Resensi Buku Blogger Ternama

Resensi Buku

buku-omjay-blogger-ternama 

Tugas 4

Judul buku      :  Blogger Ternama “Hati Senjata Seorang Blogger”

Penulis             :  Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd

Penerbit           :  Campus Taka

Tahun Terbit    :  2017

Tebal               :  104 Halaman

Kategori          :  Sosial

 

 

            Kemampuan dasar seorang blogger itu hanyalah menulis, dengan banyak menulis itulah seorang blogger menjadi terkenal. Banyak orang mengalami penafsiran yang salah dan menganggap blogger itu punya kemampuan teknis di atas rata-rata. Padahal tidak semua blogger memiliki kemampuan di atas rata-rata, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dengan kata lain, seorang blogger adalah manusia biasa, dengan kemampuan rata-rata. Semua orang bisa melakukannya dengan suka menulis. Menulis apa yang disukai dan apa yang dikuasainya dengan baik. Menulis bisa jadi layaknya orang berbicara secara langsung.

            Hal yang penting dari seorang blogger adalah harus sering menulis, bahkan harus menulis dengan hati sebagai senjata seorang blogger. Dengan suka menulis akan semakin terasa kemampuan menulisnya baik dalam blog gratisan maupun dalam blog keroyokan. Seorang blogger harus sering membaca, sebab dengan seringnya membaca maka akan ada banyak hal yang diketahui, banyak informasi yang digali dan mendapatkan pemahaman lebih dalam. Sering melakukan silaturahim ke blogger lainnya atau komunitas blogger lainnya agar tulisannya tidak jadul.

Bila ingin menjadi blogger terkenal di era global, kabarkan kepada dunia melalui postingan-postingan kamu bahwa manusia Indonesia adalah manusia super yang tidak kalah jago dengan superman atau Batman. Kita punya Gatot kaca yang berotot kawat bertulang besi, dan brahma kumbara satria gagah perkasa yang memiliki ajian serat jiwa. Juga kita punya Mak Lampir si penyihir jahat yang menghebohkan itu.

Buku ini juga memceritakan beberapa pengalaman sukses dari beberapa penulis-penulis kenamaan seperti Raditya Dika dengan julukan si kambing jantan, Chappy Hakim dengan judul “cat rambut orang yahudi”, Prayitno Ramelan “inteligen Bertawaf”, Wicaksono sang pembawa acara televisi dengan tulisan “content is the king”,  Pepih Nugraha seorang jurnalis kompas sekaligus admin kompasiana, the next Raditya Dika yaitu Benazio Rizki Putra karena blognya lucu habis maka banyak dikunjungi orang hingga mencapai 2000-an orang dalam sehari. dan juga tak kalah menariknya tulisan bapak wakil presiden kita yaitu Bapak Jusuf Kalla.

Akhirnya seorang blogger harus membiasakan membaca dan menulis, karena membaca dan menulis adalah dua sisi kepingan uang logam yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu makanan penting bagi seorang blogger agar mampu menulis adalah membaca dan mampu menggali informasi-nya sendiri yang unik. Tanpa membaca, seorang blogger mustahil mampu menulis di blog yang sudah dibuatnya. Membaca bukan hanya sekedar dari buku, membaca bisa diperoleh dari mana saja. Bisa dari dunia nyata, bisa dari dunia  maya atau internet, dan bisa juga dari dunia mimpi yang menjadikan tulisan menjadi cerita fiksi yang menarik, inspiratif, dan kreatif.

Buku ini sangat menginspirasi seseorang yang ingin  eksis di dunia blogger. Misalnya, seperti saya yang punya blog tetapi tidak mampu mengelolanya, sehingga password-nyapun sudah lupa dan tidak bisa mengakses blogger-nya sendiri.

Dengan membaca buku ini saya senang sekali bisa belajar dari awal lagi untuk membuat blog dan bagaimana cara mengelola blogger dengan baik sehingga blogger kita banyak diminati pembaca.

Ada beberapa kesalahan yang pembaca dapatkan dalam penulisan buku ini, hal ini lumrah terjadi. Misalnya pada halaman 5 pengetikan keilmuan di tulis kelimuan, dan pada halaman 19 penulisan nama tokoh RadityaDika harusnya Raditya Dika.

Terlepas dari beberapa kesalahan dalam pengetikan tersebut, saya sangat antusias membacanya dikarenakan keinginan kuat menjadi seorang blogger yang dapat memanaj blog nya dengan baik dan benar, serta diminati pembaca dan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan, Amin .. Insya Allah …

Trimakasih …

 

 

 

 

Oleh Fathonah

 

One response to “Resensi Buku Blogger Ternama

  1. Kerennn…. Tulisan yang indah dan mengalir. Sehingga enak dibaca. Selamat..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s