Membaca & Menulis

Membaca dan Menulis Sebuah Kewajiban

Oleh: Nurwidati

SMP Negeri 1 Godean Sleman

nur.widati@yahoo.com atau nur.widatiedy@gmail.com

            Manusia memiliki berbagai macam sifat. Salah satunya ingin diperhatikan banyak orang. Mereka ingin diakui keberadaannya dan kebermanfaatannya, setidaknya oleh orang-orang disekitar kita, baik itu rekan kerja ataupun masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, manusia berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih dikenal oleh publik, terlebih lagi keberadaannya manusia di bumi ini mencapai milyaran jumlahnya.

            Banyaknya manusia di bumi  menjadikan persaingan yang ketat dalam berbagai bidang kehidupan. Setiap individu bersaing untuk mendapatkan popularitas, ingin dipuji, ingin dikenal karena prestasi ataupun trending topic yang disiarkan melalui  pemberitaan baik media cetak maupun elektronik.

            Salah satu jalan menggapai popularitas adalah melalui jalan prestasi. Namun tatkala manusia tidak memiliki prestasi, hal ini penyebabnya manusia itu enggan membaca dan menulis. Sebenarnya banyak yang kita dapat lakukan untuk meraih prestasi  dari kegiatan  membaca dan  menulis. Banyak juga kelompok atau organisasi yang menjembati kita untuk gemar membaca dan menulis. Perpustakaan telah dibangun oleh pemerintah dari tingkat pusat sampai ke daerah. Telah banyak sekolah yang memfasilitasi bagi mereka yang gemar membaca dengan buku-buku referensi lengkap, ada perpustakaan keliling dari perpustakaan daerah masuk ke sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai ke tingkat lanjutan atas. Perpustakaan daerah juga keliling sampai ketingkat desa bahkan RW dan RT. Hanya saja budaya membaca di masyarakat Indonesia sangat rendah. Sedang banyak organisasi yang memfasilitasi mereka yang gemar menulis. Contohnya : Dinas Pendidikan Kabupaten sampai Pusat serta dinas-dinas lainnya ada himbauan dengan gerakan literasi melalui kegiatan Guru Menulis, Media Guru, Satu Buku Satu Guru (SABU SAGU), Lomba KTI, Lomba Inobel, Lomba Kreatifitas Guru, Lomba Artikel dan lain-lain, semuanya itu tidak lepas adanya kegitan membaca dan menulis.

             Membaca dan menulis itu sebuah kewajiban bagi mereka yang punya keinginan menambah ilmu pengetahuan. Membaca dan menulis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Membaca dan menulis merupakan satu kesatuan yang saling menguatkan. Membaca merupakan hal yang pertama yang harus dilakukan. Setelah itu, sebagai efek dari membaca, ialah menulis. Kekuatan baca tulis adalah kekuatan sebuah kewajiban bagi mereka yang paham dan mengerti kebermanfaatanya. Oleh karena itu, membaca dan menulis mampu menjadi sebuah senjata ampuh untuk meraih suatu prestasi.

            Membaca (baca) dalam Kamus Bahasa Indonesia diberi arti” melihat serta memahami isi dari yang menulis”. Hakikat dari membaca adalah mengisi memori pikiran yang kosong.Selain itu, membaca membentuk kita menjadi pribadi seperti apa yang kita baca. Dengan demikian, kita membaca jangan sembarangan dibaca. Membaca yang baik adalah membaca buku yang berkualitas baik. Membaca buku berkualitas akan mengajak pembacanya menjadi pribadi yang berkualitas pula. Sebaliknya, membaca buku yang sarat dengan perilaku kriminalitas, aksi kekerasan, aksi negatif juga dapat berdampak bagi pembaca menjadi memiliki karakter buruk. Oleh karena itu, sebaik-baik membaca adalah membaca buku bermutu yang sarat dengan ilmu pengetahuan, nasihat , budaya bahkan religi.

            Membaca buku bermutu adalah kegiatan yang tidak ada ruginya. Menurut Sri Haryanto Sahid (2012:54), membaca buku bermutu sama halnya menyerap pengetahuan dari buku; sama artinya dengan menimbun investasi untuk membangun masa depan. Semua itu juga berarti tindakan untuk memperkaya dan memperkuat memori pikiran sekaligus meluaskan konsep, gagasan, ide-ide cemerlang sehingga mewujudkan manusia yang berkualitas, profesional dan beretika.

            Menulis adalah salah satu pengaruh baik dari membaca. Setelah kita membaca buku bermutu, pikiran kita akan terisi kata-kata mutiara yang penuh makna. Pada tahap berikutnya, kita akan tersihir untuk mencoba mengekspresikan kembali ide-ide melalui gaya kita sendiri. Membaca buku bermutu dan dilanjutkan dengan menulis akan melahirkan karya-karya besar, salah satunya adalah tulisan. Karya-karya tersebut akan selalu dikenal dan dikenang masyarakat bagi yang pernah membacanya. Oleh karena itulah,  membaca dan menulis merupakan sebuah kewajiban untuk dapat meraih suatu prestasi yang diinginkan, cita-cita yang harus digapai serta harapan banyak orang untuk sukses dimasa datang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s