Mohon Kembalikan Mata Pelajaran TIK Pak Jokowi

tik-buku-kembali
Teknologi tidak hanya berkutat dalam lingkaran penggunaannya saja, tapi teknologi juga dibuat dari hasil pemikiran. Oleh karena itu bagaimana nasib anak-anak Indonesia di tahun-tahun mendatang jika hanya jadi pengguna saja tanpa pernah belajar cara membuatnya.
 
TIK tetap perlu dikenalkan dalam era teknologi seperti ini sebagai mata pelajaran, dan tidak hanya terintegrasi ke semua mata pelajaran. Sebab ilmu TIK itu perlu diperkenalkan sejak dini seperti apa yang disampaikan pak jokowi di rembuknas bidang pendidikan.

 
Era pembelajaran abad 21 sangat penting mengajarkan kpd anak didik bagaimana menggunakan perangkat TIK dengan benar. Dengan moral yang baik bisa dibangun melalui pembelajaran TIK.
 
Tik wajib jadi mata pelajaran kalau Indonesia mau hebat, tinggal para pakar tik menyesuaikan materinya, dan lebih diarahkan untuk kebutuhan pasar kerja untuk sma, program sederhana, grafis, edit film untuk yang smp, sedang sd literasi tik dasar.
 
Di era globalisasi jangan biarkan para siswa buta dengan pelajaran TIK. Mereka jangan hanya bisa bermain saja tapi harus bisa mengoperasikan yang lain juga, dan bisa membuat aplikasi sederhana.
 
Teknologi tidak hanya berkutat dalam lingkaran penggunaannya saja, tapi teknologi juga dibuat dari hasil pemikiran. Oleh karena itu bagaimana nasib anak-anak Indonesia di tahun-tahun mendatang jika hanya jadi pengguna saja tanpa pernah belajar cara membuatnya.
 
Sedih ya kalau gak ada TIK di sekolah, kembali lagi ke masa lalu tanpa TIK. Apapun bentuk pekerjaannya menuntut kita harus bisa IT, jadi TIK adalah mata pelajaran penting pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
 
Perkembangan teknologi tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari, oleh karena itu pentingnya TIK untuk dikembalikan ke dalam kurikulum pendidikan. Mata pelajarannya harus ada lagi dan bukan diganti sama mata pelajaran prakarya yang isinya gado-gado. Tidak mungkin guru dan siswa menguasai 4 aspek sekaligus. Budidaya, rekayasa, kerajinan, dan pengolahan sebaiknya terintegrasi ke matpel ipa dan seni budaya.
 
Wahai pak Jokowi, anak-anak didik saya di SMA sangat membutuhkan pelajaran TIK, karena tidak semua mempunyai komputer di rumah, mereka sering kesulitan dalam menggunakan suatu aplikasi, baik office, multimedia maupun yang lainnya. Anak-anak aktif di medsos dan mahir menggunakan gadget, tidak menunjukkan mereka terampil dalam menggunakan teknologi yang sebenarnya, yaitu komputer.
 
Bukan hanya soal ego tetapi TIK tentang nasib anak bangsa…
Dulu zaman revolusi industri, sekarag revolusi digital. Kembalikan TIK ke sekolah. Kembalikan tik ke kelas kelas anak kita. Teknologi tidak bisa dipisahkan dgn perkembangan jaman..apalagi kids jaman now. Karenanya anak perlu dikenalkan TIK yang ‘benar’ sedini mungkin. Save TIK demi anak bangsa.
 
Mohon kabulkan permohonan kami presiden jokowi yang baik hati. Save tik harga mati.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s