Resensi Buku Blogger Ternama

TUGAS KE 4

RESENSI BLOGGER TERNAMA

OLEH AMALIAH,S.S.

JUDUL BUKU      : ”BLOGGER TERNAMA” (Jadilah Blogger Terkenal di Era Digital dengan Keterampilan Menulis)

PENULIS               : WIJAYA KUSUMAH, M.Pd

TAHUN TERBIT  : 2017

 

Sepintas melihat cover dari buku Blogger Ternama karya Om Wijaya Kusumah, M.Pd alias Om Jay ini, langsung terpikat hati saya.  Ini buku yang sangat langka. ‘Ternak’ blog sudah saya lakukan, namun belum saja ternama  hingga sekarang.

Kata ‘ternak’ ini menjadi naik daun saat kami ikut dalam grup whattsap Seamolec pada pelatihan daring “Blog Sebagai Media Pembelajaran”.  Mengapa disebut ternak? Sebab beberapa peserta memiliki berbagai macam blog gratisan untuk berbagai kebutuhan.  Bila tidak menarik, maka kami membuat baru lagi.  Bila dirasa salah rancang, maka kami membuat baru lagi, hingga banyak blog yang dimiliki namun sedikit pengunjung, kecuali hanya murid-murid yang berjumlah beberapa ratus yang diminta membaca materi, melihat video pembelajaran serta mengerjakan latihan dengan proprofs.com.  Selain murid, hanya satu dua pengunjung luar.

Kembali pada buku Om Jay, saya lanjut baca daftar isi buku “Blogger Ternama”, wah luar biasa isinya, semuanya pasti bermanfaat ini, pikirku. Tapi yang paling lucu yang saya ingat, yaitu King Kong pada bab terakhir.  Walau penasaran, saya membaca urut dari bab awal hingga akhir. Nampak luas pengetahuan penulis yang telah malang melintang di dunia persilatan blog.  Yang paling mudah ditangkap adalah pentingnya ‘update’ dan ‘upgrade’ ilmu yang telah dilakukan penulis secara kontinyu, tidak sombong walau telah terkenal, ternama, selalu memperluas persaudaraan dan pertemanan sehingga dapat saling sharing berbagi dengan sesama blogger kondang.  Ini yang harus kita tiru, entah bagaimana caranya, karena saya merasa tidak punya kenalan blogger terkenal kecuali Om Jay.

Pelajaran kedua, makanan penting blogger adalah membaca, agar luas pengetahuan dan dapat menulis tanpa henti.  Kembali saya berdecak kagum, sebab banyak buku yang saya abaca, namun belum bisa kontinyu menuliskan pemikiran-pemikiran  yang timbul dari membaca tersebut.  Baik, kesimpulan pribadi, ‘disiplin’ karakter seorang blogger ternama.

Pelajaran ketiga, blogger dapat menghasilkan banyak, dengan macam-macam cara pula.  Salah satunya buka toko online di blog kita.  Ini pendidikan kewirausahaan yang dapat ditularkan pada anak didik kita.  Cara lain, buat buku dari tulisan kompilasi di blog, ini sungguh menginspirasi, sebab penulis benar-benar membuktikannya, penghasilan menulis buku, royalty, penghargaan atas buku yang menginspirasi sudah diraih semua.

Pelajaran keempat, blogger harus orisinil idenya.  Jangan jadi plagiat, sebab tidak akan laku tulisan yang sama di internet.  Selama ini kita mudah menemukan tulisan yang itu-itu saja dengan kalimat yang sama persis di internet. Namun yang berbeda itulah yang ternyata banyakk dikunjungi.

Pelajaran terakhir yaitu King Kong, ini ternyata sama dengan ilmu Seamolec, namun belum saja lihai saya kuasai, menjadi King raja dengan Kong, cara memprogram agar blog kita muncul di urutan atas saat seseorang menulis kata kunci di mesin pencari. Tetapi, membaca buku ini memberi kami pengalaman dan wawasan yang luar biasa, sanggup menginspirasi pembacanya, sebab yang dituliskan di dalam buku ini sangat realistik bukan teori semata.  Penulis membuktikan blogger adalah pekerjaan yang sangat menghasilkan dan mampu memberi manfaat bagi sesama.

buku-omjay-blogger-ternama

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s