Resensi Buku Menjadi Blogger Ternama

buku-omjay-blogger-ternama

Judul buku : Blogger ternama-Jadilah  Blogger Terkenal di Era Digiital dengan Ketrampilan Menulis-

Penulis.       : Wijaya kusumah, S.Pd, M.Pd
Jumlah halaman buku : 104 halaman
Penerbit.      : Campus Taka, 2017
Tahun terbit. : 2017
Isi buku Blogger ternama

Menjadi seorang blogger tidaklah harus menjadi seorang yang mumpuni dalam tulis menulis, tetapi seorang biasa dengan pelbagai profesi dapat menjadi blogger ternama, pada hakekatnya adalah komitmen blogger itu sendiri untuk terus menulis setiap hari dengan  gaya bahasa tulisannya sendiri.dan memiliki semangat untuk terus berbagi.
Untuk itu seorang blogger ternama jangan pernah berhenti menulis dari apa yang dilihat, dialami, didengar dan dibaca. Oleh karena itu seorang blogger, harus memiliki ketrampilan menulis yang dilandasi dari suka menulis, terutama menulis dengan hatir. Tulisan demi tulisan yang dilahirkan akan membuat seorang blogger dapat menjadi terkenal jika tulisannya dapat menarik perhatian, bernilai, bahkan mempubyai gaya dan ciri khas tersendiri, dan ini dapat membuat seorang  blogger menjadi terkenal di era digital ini. Hal tersebut dapat terjadi karena keseluruhan dalam tulisan di blognya memperhatikan content producer.

Hal yang penting bagi seorang blogger adalah :
  1. Harus sering menulis, bahkan harus menulis dengan hati sebagi  senjata seorang  blogger, dengan suka menulis agar makin terasah ketrampilan menulisnya baik dalam blog gratisan maupun dalam blog keroyokan
  2. Harus sering membaca, sebab dengarn seringnya membaca maka akan banyak hal yang diketahui, banyak informasi yang digali dan mendapatkan pemahaman lebih dalam
  3. Sering melakukan silahturahim ke  blogger atau komunitas blogger lainnya agar tulisannya tidak jadul
Syarat penting bagi seorang blogger yaitu :
1. Peka
2. Fleksibel
3. Kreativitas
4. Suka menulis
5. Popularitas
6. Religius
7. Cerdas
8. Bermartabat
9. Mandiri
10. Kompetitif
Dengan syarat tersebut maka blogger akan tahan uji dan terus berkarya, menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan pada akhirnya dapat menjadi  d seorang blogger terjenal.
Kunci suksesi dari seorang blogger yaitu :
  1. Konten, isi menjadi keseluruhan hal yang penting dari apa yang ditulis, content is the king
  2. Komitment dan konsisten
  3. Perlengkapan seorang blogger, mulai dari gadget, kamera, internet dan modelnya
  4. Bergaul dengan sesama blogger, blog walking..yang dapat menjadi sarana komunikasi yang baik, dapat saling memberi masukan akan apa yang ditulis, dan memperkaya materi
  5. Kuasai bahasa dengan baik
  6. Banyak membaca dan menulis
  7. Jangan ” copas”, harus mencantumkan bagian yang memang diambil dari penulis lain
  8. Jangan ragu belajar dengan blogger lainnya
Dalam buku blogger ternama ini juga terdapat berbagai pengalaman sukses dari beberapa penulis seperti Raditya Dika, Benazio Rizki Putra, Pipit Senja dan lain-lain.  Disini juga penulis mengisahkan kesuksesannya dalam ngeblog, membuat tulisan yang akhirnya menjadi buku, bahkan dari karya- karya tersebut dapat menghasilkan uang yang tidak sedikt jumlahnya.
Terakhir seorang blogger hdiingatkan harus memiliki blog sendiri dan rajin mengelolanya, selain juga menulis pada blog keroyokan. Dengan semakin sering ngeblog maka akan terlihat kekuatan ajaib tulisan yang akan membimbing ke arah mana tulisan tersebut dan pada akhirnya akan membentuk karakter seorang penulis, melalui tulisannya tetsebut.
Seorang blogger juga perlu mengetahui tentang ‘SEO, agar tulisannya dapat berada di halaman pertama pada mesin  pencari google,  sehingga makin memudahkan orang mengakses data, yang akhirnya dapat berdampak positif bagi tujuan website tersebut, atau bagi seorang blogger, akan semakin banyak dibaca  d oleh pembaca.
Keunggulan buku digital Blogger ternama adalah buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti pembacanya, ringan dan berisi berbagai pengalaman dari si penulis dan beberapa penulis lainnya yang telah lebih dulu sukses,  yang dapat memotivasi penulis awal untuk semangat membuat tulisan.dan terus berkarya., dan menjadi seorang blogger. Dari gaya bahasa tersebut membuat tbuku tersebut mudah dipahami, sehingga pemahaman yang ingin disampaikan penulis dapat tersampaikan dengan baik
Selain itu juga terdapat gmbr- gambar, yang menjadikan buku ini tidak monoton tetapi enak dibaca.
Kelemahan buku digital Blogger ternama ini adalah banyaknya halaman yang harus dibaca, yang kadang bagi penulis awam bisa langsung merasa beban kalau melihat jumlah halaman buku tersebut.

Nilai yang terkandung dalam buku Blogger Ternama adalah buku ini memberi panduan bagi penulis pemula atau blogger pemula untuk mulai menulis di blog yang telah tersedia. Kemudian, ada nilai positif lainnya yaitu semangat mengajak tanpa menggurui dari penulis untuk makin rajin menulis dari pengalaman pribadi yang disampaikan. Dan yang terakhir, nilai dari semangat berbagi untuk semua, baik secara pengetahuan maupun secara sosialisasi dalam dunia Maya

Demikian resensi yang saya buat omjay. Semoga ada masukkan dari om agar dapat membuat saya makin lebih dimampukan dan dan memperkaya ketrampilan menulis saya omjay. Terima kasih om Jay.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s