Menjadi Guru Sekaligus Penulis Yang Sukses

Menjadi Guru Sekaligus Penulis Yang Sukses

(Resensi buku oleh Khoirul Faizin, SMPN 2 Winongan Kab. Pasuruan Prov. Jawa Timur)

Judul Buku   : Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Penulis          : Wijaya Kusumah

Penerbit         : PT Indeks, Jakarta

Tebal              : 289 halaman

            Menjadi penulis yang sukses tidaklah mudah, perlu perjuangan yang ekstra keras, terutama melawan sifat malas. Selain sifat malas, yang perlu dilawan adalah sifat tidak percaya diri dengan tulisannya. Kadang seseorang merasa bahwa apa yang ditulis merupakan hal yang terlalu sederhana, atau merasa bahasanya kurang enak dibaca, atau atau yang lain sehingga tidak jadi menulis. Itulah yang biasa dialami oleh penulis pemula.

            Buku ini menceritakan perjuangan seorang guru yang bernama Wijaya Kusumah, atau yang akrab dipanggil Om Jay dalam menggapai impiannya menjadi guru sekaligus penulis yang sukses, yaitu penulis yang mampu menerbitkan buku. Mulanya Om Jay adalah seorang guru biasa dengan rutinitas mengajar di sekolah, dengan diawali niat yang kuat mulailah dia melawan penghambat kegiatan menulis, seperti malas, merasa tidak punya ide, dan merasa tidak ada waktu. Satu persatu penghalang-penghalang itu berhasil dikalahkannya sehingga dalam waktu singkat dia berhasil menjadi penulis blog yang sukses, bahkan mendapat penghargaan sebagai bloger yang aktif. Diawali sebagai penulis blog, perjuangan Om Jay dilanjutkan dengan menulis buku, hingga berhasil menerbitkannya.

            Banyak tips untuk menjadi penulis yang sukses yang disampaikan oleh Om Jay dalam buku ini. Kadang tips-tips itu terasa aneh kedengarannya di telinga, misalnya menulislah sebelum tidur, menulislah setelah tidur, menulislah setiap hari, jika hari ini tidak menulis maka besoknya harus menulis dua kali banyaknya, dan masih banyak tips menulis yang lain. Semua tips itu disampaikannya secara detil dalam bahasa yang lugas dan jelas sehingga siapa saja yang membacanya pasti langsung paham dan tertarik untuk mempraktikannya.

            Selain tips, banyak motivasi untuk menjadi penulis sukses yang dipaparkan dengan bahasa yang menantang sehingga pembaca akan termotivasi untuk menulis. Motivasi-motivasi itu dapat dilihat dari judul artikel yang merupakan bagian buku ini, misalnya menulis itu dahsyat Bo?, menulis itu gampang!, tinggalkan pesanmu dengan menulis!, dan masih banyak lagi judul yang memotivasi. Dengan membaca artikel-artikel itu, tanpa sadar seakan-akan sedang memperoleh tenaga baru yang dahsyat, yang mampu menggerakkan jari jemari kita untuk menari di atas keybord merangkai kata demi kata sehingga menjadi kalimat. Itulah kelebihan dari buku Om Jay.

            Apakah anda tidak bisa menulis tapi ingin menjadi penulis? Apakah anda ingin menulis tapi tidak mengetahui bagaimana memulai menulis? Apakah anda ingin menjadi penulis yang mampu menerbitkan buku? Sudah pasti jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu adalah: segera miliki buku “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi”.

Pasuruan, 2 Oktober 2017

Komentar ditutup.