Resume Kuliah Pertemuan ke-2 Grup WA Belajar Menulis 5

Resume Kuliah Pertemuan ke-2 Grup WA Belajar Menulis 5

Rahayu Widayanti

SMP N 1 Nguntoronadi, Wonogiri, Jawa Tengah

Menulis hendaknya dijadikan kebiasaan. Semua orang bisa menulis, hanya saja banyak yang kurang berlatih menulis. Kita harus bisa menjadikan kegiatan menulis sebagai budaya kita, dengan cara setiap hari berlatih menulis.

            Sebagai seorang guru, alangkah baiknya bila dapat menulis buku. Kita tidak hanya berbagi ilmu melalui tatap muka langsung dengan siswa, namun kita dapat membagi ilmu kita lebih luas kepada masyarakat melalui buku. Buku yang berkualitas, bukanlah buku yang ditulis dalam waktu singkat, melainkan buku yang sedikit demi sedikit namun kontinyu dilakukan hingga menjadi sebuah buku yang bermutu.

            Untuk penulis pemula, terkadang mengalami kesulitan dalam membuat sebuah tulisan. Sebagai latihan awal, dapat mencoba menulis dengan 3 alinea. Yaitu alinea 1 pembukaan, alinea 2 isi, dan alinea 3 penutup.

            Alinea pertama yaitu pembukaan sebaiknya diisi dengan menyapa pembaca. Berfungsi sebagai awalan untuk masuk ke isi cerita. Pembukaan sangat penting karena menentukan penilaian pembaca, apakah akan melanjutkan membaca atau tidak.

            Alinea kedua adalah isi. Kita bisa menyampaikan gagasan kita untuk menuliskan bacaan yang bermutu, kita haruslah banyak membaca. Tidak ada penulis handal yang tidak banyak membaca. Biasanya, tulisan yang dihasilkan dari orang yang kurang membaca akan terasa hambar dan kurang mendalam maknanya.

            Alinea ketiga adalah penutup. Berupa kalimat untuk mengakhiri tulisan. Sebaiknya memilih kata-kata yang dapat menimbulkan suatu kesan kepada pembaca. Bahasa penutup yang baik akan membuat orang semakin terkesan dengan apa yang dituliskan.

Berikut ini adalah contoh membuat tulisan singkat 3 alinea:

  1. Alinea pembuka

Selamat pagi semuanya. Pagi yang cerah, Rabu, 4 oktober2017. Mari memulai hari dengan semangat, bersiap mengajar 7 jam pelajaran, menembus jalan berliku menuju sekolah kebanggaanku. Sekolah yang mempersiapkan pemeimpin masa depan.

  1. Alinea isi

Sungguh tak disangka, kejutan manis menyapaku tak terduga. Aku membaca pengumuman dari Kesharlindung Kemdikbud, dan menemukan namaku ada diantara 200 calon peserta diseminasi literasi yang akan digelar di Jakarta minggu depan. Hal yang lebih surprise lagi, namaku berada di kelas yang sama dengan penulis senior motivatorku, Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. Semoga di Jakarta nanti aku bisa langsung berguru kepada beliau.

  1. Alinea Penutup

Sungguh, sebenarnya aku nervous mengingat diri ini belum punya pengalaman menulis sebelumnya. Tetapi Bismillah,  aku niatkan untuk belajar kepada Om Jay, dan peserta lainnya yang sudah sangat berpengalaman dalam kepenulisan. Semoga aku bias mengikuti jejak mereka. Aamiin.

 

Komentar ditutup.