Resume Menerbitkan Buku Tanpa Biaya

RESUME

MENERBITKAN BUKU TANPA BIAYA ALA OMJAY

Oleh: Siti Nuryani

Setiap hari guru pasti bergelut dengan kegiatan membaca dan menulis. Dengan demikian membuat buku dan menerbitkannya mestinya bukan pekerjaan yang sulit. Kenyataannya masih banyak guru yang belum pernah membuat buku. Kalau pun ada, kebanyakan mereka selalu mengeluarkan biaya untuk menerbitkan buku. Menurut Omjay, banyak guru yang tidak sabar menerbitkan bukunya sehingga menjadi korban pengusaha buku.

Tidak demikian halnya dengan Omjay. Dari 13 buku yang sudah diterbitkan, tidak satu pun yang mengeluarkan biaya. Bahkan Omjay mendapat uang dari hasil penjualan langsung maupun dari royalty. Omjay bisa seperti itu karena belajar dari teman-teman beliau yang menerbitkan buku tanpa biaya sendiri.

Membuat buku dan menerbitkan sendiri sebenarnya mudah jika tahu cara-caranya. Omjay berbagi cara mudah menyusun buku (new version) ala Omjay. Cara ini sudah dilakukan Omjay dalam melahirkan buku-buku untuk diterbitkan.

Cara mudah membuat buku adalah memiliki komitmen yang tinggi dan harus menulis secara konsisten setiap hari. Jika hari ini tidak menulis, esok harinya harus menulis dobel, sebagai hukuman atas kealpaan kita. Jika setiap hari menulis, maka jika tulisan itu dikumpulkan akan menjadi banyak. Orang lain bisa mengambil manfaat dari tulisan kita tersebut.

Jika setiap hari kita membuat satu artikel, sebulan akan ada 30 artikel. Dalam setahun kita sudah memiliki 360 tulisan. Bila setiap tulisan tersebut terdiri dari 2 lembar, maka dalam setahun kita sudah menulis sebanyak 720 lembar. Jumlah yang cukup besar untuk menjadi buku. Jika mau, buku itu bisa dibuat menjadi beberapa seri, seperti yang dilakukan Mas Wisnu Nugroho (wartawan Kompas).

Setiap orang bisa menulis. Menurut Mas Baban, agar bisa menulis dengan baik ada 5 langkah yang perlu dilakukan, yaitu T.U.L.I.S

  1. Temukan ide
  2. Ukir idenya
  3. Libatkan otak kiri dan kanan
  4. Ilmu dan teknik penulisan dikuasai
  5. Sesuaikan tulisan dengan pembaca

Jika dilatih terus, proses TULIS akan berjalan dengan lancar, seperti Mas Baban dalam 2 tahun ngeblok sudah menerbitkan 6 buku.

Membuat buku itu mudah, kita yang membuat susah. Jika draf buku kita ditolak penerbit, jangan putus asa. Kita bersabar dulu untuk menyusun strategi agar oplah meningkat. Mungkin itu merupakan langkah awal bahwa buku kita akan menjadi bestseller. Hal ini seperti yang dialami Andrea Hirata dan Omjay sendiri. Awalnya, bukunya ditolak penerbit. Dengan kesabaran dan menyusun strategi baru, akhirnya menjadi best seller setelah ditawarkan kepada penerbit lain..

Cara paling mudah membuat buku adalah dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit tulisan yang ada di blog untuk dirangkai menjadi buku. Juga dengan menghimpun para komentar dapat menambah ide penulisan buku.

Cara paling jitu membuat buku adalah dengan rajin ke toko buku dan kenali calon pembeli buku. Lihat peluang yang ada. Siapkan mental untuk memulai membuat buku dengan kesungguhan. Buku yang bagus, dibuat dengan melalui proses yang panjang.

Untuk menjadi penulis tidak perlu modal yang banyak. Yang dibutuhkan hanyalah ketekunan. Jika itu sudah dimiliki tinggal menentukan jenis buku yang akan ditulis.

Jenis buku ada beberapa macam.

  1. Berdasarkn isinya buku diklasifikasikan menjadi buku fiksi dan nonfiksi.
  2. Berdasarkan peruntukannya, buku diklasifikasikan menjadi buku umum dan buku sekolah
  3. Berdasarkan tujuannya, buku diklasifikasikan menjadi buku ajar dan buku pengayaan.
  4. Buku Ajar

Menurut Johan Wahyudi, buku ajar adalah buku yang digunakan dalam proses kegiatan belajar. Buku ajar disebut juga buku teks, buku materi, buku paket, atau buku panduan belajar

Tahapan membuat buku ajar:

  • Membaca dan menelaah SK dan KD yang merupakan standar isi buku yang mengacu pada kurikulum yang digunakan
  • Menyusun peta konsep atau sistematika pendistribusian materi, semacam daftar isi
  • Mengumpulkan materi yang relevan dengan SKKD
  • Membaca buku ajar yang telah lolos BSNP
  • Memahami instrumen penilaian buku ajar
  • Mengembangkan materi sesuai peta konsep
  • Merefleksikan koherensi materi dalam satu bab/unit
  • Minta pertimbangan pihak lain untuk memberi kritikan atau masukan
  • Buku siap dicetak
  1. Buku Pengayaan

Buku pengayaan yaitu buku yang disusun untuk memperkaya dan memperkuat materi yang telah disajikan dalam buku ajar.

Tahapan membuat buku pengayaan:

  • Memahami SK dan KD sesuai jenjang pendidikan
  • Mengidentifikasi SK dan KD yang masih memerlukan pengayaan
  • Menyusun mind set (semacam daftar isi)
  • Mengumpulkan bahan
  • Mengembangkan bahan sesuai yang dibuat
  • Meminta pihak ketiga untuk memberi masukan atau kritik
  • Buku siap dicetak

Kesimpulan

Cara jitu membuat buku:

  1. Pelajari cara orang lain membuat buku
  2. Susun rencana pembuatan buku agar sesuai harapan
  3. Temui penerbit dan yakinkan bahwa buku kita mempunyai nilai jual yang tinggi
  4. Jika memiliki jiwa pengusaha dan memiliki modal sendiri untuk menerbitkannya harus berkumpul dengan banyak komunitas

Komentar ditutup.