Resensi Buku Menulislah Setiap Hari & Buktikan Apa yang Terjadi

Resensi Buku

 buku-menulis

Judul buku : Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Pengarang  : Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd.

Penerbit : PT Indeks

Tahun terbit : 2012

Tempat terbit : Jakarta

Tebal buku : 290

Harga buku : Rp 75.000,-

Buku ini berisi tentang kumpulan pengalaman yang dialami sendiri oleh Bapak Wijaya Kusumah untuk menciptakan budaya menulis dalam dirinya. Dimulai dari pemaparan kesulitan penulis pemula serta solusi dalam menulis. Karena begitu banyaknya manfaat menulis yang dapat beliau rasakan, melalui buku ini beliau mengajak seluruh pembaca, khususnya guru untuk mulai membudayakan menulis.

Buku ini merupakan kumpulan artikel yang beliau tuliskan dalam blog kompasiana dan blog pribadi wijayalabs.wordpress.com. Beberapa tips diberikan diantaranya menulis setiap hari 1 halaman, menulis sebelum/ sesudah tidur, membaca deep reading, menulis creative writing, cara memperoleh ide, apa yang harus dilakukan ketika mood hilang, dan masih banyak lagi.

Buku ini layak dibaca, baik bagi penulis pemula maupun penulis yang sudah ahli karena isinya sarat akan motivasi agar kegiatan menulis tidak pernah berhenti. Motivasi dari beliau yang paling mengena di hati adalah jadikan kegiatan menulis sebagai kebutuhan, bukan beban dan diniatkan untuk berbagi ilmu kepada sesama. Maka kegiatan menulis akan menjadi menyenangkan.

Buku yang terdiri atas 75 artikel ini sangat bagus dijadikan referensi kepenulisan karena gaya bahasanya yang renyah, menarik, dan mengalir begitu saja. Selain itu, meskipun terdiri atas banyak artikel, buku ini dapat dibaca dari manapun dan tidak berurutan karena berupa artikel lepas. Kita dapat membaca dari artikel yang kita suka atau butuhkan terlebih dahulu.

Kekurangan buku ini adalah artikel-artikel serupa dituliskan dalam beberapa judul sehingga terkesan diulang-ulang. Namun, bagi pemula, justru pengulangan ini malah bisa dijadikan semacam motivasi dan penekanan bahwa memang poin inilah yang penting dan dibutuhkan dalam menulis.

Maka, pada akhirnya saya merekomendasikan buku ini sebagai bacaan wajib bagi siapapun yang ingin menjadi penulis.

Resensator : Ria Rochmi Safitri

Komentar ditutup.