswa atau pelajar bisa menanggapi dengan baik.amin……

  68. Menurut saya, ini sangat suka dengan artikel ini. Pendidikan tidak cukup saja, penanaman karakter moral harus ditanam sejak dini. Tidak banyak buku di luar sana yang membiasakan membangun moral dan menginspirasikan anak-anak untuk menjadi orang lebih baik, seperti karakter-karakter di buku ini. Buku-buku seperti akan menginspirasikan anak-anak yang tidak suka membaca untuk membaca lebih banyak. Saya sebenarnya juga kurang suka membaca yang seperti ini, cuma ini memotivasi saya untuk lebih banyak membaca dan pasrtinya memotivasi anak-anak seusia saya juga. Buku-buku seperti ini juga tidak banyak. Pastinya susah mencari buku yang mengkonek Antara pembaca dan karakternya. Buku-buku ini mungkin saja membuat anak-anak ini sadar bahwa di buku itu ada bagian mereka ada di buku ini. Mereka mungkin merasa buku ini menunjukkan bagaimana mereka merasakan. Seperti Anggun yang tidak menyukai guru Bahasa inggrisnya, pasti ada murid yang tidak menukai gurunya. Atau Alin yang ayahnya meninggalkannya, pasti ada juga yang bermasalah dengan keluargannya. Saya berharap mereka terus memproduksi buku-buku seperti ini dan menginspirasikan orang-orang untuk menjadi orang lebih baik.
    Salam, Narina Aidha Hamzah 7A

  69. Menurut saya artikel ini sangat menginspirasi. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi secara nasional memang harus diterapkan sejak dini. Saya sebenarnya kurang suka dalam membaca, tapi artikel ini menginspirasi saya untuk membaca. khususnya membaca buku dengan kisah kisah yang memuat pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur. salah satunya adalah membaca buku yang menginspirasi seperti kisah si Alin yang berjualan gorengan neneknya sambil sekolah, ada juga kisah yang lain seperti kisah guru Bahasa Indonesia baru yang berusaha memperbaiki perpustakaan yang kotor, kusam, dan tidak ada bukunya, kisah Anggun yang sangat membenci Bu Sisi akhirnya luluh juga, kisah Samin yang mengungkapkan kerinduan terhadap almarhum ayahnya melalui puisi yang menjuarai lomba puisi, cerita tentang kelas yang berisi siswa-siswa ternakal yang ingin tampil menjadi kelas terbaik dalam pekan lomba kelas, cerita tentang kepedulian teman-teman sekelas pada Saepul yang sepatunya rusak parah dan tidak pernah ganti, dll. Sangat menginspirasikan.

    Noeriza Aqila W (27)
    7A

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s