SETITIK HARAPAN SEJUTA IMPIAN

SETITIK HARAPAN SEJUTA IMPIAN

Oleh Kusmawan, S.Pd.

SDN YASAADI KEC.RANCAEKEK KAB.BANDUNG

 

Setiap orang memiliki cita-cita dan harapan, baik mereka yang berada di pedesaan maupun di perkotaan. Semua harapan dan cita-cita belum tentu menjadi sebuah kenyataan, namun kita sebagai manusia hanya berusaha, berencana dan berharap akan terwujudnya harapan tersebut. Adapun  hasil akhirnya kita harus menerima dengan lapang dada dan menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Sekelumit cerita dari seorang guru yang ditempatkan di daerah yang jauh dari tempat keramaian. Tepatnya di daerah Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Desa yang berada di bawah kaki papandayan perbatasan Kabupaten Garut. Awal tahun 2010 dia diangkat menjadi salah seorang tenaga pengajar dan ditempatkan di daerah tersebut, jarak antara tempat dia bekerja dengan tempat dia tinggal sekitar 85 km dengan menghabiskan waktu kurang lebih 3,5 jam. Perjalanan yang begitu indah dan menakjubkan penuh dengan tantangan. Ada jalan yang masih bebatuan terjal, dikala musim hujan. Ada jalan tertutup dengan lumpur, dan dikala musim kemarau jalan penuh dengan debu. Dia lalui itu dengan penuh kesabaran. Di sekolah tersebut guru PNS beberapa orang, yaitu Bu Eti supriati, S.Pd selaku kepala sekolah, Bu Entin, S.Pd selaku guru kelas, Bu Neneng Mardiyah, S.Pd.I selaku guru PAI, dan dia angkatan baru selaku guru kelas. Sementara yang lainnya adalah guru honor.

Disana banyak sekali bunga-bunga bangsa yang masih segar tetapi seakan-akan mereka layu. Mereka mempunyai segudang harapan dan masa depan yang belum pasti. Pendidikanlah yang merupakan salah satu ujung tombak agar cita-cita dan harapan mereka bisa tercapai. Banyak sekali tantangan dan perlu pengorbanan untuk mewujudkan cita-cita dan harapan mereka disana. Mereka banyak yang putus sekolah, karena disana untuk melanjutkan sekolah lokasinya sangatlah jauh. Kondisi keamanan pun kurang terjamin buat mereka di sana.

 

Komentar ditutup.