Kesempatan yang Tertunda

KESEMPATAN  YANG TERTUNDA

Ditulis : Oleh Suwanti  SMA 114 Jakarta

Tugas ke II yang diberikan oleh Omjay  dalam belajar menulis gelombang 5 ini adalah  membuat resume  dasar-dasar dalam  menulis. Dari materi yang telah diberikan   dapat dipahami bahwa dalam proses  menulis  itu butuh waktu  dan kesempatan. Juga   tidak hanya bisa menulis atau  menulisnya asal-asalan Tetapi  harus dibarengi  dengan  niat dari hati setiap penulis. Namun, harus  juga  mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditetapkan  yaitu ada pendahuluan, ada kegiatan inti dan ada penutupnya.

Di sinilah wadahnya  kita dapat  belajar untuk berlatih menulis beserta seluk beluk  permasalahan yang dihadapi dan harus dipecahkan. Seorang penulis apalagi penulis pemula  akan merasakan semua persoalan dapat  dipecahkan. Dimana konsekwensinya ada kemauan untuk belajar dan memulai untuk mencoba.

Setiap orang punya  tingkat kemampuan yang  berbeda-beda  terhadap  pemahaman  suatu materi atau masalah .

Salah satu tugasnya  sebagai   seorang penulis adalah harus mampu  menggerakkan  hati seorang pembaca. Seorang  penulis  membutuhkan kemampuan menulis  dalam proses pembelajaran. Dalam  hal ini menulis yang baik dan bermanfaat bagi  masyarakat umum  atau pembaca. Sehingga pembaca yang membaca akan tahu maksud  dan tujuan dari  kata dan  kalimat yang dibacanya tersebut.

Contohnya dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.  Proses belajar mengajar   merupakan hal yang harus dilakukan  oleh setiap  guru baik itu dilakukan di kelas maupun dilakukan di luar kelas.

Tugas membuat perangkat  pembelajaran, melaksanakan ulangan harian, melakukan remedial, pengayaan  dan masih banyak lagi tugas-tugas yang lain yang mendukung proses pembelajaran.   RPP adalah merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   merupakan  pegangan seorang guru  dalam mengajar di kelas.

Dengan desain yang baik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran akan membuat pembelajaran itu lebih menarik mengena  sasaran  dalam hal ini  peserta didik. Dalam penyusunan RPP tidak  lepas dari  pedoman yang  telah ditetapkan oleh Dinas pendidikan.

Demikian juga setiap langkah-langkah pembelajaran  yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup perlu dilakukan oleh seorang guru. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah materi yang harus dilampirkan dalam rencana  pembelajaran.  Dalam penulisan materipun kita juga harus bisa membuat materi yang kita tuliskan bisa dipahami oleh peserta didik.

Demikianlah kegiatan yang bisa saya uraian dalam materi yang telah disampaikan, dengan harapan dengan kita mengetahui rambu-rambu  yang telah ditetapkan  kita  bisa menulis baik itu buku fiksi maupun non fiksi lebih baik lagi. Kesempatan yang tertunda untuk belajar menulis semoga dapat terwujud melalui belajar menulis bersama omjay.

Komentar ditutup.