Menulis itu Gampang!

Menulis Itu Gampang?

Oleh : Herty Darmalina

 

                Menulis bukan suatu kegiatan yang sulit dilakukan.  Tetapi ada banyak orang yang tidak mau melakukannya. Karena mengapa? Ada banyak alasan mengapa akhirnya kita tidak mau menulis. Tidak punya waktu, tidak punya ide, tidak tahu memulai menulis dari mana, kurang bahan, malas, tidak merasa ada manfaat, dan masih banyak alasan lainnya. Akan tetapi, apapun alasannya, segala sesuatu yang akan dilakukan jika sudah dibarengi alasan-alasan yang tidak mendukung kegiatan maka sesuatu itu akan sulit dilakukan.

                Saya mendapat materi kedua dari Om Jay dalam Belajar Menulis Gelombang 5. Kali ini tema yang diberikan adalah Dasar-dasar Menulis. Sebenarnya semua orang bisa menulis. hanya saja banyak yang kurang berlatih menulis. kalau saja kita sering berlatih menulis maka kebiasaan menulis akan menjadi budaya kita. Singkat, padat, dan jelas. Itulah materi yang disampaikan oleh Om Jay. Tidak banyak teori, langsung diberi praktik menulis.

Dasar-dasar menulis yang saya dapat dari materi kedua ini adalah :

  1. Tema tulisan

Tema harus dibuat terlebih dahulu. Sebelum membuat 3 alinea, maka yang pertama muncul adalah apa yang akan dituliskan. Itulah tema. Tema tulisan berkaitan dengan topik atau pokok pembicaraan dan tujuan yang ingin dicapai. Sifat tema itu harus memiliki ciri kejelasan, kesatuan, perkembangan, dan keaslian. Kejelasan merupakan hal yang esensial dalam sebuah tulisan. Kesatuan merupakan landasan seluruh tulisan. Perkembangan berkaitan dengan pengembangan paragraph. Keaslian dapat diukur dari pokok persoalan, sudut paandang, pendekatan, rangkaian kalimat, pilihan kata, dll. Judul harus relevan, provokatif, dan singkat.

  1. Kerangka tulisan

Kerangka tulisan sangat penting dipersiapkan terlebih dahulu. Kerangka tulisan merupakan suau rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu tulisan yang lengkap. Kerangka tulisan dapat membantu penulis untuk menyusun tulisan secara teratur, memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda, menghindari pengulangan pembahasan topic yang sama, dan memudahkan penulis untuk mencari mateeeri penunjang.

  1. Kaidah Kebahasaan

Kaidah kebahasaan adalah unsur yang sangat penting diketahui dalam menulis. kaidah kebahasaan yang dimaksud bisa dalam kesatuan ide, koherensi, kesejajaraan, kehematan, dan kelogisan. Kesatuan ide maksudnya kaliamat itu minimal terdiri dari subjek dan predikat, koherensi menyangkut penggunaan konjungsi dna kata tugas yang tepat, kehematan maksudnya kalimat tidka bertele-tele atau berlebihan. Sementara kelogisan menyangkut dapat diterima akal.

Teknik menulis diperlukan untuk menghasikan sebuah tulisan yang tidak hanya bagus, tetapi juga dimengerti sehingga pesan yang terdapat dalam tulisan dapat sampai teppat kepada pembaca. Dengan tema dasar-dasar menulis, ada ilmu yang disampaikan om jay, yaitu dalam menulis harus dibangun menjadi kebiasaan sehingga menjadi budaya hidup kita. Walau singkat tetapi yang disampaikan Om Jay sangat bermakna. Menulis akan gampang kalau dikerjakan.

Tugas yang diberikan adalah menulis 3 alinea yang terdiri dari alinea pembuka, alinea isi, dan alinea penutup. Sederhana memang. Akan tetapi, jika kita tidak memulai menulis maka hasilnya pun tidak ada. Kami diminta menulis 3 alinea tersebut di Group WA. Masing-masing antusias untuk membuat 3 alinea. Temanya pun beragam. Ada yang menceritakan kegiatannya satu hari itu,  ada mengenai pilihan hidup, rekreasi, dan tema-tema umum lainnya.

                Tiga alinea yang saya buat sederhana.

                Setiap orang membutuhkan rekreasi. Rekreasi sangat penting untuk melepas segala kepenatan selama bekerja. Kita butuh istirahat dan berhenti sejenak dari kesibukan kita sehingga terjadi keseimbangan dalam tubuh kita.

                Tempat-tempat rekreasi yang dituju bisa beragam. Ada yang ke pegunungan untuk mencari udara segar, ada yang ke pantai untuk menikmati angin sepoi-sepoi, ada yang ke tempat hiburan sekadar menikmati suasana santai, dan tempat rekreasi lainnya. Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata, baik lokal maupun mancanegara. Danau Toba menawarkan pemandangan yang indah dan menyenangkan.

                Dengan rekreasi diharapkan setiap orang mampu menyegarkan pikiran kembali dan mengembalikan semangat bekerja sehingga tidak timbul rasa kebosanan dalam bekerja. Maka aturlah waktu kita antara bekerja dan istirahat.

                Itulah tugas menulis 2 yang kami kerjakan. Semoga 8 pertemuan yang diprogramkan Om Jay dapat saya ikuti berhubung karena sibuk mempersiapkan pembekalan PLPG. Semoga saja!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s