Omjay Writing Camp 3

OM JAY WRITING CAMP 3

(27 September 2017)

Oleh : Enok Yanti, M.Pd

Menurut Om Jay dalam Deni Damayanti hal 63-94 buku “menjadi Guru yang Mampu menulis dan Menerbitkan Buku, ada 6 (enam) penghambat kegiatan tulis menulis, yaitu :

  1. Malas;
  2. Tidak tahu manfaat menulis;
  3. Tidak ada semangat belajar;
  4. Merasa tidak punya waktu;
  5. Buta bahasa tulis;
  6. Merasa tidak punya ide.

Dalam pertemuan ketiga Om Jay (sapaan akrab Pa Wijaya Kusumah), menyarankan untuk menjadi penulis diary online dalam Blog. Karena berdasarkan pengalaman Om Jay, beliau bisa menerbitkan sampai 10 judul buku berdasarkan diary on line Blog. Kalau ada tujuan menulis, penulis pasti akan menulis meski keadaan mepet.

Jadi, kalau ada di antara kita yang berkata belum punya waktu untuk menulis bisa dipastikan bahwa kita belum mempunyai tujuan untuk menulis. Bila kita merasa tidak punya waktu, maka cara mudah untuk mengatur waktu yaitu dengan cara : 1). Buang jam karet; 2). Gunakan waktu seefektif mungkin; 3). Manfaatkan waktu efektif.

Menurut buku yang dibaca Om Jay, manfaat menulis yaitu :

  1. Kepuasan bathin;
  2. Dapat penghasilan tambahan;
  3. Popularitas;
  4. Lebih memahami pengetahuan;
  5. Membangun kecerdasan Bangsa.

Lebih lanjut diungkapkan oleh Om Jay bahwa jika kita kehilangan semangat untuk belajar menulis maka yang harus dilakukan adalah :

  1. Menciptakan masa depan;
  2. Ciptakan sensasi;
  3. Mulailah dengan rasa senang;
  4. Kembangkan tujuan;
  5. Ingat kematian;
  6. Tinggalkan teman yang tidak perlu;
  7. Hampiri bayangan kecemasan;
  8. Berlatih dengan keras.

Intinya, jika kita buta menulis maka teruslah untuk berlatih menulis. Pelajari tentang tata cara menulis dan perhatikan tentang tanda baca, cara menulis, dan pelajari cara orang lain menulis. Bukan berarti kita harus menjiplak karya orang lain dengan cara copas tetapi setelah kita membaca tulisan orang lain maka diharapkan kita mempunyai gaya sendiri dalam menulis untuk memperlihatkan jati diri kita.

 

Komentar ditutup.