Daily Archives: Oktober 5, 2017

Resume Kuliah Pertemuan ke-2 Grup WA Belajar Menulis 5

Resume Kuliah Pertemuan ke-2 Grup WA Belajar Menulis 5

Rahayu Widayanti

SMP N 1 Nguntoronadi, Wonogiri, Jawa Tengah

Menulis hendaknya dijadikan kebiasaan. Semua orang bisa menulis, hanya saja banyak yang kurang berlatih menulis. Kita harus bisa menjadikan kegiatan menulis sebagai budaya kita, dengan cara setiap hari berlatih menulis.

Baca lebih lanjut

Resensi Buku Menulis

RESENSI BUKU MENULIS

Oleh: Hati Nurahayu, SMP Plus Al-Amanah Kabupaten Bandung

buku-menulis-omjay 

Buku dengan judul : “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi”, Buku yang ditulis oleh seorang guru yang bernama lengkap bapak Wijaya Kusumah.  Buku yang baru saya baca diberikan OMJAY melalui email. Dari kata pengantar dan pembukaan yang diberikan sudah bisa membawa saya ke dunia membaca.

Baca lebih lanjut

Menulis Versus Waktu

Menulis Versus Waktu

Oleh Eka Priyatna

Budaya menulis merupakan hal yang biasa di telinga kita namun terasa sulit untuk dikerjakan. Mengapa semua itu terjadi? Banyak hal yang menyebabkannya. Diantara penyebab yang biasa hadir di tengah lingkungan kita adalah kurangnya usaha kita untuk disiplin terhadap waktu. Meskipun kita telah memiliki rencana yang matang dan cita-cita tinggi, jika tanpa realisasi maka kita tidak akan bisa membuat atau menciptakan sebuah karya nyata berupa tulisan atau buku.

          Baca lebih lanjut

Menulis Itu Butuh Proses

MENULIS ITU BUTUH PROSES

Oleh: Siti Rusmiyatun

siti.rusmiyatun@yahoo.com

Berawal dari pertemuan, obrolan dan diskusi dengan teman-teman penggiat literasi dalam forum ilmiah tingkat nasional di Batam. Diskusi kamipun santai tetapi penuh dengan arti. Bagaimana tidak santai, obrolan itu dilakukan saat kami istirahat makan, duduk satu meja. Karena kegiatan kami berbeda, antara para penggiat literasi dan inovasi pembelajaran, sehingga waktu ketemu hanya pada saat istirahat. Clingak clinguk…..nah ini dia, teman-teman literasi, saya ambil posisi duduk.

Baca lebih lanjut

Dan Akhirnya, Saya(pun) Menulis

Dan Akhirnya Saya(pun) Menulis

Oleh: Nining Fatmawati

 

Menulis? Wow, itu ‘kan pekerjaan kaum intelek ? pekerjaan yang sangat bergengsi dan terdengar sangat hebat. Hmmm, seperti itulah kesan saya tentang pekerjaan yang satu ini. Ya, menulis ! Kalau boleh meminjam istilah kekinian “menulis itu keren”.

Baca lebih lanjut

Cerpen: Aku Indonesia

Cerita Pendek

Tema Lomba : “ Aku Indonesia”

Ibuku, Ibu Pertiwiku

 

Hari ini bertepatan dengan hari Kamis tanggal 30 September 2017. Pukul 21.41 WIB. Aku duduk didepan notebook tuaku. Note book yang pernah kubeli di sebuah Toko Elektronik di kota Bandung. Dengan harga 3.5 juta pada saat kubeli, dan  sempat kujual ke kakakku dalam kondisi baru dengan harga 2.5 juta. Dan note book ini  berada ditangan kakakku selama 4 tahun lamanya. Tibalah tahun kemarin kakakku menjual note book ini yang sudah beralih ke pamanku. Kubeli kembali dengan harga 700 ribu rupiah.

Baca lebih lanjut

Cerpen: Mutiara Bangsaku

Mutiara Buat Bangsaku

Malam ini saya ingin menulis lagi pengalaman yang kudapat hari ini di sekolah. Saya mulai membiasakan diri sebelum tidur di malam hari, menuangkan pengalaman dengan mengetikkan pada laptopku. Harapanku beberapa bulan ke depan, bisa menjadi kumpulan cerita pengalamanku dalam satu buku.

Baca lebih lanjut