Penghampat Kegiatan Menulis (Tugas 3)

HAMBATAN DALAM KEGIATAN TULIS MENULIS DAN SOLUSINYA

Oleh: @arumpuri78

Kemarin adalah pertemuan ke 3 pelatihan menulis online kami lewat WA bersama bapak Wijaya Kusumah atau Om Jay sebagai coach menulis kami, dimana pada pertemuan ke 3 ini, kami diminta membuat resume diskusi kami.

Pada pertemuan ke 3 ini Om jay membahas tentang berbagai hambatan dalam kegiatan tulis menulis dan solusinya, menurut Om jay, yang beliau ambil dari bukunya  Deni Damayanti, hal 63-94, bahwa penghambat dalam kegiatan tulis menulis yang pertama adalah Malas, kedua tidak tahu manfaat menulis, ketiga tidak ada semangat belajar, keempat merasa tidak punya waktu, kelima buta bahasa tulis dan keenam merasa tidak punya ide.  Kita akan bahas satu demi satu bagaimana solusi dari  beberapa penghambat tersebut.

Malas

Malas merupakan salah satu sifat manusia yang harus dijauhi, jika ingin menjadi penulis sukses, maka wajib hukumnya untuk melawan rasa malas ini, bagaimana solusinya untuk mengatasi rasa malas ini, yaitu dengan melawan kemalasan itu sendiri dengan cara menakhlukkan diri sendiri. Menakhlukkan ribuan orang belum tentu disebut sebagai pemenang, pemenang sejati adalah saat kita bisa menakhlukkan diri sendiri.  Impikan dan wujudkan impianmu dengan tindakan nyata dan bukan kata kata. Dan saya pernah membaca salah satu cara mengatasi rasa malas untuk menulis yang paling ampuh adalah dengan mengingat betapa menyesalnya suatu saat nanti jika semua pengetahuan yang kita miliki hanya akan dipendam sendiri untuk dibawa mati.

Menurut Deni damayanti (2016), ada 10 cara untuk melawan kemalasan, yaitu (1) Jadikan menulis sebagai prioritas, maksudnya kita harus menulis setiap hari dan lihatlah apa yang akan terjadi (2) manfaatkan waktu kosong, jangan sia sia kan waktu begitu saja, karena satu satunya hal yang tidak akan dapat kita ulang kembali adalah waktu, oleh sebab itu gunakan waktu seefektif mungkin (3) pikirkan konsekwensi dari kemalasan, pikirkan bahwa kita akan menyesal dikemudian hari jika kemalasan masih menemani kita (4) jika bermanfaat segera kerjakan dan jangan ditunda tunda, jangan pernah menunda suatu kebaikan  (5) Mulai dari sekarang, jangan menunggu esok hari untuk menulis, lakukan sekarang juga (6) Sesulit apapun harus dikerjakan, jangan pernah menyerah sebelum berusaha (7) Perhatikan apa yang diraih orang, jadikan kesuksesan orang sebagi pemacu kita untuk lebih bersemangat (8) beri diri sendiri  hadiah, pada saat kita dapat meraih sesuatu yang  kita harapkan, maka berilah hadiah atau penghargaan kepada diri sendiri   (9) berolahraga, jangan lupa berolah raga teratur setiap hari, karena dengan berolah raga maka otak kita akan mendapat asupan oksigen lebih banyak sehingga membuat tubuh kita selalu bugar dan ide ide segar dalam menulis akan segera mengalir dengan lancar. (10) istirahat yang cukup, tubuh kita tersusun atas sel sel hidup yang memerlukan istirahat, berilah sel sel tubuh kita haknya yaitu beristirahat, dengan beristirahat yang cukup maka esok hari kita akan bangun dan memulai hari dengan penuh energi dan semangat.

Tidak tahu manfaat dari menulis.

Menurut Om jay manfaat dari menulis adalah (1) kepuasan batin, kepuasan batin ini tidak bisa dibeli oleh apapun, saat seorang penulis bisa menyelesaikan tulisannya dan bisa menuangkan semua ide yang ada di pikirannya, maka dia kan mendapatkan kepuasan batin yang luar biasa (2) dapat penghasilan tambahan, dengan menulis seseorang dapat menghasilkan tambahan penghasilan yang tidak terduga duga (3) popularitas, dengan menulis maka orang akan mengenal siapa kita, dengan menulis dunia akan mengenal kita, akan mengenal ide ide dan pikiran kita (4) lebih memahami pengetahuan, menulis adalah proses belajar, menelaah dan hasilnya berupa pemahaman yang kita tuliskan kembali (5) membangun kecerdasan bangsa, dengan menulis kita ikut andil dalam membangun kecerdasan bangsa dengan ide, pemikiran yang kita tuliskan.

Tidak ada semangat belajar.

Bila tidak ada semangat belajar menulis maka yang harus dilakukan adalah (1) menciptakan masa depan (2) ciptakan sensasi (3) mulailah dengan rasa senang (4) kembangkan tujuan (5) ingat kematian (6) tinggalkan teman yang tidak perlu (7) hampiri bayangan kecemasan (8) berlatih dengan keras

Merasa tidak punya waktu.

Bila anda tidak punya waktu maka berikut ini cara cara mudah mengatur waktu (1) buang jam karet,  jangan pernah menyia nyiakan waktu begitu saja (2) gunakan waktu seefektif mungkin (3) manfaatkan waktu produktif, siapa yang pandai mengelola waktu maka dia akan sukses.

Buta bahasa tulis. Bila anda buta bahasa tulis menulis maka teruslah berlatih menulis.  Gunakan tanda baca dan pelajari cara orang lain menulis.  Lama lama anda akan merasakan bahwa menulis itu mudah.  Anda akan merasakan terangnya kehidupan karena anda mampu menulis.

Merasa tidak punya ide. Bila anda tak punya ide menulis maka baca buku om jay yang berjudul menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Sebetulnya ide ide banyak terdapat disekitar kita, disekeliling kita, hanya saja kita belum terbiasa untuk mengenali dan menjumputi ide ide itu untuk kemudian merangkainya menjadi kalimat yang indah.

Komentar ditutup.