Belajar Menulis Gelombang 4

RESUME KEGIATAN PERTEMUAN KE-1

BELAJAR MENULIS GEL.4 BERSAMA OM JAY

Oleh : Bagus Yuli Setyawan,ST

Pada hari sabtu, Tanggal 23 September 2017 , tepatnya pada pukul 07.22 pagi, peserta belajar menulis gelombang 4 bersama Om Jay mulai bertambah dan terus bertambah. Pertemuan atau materi hanya akan dilaksanakan jika jumlah peserta sudah mencapai minimal 30 orang.

Semua peserta mulai memperkenalkan diri. Nama dan Asal Sekolah tempat mengabdi dan juga daerah asal tempat tinggalnya.  Tidak kaget jika melihat peserta yang bergabung datang dari seluruh daerah yang tersebar di nusantara, mengingat Bpk.Wijaya Kusumah atau yang kita kenal dengan sapaan Om Jay ini adalah seorang guru besar Bloger Indonesia yang telah meraih banyak penghargaan tingkat nasional.

Pukul 09.29 WIB Om jay mulai merasuki jiwa peserta dengan sebuah artikel cantik “Merindu Bunyi, Membaca Sunyi” karya Setyaningsih.

Waktu terus berjalan , seiring dengan terus bertambahnya jumlah peserta yang masuk bahkan sudah melebihi kuato yang semestinya .

Pukul 15.29 Sepertinya Om Jay mengucapkan selamat bergabung dalam pelatihan guru menulis buku gelombang 4 kepada seluruh peserta dengan tidak lupa mengenalkan sponsor  utama kegiatan ini yaitu http://wijayalabs.com.

Diiringi jumlah peserta yang terus membanjiri, pada pukul 19.24 WIB om jay memberikan sebuah buku dengan format pdf yang sangat menginspirasi yaitu “Menulislah Setiap Hari dan buktikan apa yang terjadi”. Om jay meminta kita membacanya dan tidak mempublikasikan atau menjualnya.

Buku yang sangat memotivasi dan penuh dengan inspirasi. Sepertinya butuh beberapa tahun untuk menjadi penulis seperti om jay. Tapi melihat optmisme yang yang diperlihatkan oleh Om Jay dan seluruh peserta, membuat saya ingin terus mendalami ditengah kesibukan yang dijalani.

Selanjutnya om jay meminta kita untuk bersedia menjadi ketua kelas dan sekretasinya ibu yuzelma. Ada yang mengusulkan untuk mengangkat Pak Syarif sebagai ketua. Tapi akhirnya om jay memilih Pak Yani sebagai ketua kelas dikarenakan dahulu pernah satu kamar waktu di Kuta Bali. Jadi sudah pernah bertatap muka. Tepat pukul 22.00 WIB malam Pa Yani resmi diangkat menjadi ketua kelas group kami.

Om jay menyampaikan bahwa pertemuan akan dimulai pada hari minggu pukul 16.00 wib. Ya sore hari. Sambil semua peserta diminta untuk mengisi data secara online.

Tidak terasa jumlah peserta sudah mencapai 60 peserta. Wow 2 kali lipat dari peserta yang diperkirakan sebelumnya.

Keesokan harinya yaitu hari minggu, 24 September 2017, Sambil terus menunggu peserta lain yang belum mendaftarkan diri secara online, om jay mengirimkan artikel berjudul “Ayo Jadi Hebat Bersama”, Kesuksesan memang tidak mudah tetapi kesuksesanmu dapat diraih melalui hal-hal sederhana . Wow semakin mantap saja materi-materi yang diikuti dalam 2 hari ini berjalan.

Tidak terasa waktu sudah mendekati pukul 16.00 wib yang merupakan jadwal pertemuan pertama. Om Jay meminta kepada ketua kelas untuk melakukan presensi kehadiran lebih dulu tepatnya pada pukul 15.51.

Tiba pukul 16.00 WIB dimulai dengan om jay memasukan sebuah Audio Record. Om jay mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dan juga semangat motivasinya. Kuncinya adalah Komitmen dan Semangat dalam menulis. Niatkan untuk Ibadah dan berbagi pengalaman.

Setelah mencapai 50 Persen kehadiran peserta, om jay memulai materinya.

Tema Hari Pertama : Menjadi Guru Yang Mampu Menulis dan Menerbitkan Buku

Pukul 16.16 wib yang dibawakan langsung Oleh Om Jay.

Seorang Guru akan terbatas dalam berbagi ilmu dalam kelasnya saja. Akan tetapi , jika guru mau menulis dan mengemas ilmunya menjadi buku akan lebih bermanfaat karena tersebar ke seluruh dunia dan dibaca banyak orang.

Semua guru bisa menulis dan menerbitkan buku asal tahu caranya. Sayangnya belum semua guru tahu caranya.

Guru mau menulis buku, bila guru sudah tahu tujuan menulis. Budaya menulis dikalangan guru akan tercipta bila kita saling berkolaborasi dan menjadi editor kawan-kawan guru lainnya. Saling bekerja sama , sharing dan growing together itu kuncinya.

Menulis itu sebuah proses. Jadi harus dimulai dari kesabaran. Dari kesabaran itulah berbuah kesuksesan. Jadi tidak bisa instan dan dimulai dari perencanaan yang matang dan sebuah proses yang berjalan terus menerus. Itulah rangkainnya.

Jadi ada PEMBUKAAN – ISI dan PENUTUP.

Komentar ditutup.