Keinginanku yang Kuat

KEINGINANKU YANG KUAT.

Tugas 2. Belajar menulis bersama omjay gelombang 5.

Oleh: Riza Fitriyah, S.Pd

rizafitriah@gmail.com

Bissmillahirrohmanirrahim,

Tak lupa selalu kusebut nama Allah SWT, sang pencipta alam semesta yang selalu memberi kita kesempatan untuk berusaha menjadi yang lebih baik. Aamien. Pada kesempatan kali ini saya akan berusaha membuat tugas 2 dari “belajar menulis bersama omjay gelombang 5” yaitu meresume materi tentang dasar-dasar menulis. Pada pertemuan kedua tepatnya pada tanggal 4 oktober sekitar pukul 19.00 WIB yang dilakukan secara online di wa group omjay memulai kuliah dengan mengawali mari mencoba menulis dengan 3 alinea saja, yaitu alinea pembuka, alinea isi dan alinea penutup.

Alinea Pembuka; Berisi kalimat sapaan, salam kenal dan diusahakan pada alinea pembuka kalimat yang digunakan adalah yang menarik pembaca, sehingga pembaca akan ingin tahu dan penasaran untuk melanjutkan membaca hingga pada bagian penutup, dan juga merupakan topik atau tema yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Seperti contoh: Apa yang terlintas di benak anda tentang Kota Gresik? Waliyullah Sunan Giri, makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, ataukah kuliner khas Kota Gresik, Pudak?.

Atau bisa berupa sapaan: Selamat malam semua alhamdulillah kita masih di beri kesehatan dan kesempatan untuk dapat melanjutkan belajar menulis bersama omjay.

Alinea Isi; Berisi inti dari topik yang akan diuraikan secara sistematis, komunikatif dan tepat sasaran atau tidak bertele-tele sehingga membuat pembaca jenuh.

Seperti: Banyak yang kita jumpai apabila kita berkunjung ke Kota Gresik, baik itu tempat wisata religiusnya maupun kulinernya yang sangat khas yaitu PUDAK. Mungkin ditempat lain tidak ada makanan seperti pudak ini,walaupun ada mungkin rasanya tak selezat buatan Kota Gresik. Makanan ini terbuat tepung beras, santan, dan gula merah/gula jawa yang dibungkus menggunakan pelapah daun pinang atau “ope”. Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Makanan khas ini sering juga dibuat oleh-oleh khusus dari Kota Gresik.

Selanjutnya alinea kitiga yaitu penutup; Berisi penutupan, ucapan terima kasih serta harapan-harapan dengan tujuan apa yang sudah ditulis dapat berkenan di hati para pembaca.

Seperti: Sekian pemeparan yang luas dari saya tentang Kota Gresik, terutama tentang makanan kuliner pudak. Mudah-mudahan kita masih bisa menjaga peninggalan-peninggalan leluhur kita dan bisa melestarikan kuliner di Kota Gresik.

Setelah pemaparan mari menulis dengan 3 alinea saja maka selanjtnya omjay menyuruh kepada para peserta untuk secara langsung menulis 3 alinea melalui wa dengan tema bebas dan contoh alinea diatas adalah buatan saya sendiri. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan.

Dengan mengikuti pelatihan belajar menulis bersama omjay ini, maka saya menjadi senang untuk menuangkan ide dan pikiran saya untuk ditulis. Karena seorang manusia adalah tempatnya salah dan lupa, maka apabila kita ingat sesuatu dan tidak segera kita tulis maka kita akan lupa. Karena terlalu banyak kegiatan yang kita lakukan setiap hari terutama bagi seorang ibu seperti saya.

Itulah pemaparan resume saya tentang dasar-dasar menulis bersama omjay pada pertemuan 2. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang membaca. Terima kasih omjay sudah berbagi ilmu, sungguh saya mendapat kesempatan yang luar biasa. Dengan ini saya bisa terbiasa untuk menulis walaupun awalnya harus dipaksakan dan mudah-mudahan menjadi terbiasa. Seperti halnya beribadah maka harus dipaksa maka jadi terbiasa dan akhirnya menjadi menyenangkan. Aamien.

Alhamdulillahirabbilaalamien.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s