Tugas Menulis 3 Alinea

Tugas Kedua

Bambang Sugiantoro

Guru SMAN 1 Lawang Kidul Muara Enim Sumatera Selatan

Bamsugianto166@gmail.com

Perkenalkan nama saya Bambang Sugiantoro salah guru dari SMAN 1 Lawang Kidul muara enim Sumatera Selatan. Pertemuan Kedua pembelajaran melalui WA Online dengan instruktur nasional Om Wijaya Kusumah atau yang lebih dikenal OM JAY semakin membuka pengetahuan, pikiran dan pengetahuan saya akan menulis.

Kegiatan menulis sebaiknya dilakukan diwaktu senggang dan sering-sering dilakukan agar penulis terbiasa mengungkapkan ide dalam tulisan sehingga lambat laun terbiasa mengungkapkanya dalam bentuk goresan pena.

Om Jay mengajarkan bagaimana menulis dan mengungkapkan tulisan kita sebagai penulis awal dalam kertas melalui cara yang sederhana. Mulailah kegiatan menulis kita menggunakan 3 aline yakni alinea pembuka, alinea isi dan alinea penutup.

Mungkin kita sebagai seorang guru atau penulis yang awam masih belum mengetahui betul bagaimana dan harus bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam menulis pada awalnya, namun pada pembelajaran dan pertemuan ke 2 kelas menulis ini Om Jay mengajarkan bagaiman mengungkapkan tulisan kita dalam bentuk  3 alinea di atas.

Saya masih ragu dan ada perasaan khawatir apakah saya bisa membuat 3 alinea tersebut dengan baik atau malah sebaliknya hanya bisa menulis saja tanpa kaidah dan tuntunan seperti harapan Om Jay.

Kekhawatiranku masih dalam bentuk pertanyaan di dalam hati, seperti apakah bentuk kalimat pembuka dalam kalimat namun setelah membaca artikel dari rekan-rekan yang lain akhirnya saya dapat menuliskan alinea pembuka bagi artikel saya.

Kemudian muncul lagi permasalahan dalam mengembangkan kalimat untuk alinea kedua yakni isi. Lagi saya berfikir dan harus membaca lagi artikel kawan yang sudah dikirim melalui WA. Akhirnya saya menemukan contoh yang sesuai untuk artikel yang ingin saya tuliskan. Mungkin pembaca yang membaca artikel saya menganggap tulisan biasa saja namun pembelajaran menulis ini memberikan dampak dan manfaat yang luar biasa bagi saya pribadi dan mungkin orang-orang disekitar saya untuk mengikuti kelas online WA yang diasuh oleh Omjaya atau Wijaya Kusumah.

Setelah melalui pengembaraan dalam membaca berbagai referensi penulis akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas menulis saya dalam membuat artikel melalui 3 alinea di atas meskipun tersendat-sendat dan perlahan-lahan namun saya bisa menyelesaikan tulisan saya dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kapasitas saya sebagai penulis pemula.

Saya sangat bertekad untuk menulis dan membuat buku  guna mengembangkan kemampuan saya dalam menulis. Semoga Om Jay diberikan kesabaran dan kesehatan untuk membimbing kami  dalam menulis.

Pembelajaran kelas menulis ini membawa dampak terhadap keingintahuan saya untuk terus dan terus menggali ilmu dalam menulis. Hal ini juga saya tawarkan kepada rekan-rekan guru ditempat saya mengajar untuk mengikuti kelas menulis dibawah asuhan Om Jay.

Walaupun ada beberapa orang merespon positif namun ada juga yang menolak dengan alasan nanti saja mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan banyak urusan yang harus dikerjakan di rumah maupun disekolah.

Disamping saya memberikan motivasi dan inspirasi kepada rekan sejawat , saya juga memberikan motivasi dan inspirasi menulis kepada siswa saya untuk belajar menulis  dikarenakan kita bisa menambah pengetahuan dan keterampilan dan yang paling penting membawa perubahan kepada lingkungan tempat kita berada walaupun hanya sedikit.

Terima kasih banyak Om Jay atas pembelajarannya dan kelasnya yang membuat saya dan penulis lain sadar akan pentingnya menulis dan juga guna mengembangkan kompetensinya dimasa Yang akan datang.

Terima kasih dari Bambang Sugiantoro, Muara Enim. Sumatera Selatan.

Komentar ditutup.