Resume Pelatihan Menulis

RESUME PELATIHAN MENULIS KE 2

Oleh: Agus Sukamto

Pada kuliah kedua, Om Jay membuka kuliah di wa dengan mengucapkan salam. Tak lupa Om Jay menyapa para peserta kuliah dan memberitahu bahwa temanya dasar dasar menulis. Om Jay juga menjelaskan kalau kuliah akan dilakukan dengan 8 kali pertemuan dengan 8 kali tugas dan peserta juga akan mendapatkan sertifikat 32 jam dari sponsor wijayalabs.com.

Saat Om Jay memulai menjelaskan materi di wa, beliau minta tidak ada yang berkomentar dahulu sampai materi selesai. Omjay memulai penjelasan materi dengan pernyataan bahwa semua orang bisa menulis. Hanya saja banyak yang kurang berlatih menulis. Kalau saja sering berlatih menulis, maka kebiasaan menulis akan menjadi budaya kita.

Kemudian Om Jay mengajak peserta untuk mencoba belajar menulis 3 alenia yang terdiri dari pembukaan, Isi dan penutup. Tidak lupa Om Jay memberi sebuah contoh tulisan. Dia menjelaskan lagi mudahnya menulis seakan berbicara dengan orang lain. Kemudian Om Jay mempersilahkan peserta membuat tulisan 3 alenia dengan tema bebas di group WA.

Setelah Om Jay mempersilahkan peserta menulis di WA. Tak menunggu lama para peserta mengeluarkan kemampuannya. Para peserta kuliah Om Jay langsung menulis 3 allenia di WA, segera juga Om Jay memberi apresiasi dan semangat pada para peserta sesuai tulisan masing-masing peserta.

Om Jay juga membuka kesempatan bertanya bagi peserta yang mau bertanya. Dan kesempatan itu, tidak disia-siakan peserta termasuk penulis. Penulis bertanya tentang perbedaan pendahuluan, isi dan penutup. Teman peserta juga bertanya tentang penyebab tidak dapat menyatunya hubungan kalimat yang satu dan yang lain sehingga tidak mengandung makna saat membuat kalimat. Dia juga bertanya apakah setiap membuat paragraf juga harus menuliskan pesannya.

Lalu Om Jay menjawab. Kurang menyatunya hubungan kalimat disebabkan komunikasi yang kurang efektif dimana kita kurang membaca. Selain itu harus berlatih terus agar antar kalimat dan paragraf saling terkait.

Tentang menuliskan pesan dalam kalimat, Om Jay menjelaskan bahwa menulis pada dasarnya menyampaikan pesan. Jadikan dalam menulis itu kita usahakan pesannya sampai ke pembaca.

Sedangkan pertanyaan penulis di jawab Om Jay bahwa alinea pembuka itu alenia yang membuat pembaca mengambil keputusan untuk melanjutkan alenia berikutnya. Caranya dengan menyapa pembaca. Ada juga dari peserta yang menambahkan bahwa alenia pembuka itu untuk memulai dalam menuliskan kerangka dan keputusan untuk disampaikan. Isi berisikan tahapan yang tersusun secara sistematis untk menyampaikan pesan yang akan disampaikan. Penutup berisi kalimat untuk menutup pesan yang akan disampaikan. Om Jay pun sepakat dengan tambahan itu. Setelah mengetahui maksud latihan 2 maka penulis segera menulis 3 alinea dan penulis kirim ke wa berbentuk pdf tepat pukul 21.49 WIB.

Terakhir Om Jay mengingatkan lagi siapa yang belum menulis 3 alenia dan jika tidak ada lagi yang mau mengirim 3 alenia maka peserta di haruskan menulis tugas 2 dengan membuat resume dan dikirim ke wijayalabs@gmail.com. Dan inilah resume yang penulis buat sebagai tugas dua itu.

 

Komentar ditutup.