Labschool Rumah Keduaku

LABSCHOOL RUMAH KEDUAKU

Oleh: Aisha Inaya 7A

 

 

Labschool adalah rumah keduaku. Di rumah ini karakter dan budaya sekolahku terbentuk. Banyak kegiatan dilakukan di SMP Labschool Jakarta.

 

Semenjak aku bersekolah di SMP Labschool Jakarta, aku menemukan sebuah sekolah yang berbeda dari sekolah lainnya. Sekolah ini mendidik aku menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Para gurunya sangat baik sekali dan perhatian kepada peserta didik.

 

Saat pertama kali masuk sekolah ini, aku mendapatkan sebuah acara yang bernama PLS yaitu Pengenalan Lingkungan Sekolah. Dulu acara ini bernama MOS yaitu Masa Orientasi Siswa. Dalam acara ini kami siswa baru SMP Labschool Jakarta mendapatkan berbagai materi tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah termasuk juga ekstrakurikuler yang akan kami pilih dalam semester ganjil dan semester genap.

 

PLS di SMP Labschool Jakarta seru sekali. Kami siswa baru diminta menyumbangkan acara pentas seni. Beberapa kawan memberanikan diri naik ke panggung atau ke depan mendemonstrasi kehebatannya. Ada yang menari, menyanyi, melawak, dan berbagai acara spontan lainnya. Kami siswa baru merasa senang di rumah keduaku.

 

Rumah keduaku memang menyenangkan. Banyak kegiatan dilaksanakan di rumah keduaku. Kegiatan yang paling seru adalah SAKSI. SAKSI adalah Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Februari 2017. Dalam kegiatan SAKSI kami belajar kepemimpinan di barak tentara tentang , kedisiplinan, keberagaman, dan kebersamaan.

 

Sebelum kami pergi ke Sanggabuana, kami melaksanakan pra-saksi yang dilaksanakan sebelum SAKSI,

 

SAKSI ada acara makan komando. Kami makan bersama yang dikomando oleh bapak-bapak pelatih dari kostrad TNI Angkatan-Darat. Makanan dan minuman harus habis dalam waktu tertentu dan ada suara tembakan saat kami makan. Kami langsung tiarap mendengar suara tembakan itu dan pelatih langsung memberi aba-aba untuk tiarap. Kalau ingat makan komando SAKSI takkan pernah hilang dalam ingatan.

 

Selain itu, kami juga mandi di sungai saat SAKSI dan hal itu adalah yang paling bahagia di Sanggabuana, Kostrad Jaya. Karena kami sama sekali bebas dan tidak ada perintah seperti apa yang dilakukan saat makan komando. Aku juga tidak mandi setelah bermain-main di sungai. Alhasil badanku gatal-gatal.

 

Aku sangat senang dengan kegiatan-kegiatan di SMP Labschool Jakarta, selain SAKSI, ada juga yang bernama SALAM yaitu Studi dan Amaliah Islam. Kami sebagai siswa dan siswi yang beragama islam diminta untuk mengikuti kegiatan ini. Kami menginap di sekolah selama 2 hari dan diminta untuk menyetorkan hafalan kepada kakak-kakak pembimbing dari luar.

 

Jika kami berhalangan hadir untuk mengikuti kegiatan SALAM atau SAKSI, kami wajib mengikuti kegiatan tersebut tahun depan bersama adik kelas 7. Jadi, kami mengusahakan untuk mengikuti kedua kegiatan itu secara komplit dan mematuhi peraturan.

 

Setelah SALAM, kami ada kegiatan lagi yaitu Wisata Edukasi. Waktu itu kami melakukan wisata edukasi di Museum Geologi Bandung, Taman Hutan Raya, Goa Jepang, dan Goa Belanda. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat dokumentasi tentang apa yang kita kunjugi waktu itu. Dan yang paling bagus dokumentasinya akan di upload ke youtube SMP Labschool Jakarta.

 

Salah satu video dokumentasi teman kami terpilih menjadi video terbaik di kelas 7A, yaitu video dokumentasi milik Shafa dan kawan-kawan. Kelompokku merasa senang walaupun video dokumentasi kami tidak terpilih untuk menjadi yang terbaik, dikarenakan kameranya kurang jelas.

 

Bedanya Wisata Edukasi dengan SALAM dan SAKSI, Wisata Edukasi tidak wajib mengulangnya kembali tahun depan jika kita berhalangan untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan Wisata Edukasi tidak menginap, hanya sehari saja. Di kelas 8 juga ada kegiatan Wisata Edukasi yang bernama INVITA. INVITA kelas 8 tahun ini adalah pergi ke Yogyakarta, disana kita juga disuruh membuat video dokumentasi.

 

Kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh angkatan 24 SMP Labschool Jakarta juga sangat menarik. Salah satunya adalah VETRICIA 24, pensi yang diadakan oleh angkatan 24 kakak kelas kita. Kedua teman kami yang bernama Sisil dan Salsa bernyanyi di atas panggung saat acara pembukaan Vetricia 24. Kami juga melihat Zelovus, seni tari modern yang dilakukan oleh angkatan 23, 24, dan 25.

 

Aku sangat senang bersekolah di SMP Labschool Jakarta, karena SMP Labschool Jakarta benar-benar rumah keduaku yang sesungguhnya. Bahkan SMP Labschool Jakarta lebih menyenangkan dari pada rumahku yang sesungguhnya. Selain bisa bergaul dengan banyak teman, pelajaran di SMP Labschool Jakarta juga mudah dimengerti dan menyenangkan.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s