Perlukah Mata Pelajaran TIK di Sekolah?

omjay-jaktv

Rabu, 29 Nopember 2017 pukul 19.30 WIB JakTV mengundang saya untuk mengikuti acara talkshow secara live dengan tema Penghapusan mata pelajaran TIK di kurikulum 2013. Materi ini sangat menarik bagi saya, karena sudah dari tahun 2013 kami berjuang agar TIK kembali sebagai mata pelajaran lagi.

Perjuangannya sudah cukup lama dan panjang sekali kalau diceritakan. Namun kami yakin, TIK akan kembali sebagai mata pelajaran karena TIK sangat dibutuhkan di era pembelajaran abad ke 21. Bagi kami, TIK tidak hanya terintegrasi ke semua matpel dan dikuasai oleh semua guru, tapi juga harus dikuasai oleh siswa dengan belajar TIK.

Terima kasih atas undangannya, dan berikut ini kuis jawaban kawan-kawan di WA dan facebook tentang pentingnya mata pelajaran TIK di sekolah. Rekaman videonya bisa ditonton di sini.

pamerantik

Ada beberapa alasan yang ditulis kawan-kawan KOGTIK mengapa siswa Indonesia sangat memerlukan mata pelajaran TIK di sekolah yaitu:

  1. Karena untuk menunjang sdm Indonesia, meskipun hidup di desa bisa kirim email dan bisa mengikuti perkembangan teknologi terkini.
  2. Jaman ini terus berkembang dan maju ke depan, dihapuskan pelajaran TIK adalah sebuah kemunduran….seharusnya mapel TIK dikembangkan bukan dihapus, kenapa siswa memerlukan mapel TIK ? Mapel ini akan membantu siswa menyambut era digital yg semakin berkembang, siswa akan dibantu bagaimana menggunakan IT secara bijak, mereka akan memilih mana yg harus dikonsumsi mana yg tidak perlu dikonsumsi dalam dunia IT….
  3. Bismillahirrahmanirrahim…
    Karena dengan mapel TIK anak didik di Indonesia :
    1) Tidak akan ketinggalan informasi
    2) TIK memang sangat diperlukan karena Unas pun juga menggunakan komputer (IT)
    3) Tuntutan dunia kerja
    4) Mendukung proses KBM atau membuat laporan laporan / tugas sekolah
    5) Menguasai IT seakan dunia dalam genggaman kita
    6) Sebagai sumber belajar
    7) Tuntutan jaman.
  4. Karena ilmu TIK bukan hanya sekedar bisa tapi harus tau kode etik pemakaian TIK..(jawab)😊
  5. TIK adalah jendela melihat dunia …dengan TIK banyak yang kita ambil manfaatnya.
  6. TIK mendukung peningkatan life skills siswa dan menunjang program literasi digital
  7. Teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukan semua orang terutama siswa/pelajar indonesia, hal yang mustahil kita mau kuasai dunia tanpa mengenal teknologinya… Penggunaan sosmed, aplikasi instan d gadget adalah sebagian kecil dari penguasaan teknologi itu sendiri… Masih banyak hal yang perlu dipelajari dari dasar -dasar teknologi tersebut, jadi ketika TIK dihapuskan berarti kita telah membunuh kesempatan generasi yg akan datang utk menguasai teknologi.
  8. Agar mindset siswa tidak hanya game Aja yang Ada diinternet .banyak Hal yang positif di dalamnya.
  9. Agar anak2 bangsa tidak punah dalam perubahan peradaban baru.
  10. zaman semakin maju begitupun teknologi harus maju, untuk itu teknologi komputer harus d ajarkan sedini mungkin, karna kemungkinan tahun-tahun depan akan serba teknologi komputer.
  11. TIK merupakan ilmu yang sangat penting dan berkembang dengan pesat, mulai dari sekarang hingga akan datang tik yang sanggat berperan dalam semua aspek kehidupan, siapa yg dpt menguasai TIK maka iya yang akan mendapatkan kesuksesan.
  12. Karena zaman itu terus maju serta teknologi jg maju jd klu kt tdk mengjrkn TIK kepada anak2 maka akan gaptek teknologi akan terus berkembang setiap zaman.
  13. Dengan belajar tik siswa lebih terarah, bijak, efektif memanfaatkan teknologi,dengan belajar tik mampu meningkatkan kreatifitas dan inovatif. Belajar TIK menyenangkan dan membuat semngat belajar.πŸ‘πŸ‘Maju Tik.
  14. Karena TIK itu menarik, penting dan bermanfaat. Seperti tergambar pada foto pameran TIK di atas 😁
  15. Mata Pelajaran TIK membantu siswa dalam mengerjakan tugas-tugas mata pelajaran lain yang telah berbasis IT. Apabila siswa kemampuan IT nya rendah maka siswa akan kesulitan dalam mengerjakan tugas mapel lain. Beberapa penguasaan dasar IT yang wajib dikuasai siswa adalah kemampuan dasar Office seperti: word, excel, dan ppt. Kemampuan penggunaan internet seperti: searching web site, unduh dan upload. Dan penguasaan IT tingkat lanjut seperti idet foto dan pembuatan video. Bila hal ini tidak diberikan pada siswa mulai tingkat pendidikan dasar seperti SD dan SMP maka sudah dipastikan siswa akan kesulitan dalam penggunaan IT di tingkat pendidikan selanjutnya: SMA/SMK atau Perguruan Tinggi.
  16. Pelajaran TIK untuk anak sekarang sebenarnya tidak perlu dipelajari, karna zaman skarang anak” Indonesia sudah melek dng informasi dn teknologi.
    Yg perlu adalah bimbingan menggunakan TIK supaya TIK digunakan denga benar dan tidak menyalahi aturan. Saya ingat waktu msih kuliah itu ada mata kuliah CaBul (Character Building) mungkin bisa diterapkan kepada siswa d tingkat SMP/SMA/sederajat.
  17. 1. Mampu mengoptimalkan TIK utk pengembangan pelajaran.
    2. Mampu melihat perkembangan TIK di Era global.
    3. Media pembelajaran yg terkini
    4. Tidak gaptek perkembangan TIK
    5. Menumbuhkan rasa percaya diri
    6. Selalu tercepat dpt info teruptodate
    7. TIK menginspirasi siswa utk sukses
  18. Revolusi Industri ke-4 mendorong leburnya bidang fisika, digital dan bidang biologi. Jika Indonesia ingin memenangkan kompetisi global, tanamkan dasar-dasar digital melaui mapel TIK mulai sekarang
  19. Supaya generasi kita yang akan datang tidak jadi generasi primitif, jualan dipinggir jalan, menawarkan karya anak bangsa, sedangkan orang cina jualan kerajinan karya indonesia dijual online, bangsa kita cuma kebagian pekerjaksarnya doang bangsa lain hang lebih kaya dari keringat bangsa indonesia.
    sekolah hanya tau ilmu dari guru, iya gurunya masuk, gurunya ga masuk hanya maen ludo, coba jalau melek IT bisa belajar online dll.
    Jadi mau pilih mana? Tetap terbelakang atau melesat jauh kedepan? IT lah kendaan paling cepat untuk masa depan
  20. la krn siswa hidup dijaman tik maka siswa hrs belajar tik scr bnr dg terbimbing scr terarah terutama disklh spy tdk slh arah dn utk menyongsong genersi emas dn bnr, dan itu ndak bs dibendung, mk hrs dimasukkn lg itu tik di kurikulm pendidikn (kurikulum nasional)
  21. Karena tik sangat dibutuhkan di jaman now tdk hanya mengetik, menghitung dll tetapi justru perkembangan sangat pesat pada saat ini maupun jangka panjang yang serba digital dan teknologi yang canggih dibidang seperti desain grafis, coding, jaringan komputer, film pendek dsb maka dari tik itu sangat penting untuk anak sd, smp, sma dan smk jangan sampai kita kalah dgn negara tetangga yg tik nya sudah maju.
  22. TIK merupakan ilmu karena mengandung rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi. Karena merupakan ilmu, TIK menjadi bahan pengetahuan dalam menciptakan suatu metode atau produk yang dapat memudahkan aktifitas kehidupan manusia. Melalui mata pelajaran TIK, peserta didik memperoleh kompetensi TIK yang dapat digunakan dan diterapkan dalam semua aspek kehidupan. Mata pelajaran TIK merupakan bekal hidup peserta didik.
  23. Agar siswa Indonesia dapat bersaing dengan siswa asing karena hanya dengan TIK lah yang mampu mengakselerasi dan mempercepat. siswa Indonesia bisa menguasai science and technology sehingga punya martabat sama dengan siswa bangsa lain. Ga ada cara lain ! Bila ingin menguasai dunia. Maka kuasailah IT (Information and Technology)..πŸ‘
  24. TIK bukan keterampilan alamiah yang ada dalam diri siswa sejak lahir. Oleh karena itu keterampilan TIK perlu dilatihkan. Dalam upaya proses melatihkan, tentunya diperlukan fasilitator ahli dalam bidang TIK dan memerlukan rentang waktu yg tidak singkat. Oleh karena itu TIK mesti dihadirkan dalam agenda pembelajaran siswa. Pembelajaran TIK yg dimaksudkan bukan sekedar siswa bisa bermain atau menguasai sejumlah game, justru TIK lebih dari sekedar itu.
  25. Tik…
    1. Karna awal masuk mengenal teknologi informasi.
    2. Siswa bisa berliterasi dan publikasi lewat tik.
    3. Tik..memudahkan dalam mengolah data
    4. Tik.. kreativitas akan meningkat apabila digabubgkan dgn tik
    5. Informasi bisa cepat tersebar dengan mudah melalui tik
    6. Tik…. dengan tik .. sejak dini siswa gak ketinggalan zaman ..
  26. Semua dunia kerja memerlukan ketrampilan tik. Apa jadinya lulus sma/smk gak bisa ms office minimal
  27. Karena sekarang ini kita tdk bisa lepas dari TIK.
    Kalau anak2 tidak belajar TIK di sekolah mgkn hanya waton menggunakan teknologi fasilitas ortu. Dan kadang tanpa kontrol shg menyebabkan penggunaan TIK yg tidak tepat. Mgkn dg adanya pelajaran TIK di sekolah bisa menjadi jembatan utk anak2 kita mengetahui nilai positif dan negatif dari TIK itu sendiri. Anak2 bisa memilah mana yg baik untuk dirinya dan yg blm waktunya ia gunakan. Bisa memanfaatkan TIK dg tepat guna tepat manfaat dan tepat sasaran nya.
  28. Krn… mata pelajaran tik masih diperlukan dan sanggat di butuhkan oleh siswa di sekolah,krn klu tampak tik illmu yg di dapat tdk dpt diaplikasikanya,contoh buat pelajaran mtk dia bs tahu tentang diagram lingkaran,diagra, batang,diagram garis, aplikasi geogebra itu krn tik. Jd saya sanggat mendukung atas keberdaan mata pekajaran tik.
  29. Sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran. Tik penting sekali, agar kita bisa memahami lebih jauh tentang dunia teknologi yang semakin maju dan modern
  30. Karena dengan belajar TIK…, salah satunyah :. mendapatkan attitude, akhlaknyah bagaimana ber Sosmed dll,. anak2 akan bisa menghargai hasil karya orang lain, mengenal software dan hardware.

Iklan

16 responses to “Perlukah Mata Pelajaran TIK di Sekolah?

  1. Pentingnya belajar TIK di Indonesia. Saat ini teknologi sangat tidak dpt dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu diperlukan pengetahuan TIK yang tepat guna sejak dini. Sehingga teknologi tidak digunakan untuk yg kurang bermanfaat, sekarang teknologi baru digunakan sebatas sosmed dan games , TIK yg tepat guna idealnya dpt memudah segala bidang pekerjaan, juga menjadi mata pencaharian, dan dapat mengangkat derajat bangsa Indonesia di mata dunia.

  2. Karena TIK sangat dibutuhkan dimasa era globalisasi seperti sekarang dan Mempersiapkan generasi berlian untuk bisa menjawab tantangan global

  3. TIK merupakan kebutuhan siswa untuk mempermudah proses kegiatan belajar, penyelesaian tugas atau proyek pada semua prodi yg ada di sekolah…Globalisasi berhubungan dgn teknologi, bagaimana mw bersaing dgn negara lain kl anak2 kita pd gaptek??

  4. Karena kita butuh generasi yang kompetitif dibidang TI, bukan sekedar bisa TI apalagi sekedar tidak Gaptek. Negara lain menyadari itu dan mengembangkan kurikulum Pelajaran TI secara sangat serius. Kita dengan penghapusan Mapel TIK malah bergerak mundur. Kita harus menciptakan generasi yang bukan sekedar memahami apa yang mereka lihat di layar, tapi memahami apa yg terjadi dibelakang itu. Bahkan mampu merekayasanya.

  5. Dengan adanya teknologi seluler yang semakin canggih dan mudah tercapai dan adanya aplikasi yg dapat membuat aplikasi2 baru agar kita tidak tertinggal maka hrs ada ilmu tersendiri utk memodifikasi aplikasi yg lebih kreatif…yaitu TIK yg diperbaharui kurikulumnya…hingga generasi 4K ( kritis, kreatif, komunikasi , kolaborasi) tercapai

  6. TIK sebagai alat, Bahasa Indonesia sebagai alat, Bahasa Inggris sebagai alat. TIK adalah bekal awal yg hrs dimiliki dalam khdpn serba teknologi.

  7. TIK merupakan ilmu karena mengandung rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi. Karena merupakan ilmu, TIK menjadi bahan pengetahuan dalam menciptakan suatu metode atau produk yang dapat memudahkan aktifitas kehidupan manusia. Melalui mata pelajaran TIK, peserta didik memperoleh kompetensi TIK yang dapat digunakan dan diterapkan dalam semua aspek kehidupan. Mata pelajaran TIK merupakan bekal hidup peserta didik.

  8. Kebutuhan TIK dalam dunia pendidikan tidak bisa ditawar lagi, jika Indonesia dan umat islam ingin maju dan besar maka kuasai teknologi dimulai dari dunia pendidikan, makan tanpa sambal itu ga enak (kalo kata orang sumatera ✌😁) bgitu halnya juga TIK. maka peranan TIK dalam dunia pendidikan suatu keharusan dalam dunia pendidikan….

  9. Tuntutan jaman yg jelas, semua sekarang serba komputer, ujian nasional pakai komputer, mendaftar pekerjaan pakai komputer apalagi dunia pekerjaan😱 ditengah persaingan global, padahal sebagian besar siswa Indonesia tidak punya komputer atau laptop di rumah, kalaupun punya apakah orangtuanya akan mengajarkan seperti di sekolah

  10. TIK sangat diperlukan karena :
    1. Dengan menguasai TIK maka siswa memiliki kemampuan bersaing ditingkat global.
    2. Pembelajaran abad 21 berbasis IT

  11. Menurut pendapat saya,kurikulum terbaik adalah kurikulum RSBI/SBI karena benar-benar sesuai dengan perkembangan zaman.
    Semua orang perlu belajar TIK supaya bisa jadi masyarakat yang tidak gaptek. gag bisa dipungkiri skg qta lgi dijaman serba teknologi. tau akan perkembangan teknologi aja gag cukup skg, tapi juga perlu lebih dalam untuk dipelajari setidaknya tau penggunaannya. klu qta gag tau dasar2nya kyak mengoperasikan word, excel, powerpoint, ataupun aplikasi lainnya, mau jadi apa tar ? org aj cari kerja minimal harus bisa menggunakan komputer yang memang berhubungan dengan pekerjaan tsb, gg cuman taunya fban, twitteran, atau main game online. disinilah sebenernya peran guru TIK dalam sekolah, untuk mendidik siswanya agar bisa memilah mana penggunaan TIK yang positif dan negatif.

  12. Dengan belajar TIK, siswa sejak dini supaya bisa jadi masyarakat yang tidak gaptek. Krn tdk bisa lagi pungkiri di zaman serba Teknologi akan pentingnya TIK zaman sekarang, maka itu perlu dipelajari, setidaknya tahu penggunaannya untuk menghadapi era globalisasi, agar anak tdk gagap teknologi, mampu menggunakan alat teknologi informasi secara baik dan benar, terutama mampu berinternet secara sehat dan beretika, dlm mencari informasi, membagi informasi secara baik dan bijak dll.

  13. Menurut saya pelajaran TIK itu sangat penting, maka saya setuju bahwa TIK itu harus dikembalikan pada Kurikulum 2013, tetapi pelajaran tentang ilmu TIK harus lebih diperluaskan sehingga teknologi di negara kita pun lebih maju, dilanjutkan oleh generasi – generasi muda.

  14. Menurut saya mata pelajaran TIK memang harus dikembalikan karena bisa membantu anak mengenal internet dan komputer dari sejak dini

  15. Teknologi memegang peranan penting dalam mengikuti perkembangan zaman,bahkan stabilitas sebuah negara disemua bidang juga sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Mustahil bagi kita untuk mampu bersaing di era globalisasi seperti sekarang jika penguasaan IT generasi muda penerus bangsa masih berada pada level bawah bahkan awam. Indonesia akan tetap menjadi follower & konsumen dalam persaingan dunia kerja, karena di lembaga pendidikan formal generasi muda tidak dibekali kemampuan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bekalnya dimasa depan untuk mampu berkarir, berkreasi, apalagi memimpin bangsa Indonesia ke taraf yang lebih maju. Sangat menyedihkan efek tidak adanya mapel TIK dalam kurikulum, generasi muda usia pelajar menjadi liar tidak terarah dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi khususnya memanfaatkan komputer, internet,gadget,hanya sebatas user penikmat sajian konten yang tidak mendidik, penggunaan sosial media yang tanpa mengindahkan norma yang berlaku. Padahal jika mapel TIK diajarkan disekolah betapa skill penguasaan mereka dibidang IT bisa ditingkatkan bahkan sangat besar peluang masa depan mereka menjadi tercerahkan, karena dengan belajar TIK siswa juga diajarkan materi tentang norma,etika dalam penggunaan IT& keterampilan terapan seperti penguasaan mereka terhadap program aplikasi mulai dari yang sederhana Microsoft office sampai pada aplikasi yang cukup kompleks, bahkan menciptakan sendiri aplikasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Tidak sedikit pelajar yang berpotensi akan menjadi ilmuwan dibidang IT namun tanpa adanya wadah resmi bagi mereka untuk mengasah bakat dan menyalurkannya, maka perlahan namun pasti bakat mereka akan terpendam selamanya seperti terpendamnya mapel TIK yang tidak termasuk lagi kedalam struktur kurikulum nasional.

  16. Nuryadin Tik Cilacap: Mata Pelajaran TIK sangat penting dan WAJIB di ajarkan di sekolah/madrasah :
    1. Dengan adanya mapel TIK sangat bermanfaat utk mengarahkan bagaimana generasi kita (Generasi Indonesia) menggunakan TI sesuai ETIKA MORAL shg penggunaannya positif;
    2. Sebagai control terhadap generasi kita dg adanya Cybercrime;
    3. Dengan Pelajaran TIK Peserta Didik kita lebih memanfaatkan scr terarah langsung sekaligus membimbing krn jika hanya sekedar Bimbingan Pesdik tidak merasa wajib sehingga lebih dimungkinkan penggunaan yg tdk terarah sehingga akan memungkin berdampak negatif.
    4. Dengan Mapel TIK mampu mendukung, meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kecerdasan dan inovasi dalam semua pelajaran shg Peserta didik merasa senang & semngat belajar pada semua mata pelajaran;
    5. Dengan adanya Mapel TIK mampu membekali peserta didik kita utk bersaing mengikuti zamannya serta tdk gagap saat kompetisi dengan sekolah/madrasah lain bahkan negara lain.
    Itu secara umum sj dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s