Budaya Menulis

Resume Pertemuan 2

Oleh: Arlin Muhardika

Budaya Menulis

            Budaya adalah kegiatan yang di lakukan seseorang atau sekelompok orang berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan ini di lakukan sejak lama dan dalam waktu yang panjang. Kebiasaan ini telah menjadi kebutuhan dan keharusan dalam kehidupan seseorang atau sekelompok orang hingga ia tidak tahu lagi mengapa ia melakukan ini dan apa alasan yang mengharuskan merekan melakukannya.

Seperti halnya Budaya Menulis. Seseorang suka dan termotivasi menulis. Ia menulis telah sejak lama dan menulis menjadi kebutuhanya. Ia telah menulis dalam waktu yang panjang. Sehingga jika ia tidak menulis satu hari saja, ia akan merasa kekurangan. Kebiasaan yang telah menahun dan selalu di lakukan pada setiap kesempatan dan dengan tema apa saja, hal inilah yang dikatakan Budaya menulis.

            Budaya menulis tidak terlalu sulit karena menulis itu menyenangkan. Seseorang yang ingin menulis, hanya  harus melakukan 1 hal yang mudah yaitu Latihan. Sempatkan dan lakukan latihan menulis pada setiap kesempatan dan tentang apa saja. Dimulai dari latihan yang mudah hingga ke latihan yang sulit. Latihan ini disebut dengan program pembiasaan. Pembiasan-pembiasan inilah yang akan menjadikan menulis sebuah kebutuhan yang akhirnya membudaya.

            Untuk pemula, sebaiknya menulis tidak terlalu memikirkan unsur-unsur  dan teknik-teknik penulisan. Salah satu cara  lain yang mudah untuk menulis dan tidak takut menulis atau malas menulis yaitu, menulislah seperti berbicara kepada orang lain. Apa yang ingin disampaikan, tulis saja!. Seperti berbicara, tulislah apa yang ingin dikatakan, apa yang dingin di curahkan, apa yang ingin di sampaikan, tentang apa saja. Mengenai unsur penulisan, teknik penulisan, jenis tulisan, bahkan tanda baca dalam sebuah tulisan, dapat di lakukan dan di pikirkan nanti. Hal ini dikarenakan, seiring dengan waktu, masalah diatas akan terselesaikan dengan sendirinya.

            Sebagai pemula, mulailah  menulis dengan menetapkan draf awal: 3 alinea. Bagian dalam sebuah tulisan ada tiga yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Pada alinea pembukaan penulis menceritakan apa yang ingin di  ceritakan dan sebaiknya mengajak pembaca untuk melanjutkan bacaannya pada alinea berikutnya. Pada alinia isi, penulis menceritakan tentang isi dari tema yang diangkatnya. Pada alinea terakhir, penulis dapat menuliskan saran, kesimpulan  dan harapan.

Komentar ditutup.