Omjay Writing Camp 4

OM JAY WRITING CAMP 4

(29 September 2017)

RESENSI BUKU

 “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi”

Oleh : Enok Yanti, M.Pd

SMPN 4 Maja – Kabupaten Majalengka

 

Judul Buku                  : Menulislah setiap Hati dan Buktikan Apa yang Terjadi

Penulis                         : Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd.

Penerbit                       : PT Indeks, Jakarta

Tahun terbit                 : 2012

Jenis Buku                   : Non Fiksi

Jumlah Halaman          : 290 Halaman

Harga                          : –

Jika diamati, isi buku Om Jay (sapaan akrab Wijaya Kusumah) merupakan ungkapan perasaan dan pikiran yang dituliskan secara lugas dengan bahasanya sendiri dan terlihat tulisan begitu renyah tentang tips dan trik bagaimana caranya menjadi seorang penulis. Buku ini terdiri atas 72 artikel di dalamnya dengan isi masing-masing artikel penuh kalimat motivasi untuk semua pembaca untuk menjadi penulis.

Menurut Om Jay, menulis dan membaca merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada penulis yang tidak rajin membaca karena menulis merupakan sebuah proses dari mulai munculnya ide di dalam otak kemudian dimunculkan dalam bentuk tulisan. Ketika menulis ide jangan takut salah, teruslah menulis. Artinya, jika kita cermati tulisan beliau, jelaslah bahwa kalau kita berniat akan menuliskan ide kita ke dalam tulisan, jauhkan rasa takut salah tapi terus lah menulis. Teruslah menulis jangan sampai ditulis satu kalimat langsung diedit, kemudian dihapus sehingga tidak akan terkumpul sebuah tulisan karena terlalu banyak diedit karena banyak takut dan salah. Tetapi teruslah menulis sampai terkumpull tulisan, baru kemudian diedit smbil dibaca ulang kembali, sehingga akhirnya akan menghasilkan tulisan bermutu.

Ketika membaca buku Om Jay ini, saya sangat terpikat dengan judul artikel “The Power of Book: Baca Buku Buka Dunia”, tapi bukan berarti judul artikel yang lain tidak menarik melainkan dari semua judul artikel yang sangat menarik, judul artikel yang ke-dua lah yang langsung mengundang rasa kepenasaran saya sebagai pembaca. Selama ini sering mendengan slogan “Buku adalah Jendela Dunia”, ternyata betul ya ungkapan tentang “Baca Buku Buka Dunia”. Ketika kita membaca buku maka sama dengan kita membuka dunia meski kita tanpa berkunjung ke dunia tersebut. Dalam artikel “The Power of Book” tersebut membahas mengenai penglaman setiap pembaca buku yang betul memang terjadi dalam kehidupan nyata. Bahwa tidak sedikit ketika sedang membca buku rasa kantuk menyerang dan langsung tertidur pulas sehingga pesan dan makna isi buku tidak dapat terekam dengan baik. Om Jay memberikan tips supaya membaca buku tidak langsung mengantuk yaitu dengan cara ketika membaca buku  jadikanlah kegiatan membaca buku tersebut sebagai sarana melihat dunia lain, dan fokus terhadap isi bacaan.

Kelebihan buku Om Jay yang berjudul Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi yaitu semua Judul Artikel yang terdapat dalam buku menarik ditulis dengan bahasa yang lugas sehingga kalimat demi kalimat terasa renyah dan mudah dipahami. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada Om Jay, alangkah lebih baik jika Buku ini menggunakan lay out cover dengan menggunakan gambar yang berwarna supaya lebih menarik pembaca untuk melirik buku ini sebagai bahan bacaan.

Komentar ditutup.