Saat Lagu Menjadi Tautan Kasih Sayang

Saat Lagu Menjadi Tautan Kasih Sayang

Oleh Hastuti Wibowo

 

Suasana belajar di sekolah terkadang membosankan bagi siswa apalagi jika hari mulai siang. Suasana yang demikian dapat membuat siswa mengantuk dan tidak bersemangat dalam belajar . Keadaan ini dapat di atasi dengan aktivitas selingan misalnya menyanyi. Kebetulan saya sebagai guru IPA senang membuat lagu anak-anak  yang dapat dinyanyikan oleh siswa dengan riang.

 

Beberapa lagu yang saya buat antara lain Matahari dan Indahnya Pagi yang sudah ada di channel Youtube. Lagu Matahari sangat disukai siswa dari tahun ke tahun. Liriknya membuat siswa yang menyanyikannya bersemangat dan menyadari akan tugas dan kewajibannya sebagai anak, siswa dan makhluk Tuhan. Liriknya yaitu : Matahari…bersinar memberiku ennergi…Hari cerah secerah jiwa dan hatiku…Tak kan surut langkah …Meniti kehidupan ini…Semua kuserahkan…Hanya PadaMu…

 

Siswa yang telah diajari lagu Matahari pada umumnya senang menyanyikannya disaat mereka mulai letih dan jenuh dalam belajar. Bahkan para alumni dari SMP tempat saya mengajar sangat hapal dengan lagu ini. Mereka sering kali mengingatkan saya pada kenangan lagu Matahari. Tidak heran bila lagu matahari indentik dengan guru IPA.

 

Lahu Matahari kadang mereka nyanyikan  saat beristirahat  bermain di halaman sekolah atau pada  saat pentas seni berlangsung. Siswa menyukai lagu ini karena sudah jarang menjumpai lagu anak-anak yang sesuai dengan umur mereka. Bahkan bila bertemu saya selalu mengingatkan lagu Matahari. Mereka berkata:” Ibu….Matahari….nanti nyanyi ya..”. “ Iya nanti di jam terakhir”. Jawab saya dengan senyum.

 

Lagu Matahari yang sudah terekam dapat saya gunakan sebagai suara pada media pembelajaran misalnya media presentasi dan media video yang menggunakan lagu ini pada awal atau penutup media. Media pembelajaran menjadi lebih menarik karena dihiasi dengan lagu milik mereka.

 

Media pembelajaran berupa presentasi yang dikonversikan menjadi video dengan judul “Energi dalam Kehidupan “ saya gunakan lagu Matahari sebagai latar belakang suarannya. Siswa sangat senang membuka dan memutarkannya kembali karena belajar dengan riang tanpa rasa jenuh atau kantuk.

 

Seiring dengan berjalannya waktu berlalunya lagu Matahari sudah lama diciptakan. Pada sustu saat saya harus kehilangan pendamping hidup yang selama ini melindungi, menjaga, dan membimbing saya dalam hidup. Saat itu rasanya tertutup semua keceriaan, semangat untuk hidup apalagi memilikirkan pembelajaran berikutnya. Terpuruk dalam lubang yang sangat dalam gelap, tidak ada tempat tumpuan berpijak. Kesendirian, kehampaan, kegelapan menyatu membuat diri tidak berdaya. Pada saat itulah siswa saya bersama-sama menyanyikan lagu Matahari sambil tersenyum dan menangis memeluk saya bergantian. Ya Allah ternyata lagu Matahari menyadarkan saya akan kelanjutan hidup dan rasa syukur yang harus ada sampai batas waktu memanggil. Mereka berbisik :” Jangan sedih lagi bu…Ibu jadilah matahari yang selalu bersinar memberi energi bagi kami…”. Harapnya. Saya tersenyum sadar akan hari esok penuh ceria menanti saya.

 

Saya tidak menyangka hanya dengan lagu membuat saya dan siswa memiliki ikatan kasih sayang sangat dalam. Duka yang saya rasakan menjadi duka mereka sehingga mereka menghibur dengan mengingatkan keindahan arti lagu Matahari untuk berserah diri pada Tuhan lepaskan semua beban pada Tuhan dan tidak putus asa untuk menjalankan kehidupan sesuai takdir yang Tuhan berikan.

 

Ikatan kasih sayang antara guru dan siswa ternyata dapat terjalin tanpa kita paksakan atau kita adakan dengan sengaja. Ikatan kasih sayang datang dengan sendirinya misalnya melalui lagu Matahari yang menjadi lagu kebersamaan saya dan siswa. Mereka terus akan mengingat saya melalui lagu ini dalam belajar dan pengalaman belajar mereka.

 

Semoga cerita singkat ini bisa memberi pelajaran bagi kita sebagai insan pendidikan bahwa ikatan kasih sayang antara guru dan siswa dapat terjalin karena adanya kebersamaan dalam kegiatan pembelajaran yang mengesankan bagi mereka dan gurunya melalui aktivitas yang menyemangati siswa misalnya melalui lagu.

 

 

One response to “Saat Lagu Menjadi Tautan Kasih Sayang

  1. Terimakasih Om Jay yang sudah mendorong guru-guru untuk menulis…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s