Resensi Buku Menulislah Setiap hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Resensi Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Oleh: Aat Nurhayati

Judul Buku: Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Penulis Buku: Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd.

Penerbit Buku: PT Indeks, Jakarta

Cetakan: 1, 2012

Total Buku: 302 halaman

Sinopsis:

Menulis adalah sebuah kegiatan positif yang mampu mengantarkan seseorang ke dunia baru, dan membantu orang lain untuk membuka dunia dengan membaca. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang kegiatan menulis sangat sulit dilakukan. Alasan utama yang menghambat seseorang untuk menulis adalah kemalasan, maka satu-satunya obat adalah lawan kemalasan itu. Menulislah setiap hari. Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Omjay menyarankan untuk menjadi seorang penulis yang baik maka banyaklah membaca. Makin banyak membaca maka pengetahuan seseorang akan semakin banyak begitu juga kemampuan menulisnya. Karena dengan membaca maka akan semakin banyak ide yang muncul. Ketika muncul ide segeralah menulis.

Untuk membuat tulisan yang menarik untuk dibaca dibutuhkan sebuah kreativitas dalam berimajinasi dan kreativitas dalam menyusun kata-kata yang indah yang mampu menyampaikan pesan tulisan ke pembaca. Untuk mendapatkan kreativitas itu, maka menulislah setiap hari, agar kemampuan menulis itu terasah setiap hari.

Apabila seseorang mau membuat buku, maka keinginan ini bukanlah hal yang sulit. Asalkan orang yang bersangkutan berkomitmen untuk bisa membuat buku. Menulis setiap hari sangat membantu seseorang sebagai langkah pertama dalam membuat buku.

Untuk bisa menulis setiap hari jadikan ini sebagai kebiasaan agar tidak menjadi beban. Bisa sebelum tidur atau setelah tidur. Apa yang ditulis? Dimulai dari mana? Hal ini janganlah menjadi sebuah persoalan. Tuliskan saja apa yang mau ditulis, kemudian baca lagi, tambahkan tulisan-tulisan lain yang mampu membuat tulisan lebih hidup.

Manfaat yang bisa didapat ketika menulis buku adalah menjaga pengetahuan dan mengembangkannya, menjalin silaturahmi dengan orang baru, membuat kita dikenal oleh orang lain walaupun tinggal di tempat yang berjauhan, dan manfaat lebih lanjutnya adalah memperoleh penghasilan dari penjualan buku.

Kelebihan Buku:

Buku ini disajikan dengan alur yang menarik untuk dibaca dan bahasanya tidak berbelit-belit. Cerita untuk tiap poin dibuat sederhana namun enak dibaca. Selain itu isi dari buku yang menceritakan tips-tips dan pengalaman Omjay dalam menulis sangat mampu menggambarkan apa yang sedang ditulis oleh Omjay, juga memotivasi pembaca untuk mampu menulis dan mampu meyakinkan pembaca bahwa menulis benar-benar kegiatan yang menyenangkan dan tidaklah sulit. Jika kegiatan membaca adalah kegiatan yang mengundang kantuk, maka tidak berlaku ketika kita membaca buku ini.

Kekurangan Buku

Walaupun buku ini adalah buku yang sangat menarik namun tidak luput dari beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan dari buku ini adalah gambarnya yang kurang hidup. Mungkin akan lebih menarik jika gambar yang disajikan lebih banyak, atau penambahan gambar animasi juga mungkin akan sedikit menambah buku lebih menarik.

Komentar ditutup.