Dasar-dasar Menulis

Tugas ke 2

Resume Dasar-Dasar Menulis

            Menulis adalah menyampaikan pesan lewat teks atau tulisan. Pesan akan sampai kalau di pahami pembaca. Tidak dibutuhkan keterampilan khusus untuk menulis karena pada dasarnya menulis itu mudah. Mulailah  menulis dari 3 alinea yaitu alinea pembuka, isi dan penutup.

            Macam-macam alinea itu ada tiga yaitu :

  1. Alinea Pembuka

                        Alinea pembuka merupakan bagian dari sebuah wacana  yang paling pertama kita   temui. oleh karena itu, sebaiknya alinea pembuka itu disusun secara       menarik agar    memunculkan rasa ingin tahu kepada para pembaca. Dalam alinea pembuka        sangat diharapkan dapat membimbing para pembaca untuk memasuki suatu  jalan cerita       atau isi             dari wacana atau dengan kata lain alinea pembuka ini menyiapkan para pembaca             untuk   memasuki alinea isi. Rumusan alinea pembuka yang baik akan menjadi pedoman    untuk             pengembangan tulisan menuju tingkat selanjutnya.

  1. Alinea Isi

                        Alinea isi merupakan suatu ide pokok beserta pengembangannya dalam sebuah      wacana atau karangan. Oleh karena itu, alinea isi merupakan bagian yang esensial dalam             suatu wacana atau tulisaan. Maksudnya adalah alinea isi menjelaskan dengan cara          menguraikan bagian-bagian ide pokok tersebut.

  1. Alinea Penutup

                        Alinea penutup merupakan alinea-alinea yang mengakhiri atau menutup suatu         wacana atau tulisan. Alinea ini merupakan kebulatan dari masalah-masalah yang             dikemukakan pada bagian wacana atau karanan sebelumnya. Selain itu alinea penutup           juga harus mengandung kesimpulan yang benar-benar mengakhiri uraian wacana atau           tulisan tersebut.

            Om Jay minta semua peserta, menulis 3 alinea malam ini. Masing-masing peserta belajar menulis, menulis apa yang di tugaskan Om Jay di bagian komentar. Lalu kemudian Om jay memberikan tanggapan tulisan masing-masing peserta belajar menulis. Om Jay langsung menuliskan kalimat dan cara yang benar dalam menulis. Om jay memberikan pujian dan semangat kepada peserta. Seperti : luar biasa, wow. Imajinasinya bagus, mantap Omjay suka gaya menulisnya, beautiful, hebat, lanjutkan, coba copas lagi dan lain-lain.

Oleh : Rini Rossis, SMPN 1 Paangkalan Kuras, Kab. Pelalawan RIAU

Iklan

4 responses to “Dasar-dasar Menulis

  1. Resume 2
    Pesta Silalahi.

    Menulis merupakan cara menuangkan ide pemikiran yag dihadapi sehari-hari. Oleh sebab itu tuangkan saja apa yang ada di pikiran.

    Kegiatan yang kita lakukan merupakan ide dalam penulisan yang sangat sederhana. Mulailah dengan menulis 3 alinea.

    Namun banyak orang berasumsi bahwa yang menulis secara sederhana bukanlah sebuah tantangan melainkan kekurangan dalam penulisan sehingga hal itu menambah surut motivasi diri akan menulis.

    Pada penulisan pertemuan ke 2 om Jay memberikan kesempatan kepada semua anggota grup wa menulis gelombang 3 dengan membuat sebuah tulisan diawali 3 alinea. Dengan ide yang ada disekitarnya ataupun pengalaman serta kegiatan yang sedang berlangsung.

    Para peserta menuangkan idenya satu persatu dengan kegiatan pada saat menulis yang mengabaikan anaknya, ada juga yang menceritakan pengalamannya satu harian disekolah, bahkan adapula yang menceritakan mengenai keadaan pengalaman menjadi seorang guru sd yang penuh dengan perjuangan sebelum menjadi guru sd,

    Lalu adapula yang menceritakan mengenai pengalaman bersama ayahnya. Salah seorang guru mungkin beliau seorang penulis yang handal namun belum dipublikasikan sangat bagus seperti alur cerita pendek.

    Semua yang dituliskan oleh para peserta seakan akan para pembaca diajak utk mengikuti alur cerita yang sangat bersahaja ada yang sedih atau bahkan ada curahan hati dalam mengarungi kehidupan ini.

    Itulah sekelumit cara guru pemula yang berusaha utk membuat 3 alinea dan menyelesaikan tugas tersebut.

    Kami semua bergembira dengan hasil karya kami walaupun masih dibaca secara lokal. Ada rasa malu berkecambuk dilubuk hati yang paling dalam ketika tulisan dishare utk dibacakan kepada teman guru lainnya.

    Hal itu memacu para guru atau peserta grup wa menulis arahan om Jay. Semua langsung praktik menulis.

  2. RESUME GURU MENULIS GELOMBANG KE-3, SELASA 26-9-2017
    Tema : Dasar-dasar Menulis

    Menulis adalah menyampaikan pesan kepada orang lain menggunakan tulisan. Sebagai suatu alat komunikasi maka tidak dibutuhkan keterampilan khusus untuk dapat menulis. Intinya hanya terletak pada tiga komponen. Ke-3 komponen tersebut adalah :
    1. Adanya pesan yang akan disampaikan,
    2. Adanya piranti penyampai pesan,
    3. Adanya pihak penerima pesan.
    Karya tulisan adalah komponen ke-2 proses komunikasi. Tentu dibutuhkan trik tertentu agar pesan yang ada dapat diterima oleh penerima pesan (pembaca) dengan tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah gunakan bahasa yang disesuaikan dengan karakter pembaca dan karakteristik materi pesannya.
    Proses penyampaian pesan harus pula memenuhi tiga unsur, yaitu pembuka – isi – penutup. Hal ini dibutuhkan agar pembaca dapat memahami makna tulisan secara bertahap dan lengkap. Ini sudah dicoba dan diteliti langsung oleh narasumber.
    Alhamdulillah tulisan saya memperoleh tanggapan positif dari Pak Wijaya Kusumah sebagai narasumber.
    Saleh Rusbandi

  3. RESUME PERTEMUAN KEDUA BELAJAR MENULIS GELOMBANG KE -4 DENGAN OMJAY
    Oleh: Khairun Nisa, M. Pd
    Pada hari Selasa tanggal 26 September 2017, 30 (tiga puluh) peserta dari 60 (enam puluh) peserta telah mengikuti pelatihan online dan jarak jauh ‘Belajar Menulis’ melalui What App (WA). Pelatihan ini difasilitasi oleh Bapak Wijaya Kusumah, M. Pd atau lebih sering dikenal dengan sebutan ‘Omjay’. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membuat para peserta memahami bagaimana cara menulis dari ‘hati’ dan dapat dipahami oleh pembacanya.
    Pertemuan diawali dengan pre test membuat tulisan bebas (free writing). Peserta diarahkan untuk dapat menulis tiga paragraf dalam sebuah teks, yang berupa Pendahuluan, Isi dan Penutup. Beberapa peserta menunjukkan kebolehannya dengan menuliskan sebuah resume, cerita pendek, tips, kisah inspiratif, dan sebagainya. Semua tulisan para peserta langsung ditanggapi oleh Omjay. Selain itu, ada sesi saling memberikan komentar atau pujian dari para peserta kepada peserta lain.
    Selain memberikan tanggapan atau ‘feedback’, Omjay juga memberikan beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam menulis, seperti:
    1. Menulislah sebelum tidur.
    2. Perlunya pemicu untuk menulis, sebab pada dasarnya menulis adalah kebutuhan manusia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dalam bahasa tulis.
    3. Perlunya manajemen waktu agar dapat menulis.
    4. Menulislah dengan hati agar dapat bertemu dengan hati pembacamu.
    5. Tidak diperlukan keahlian khusus dalam menulis, yang diperlukan adalah duduk di bangku dan menulis.
    6. Malu menulis membuatmu jadi tidak bisa menulis.
    7. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berlatih menulis.

  4. Tugas ke 2
    Resume Dasar-Dasar Menulis
    Menulis adalah menyampaikan pesan lewat teks atau tulisan. Pesan akan sampai kalau di pahami pembaca. Tidak dibutuhkan keterampilan khusus untuk menulis karena pada dasarnya menulis itu mudah. Mulailah menulis dari 3 alinea yaitu alinea pembuka, isi dan penutup. Om Jay minta semua peserta, menulis 3 alinea malam ini.
    Masing-masing peserta belajar menulis,menulis apa yang di tugaskan Om Jay di bagian komentar.kemudian Om jay memberikan tanggapan tulisan masing-masing peserta belajar menulis. Om Jay langsung menuliskan kalimat dan cara yang benar dalam menulis. Om jay memberikan pujian dan semangat kepada peserta. Seperti : luar biasa, wow. Imajinasinya bagus, mantap Omjay suka gaya menulisnya, beautiful, hebat, lanjutkan, coba copas lagi dan lain-lain.
    Alhamdulilah ,selesai dasar-dasar menulis

    Oleh : Rini Rossis, SMPNI Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s