Mulailah Menulis!

Resume Diskusi Tahap 1

Nama             : Amaliah, S.S.

Instansi          : SMPN 2 Sidoarjo, Jawa Timur

MULAILAH MENULIS!

Mengikuti kelas menulis yang diadakan  Om Jay melalui group wa adalah hal yang menarik bagi saya.  Pertama kali dibuka gelombang satu, langsung tanpa pikir panjang saya mendaftarkan diri. Namun apa daya, berbarengan dengan kegiatan PLPG. Maka selesai acara saya melihat pembukaan gelombang lima, langsung saya banting setir ikut dengan semangat ke gelombang lima ini.  Topik awal adalah mengenai semangat tulis menulis.  Menulis adalah budaya.  Budaya terbentuk dari kebiasaan. Hal ini dapat dimulai dari suatu kolaborasi bersama guru lain yang memiliki keinginan untuk menulis dan juga editor, ini penentu akhir tulisan kita.

Siapapun dapat menulis, sebab dasar menulis telah dimiliki oleh semua orang. Namun yang dibutuhkan adalah mengasah kemampuan itu untuk mengolah kata menjadi tulisan yang menarik, menjual, dan dapat dinikmati oleh pembacanya.

Menulis dapat menambah banyak hal, misalnya secara ilmu, menambah pengetahuan, lalu secara ekonomi, menambah pemasukan/ income, secara pemikiran, membuat pola pikir kita sistematis dan runtut. Selain itu, menulis membuat kita menjadi pakar di bidangnya.

Menulis membutuhkan proses, modal awalnya adalah keinginan yang kuat, ketelatenan dan  berpikir runtut.  Pada dasarnya semua tulisan memiliki tiga bagian utama yaitu pembuka/ opening, isi/content, dan penutup/ closing yang berisi kesimpulan. Bentuk tulisan ada dua, yaitu fiksi dan non fiksi. Bagi guru banyak yang dapat dibuat sebagai  bahan tulisan , menulis rencana pembelajaran terutamanya, lalu menuliskannya menjadi karya innovative yang merupakan pengembangan dari metode yang kita terapkan ke siswa. Lalu menjadi karya ilmiah atau tulisan popular, ataupun menulis fiksi berupa novel, puisi, atau drama.  Ini jelas membutuhkan banyak latihan.

Menulis tak dapat dipisahkan dari aktivitas membaca, maka sempatkan membaca apapun sebagai bahan input pemikiran, beli buku atau pinjam di perpustakaan atau baca koran atau baca berita di internet, sangat membantu kita berpikir kritis. Masalah apa yang terjadi di sekitar kita dapat menjadi bahan tulisan, namun yang membedakan adalah cara sudut pandang yang unik membuat tulisan kita unik pula, memiliki daya jual. Maka apa yang ditunggu? Mulailah menulis!

Komentar ditutup.