Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini Melalui Tari

MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI MELALUI TARI DI TK PERMATA INSANI ISLAMIC SCHOOL

tari-paud

Menari adalah ungkapan ekspresi perasaan dan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerakan yang indah. Menari tidak hanya diminati oleh orang dewasa,anak – anak, orangtua, semua suka menari. Anak usia dini adalah masa dimana mereka penuh dengan imajinasi dan juga masa aktif dimana mereka senang bergerak dan mengekplorasi diri. Maka saya sebagai pendidik paud memanfaatkan kegiatan menari sebagai bentuk pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi diri serta kecerdasan anak usia dini.

            Dari satu tarian yang sederhana saja  anak akan mendapatkan berbagai hal menarik dan mereka selalu merasa senang dan gembira. Tanpa disadari dalam kegiatan tari anak – anak dapat memgembangkan semua aspek pengembangan yang harus dikembangkan :

            Contoh dalam tari “ jadikan aku anak yang sholeh “

                                    Voc : haddad alwi

  1. Moral agama  : saat melakukan tari anak yang soleh mereka mendengar lirik – lirik lagu yang

                                 Menceritakan bagaimana agar menjadi anak sholeh, mengenal cinta kepada                Allah dan orang tua

  1. Fisik motoric : dengan gerakan tari fisik motoric anak akan terlatih dan bergerak dengan koordinasi yang baik, mulai dari mata,tangan dan kaki
  1. Bahasa : memahami beberapa perintah guru dari  bahasa yang sederhana
  1. Kognitif : mengenal pola dari formasi gerakan yang dilakukan misal ( lingakran, segitiga, setengah lingkaran , V, )
  1. Social emosional : Anak terlatih untuk disiplin, dan itu tumbuh saat mereka menari
  1. Seni   : mengenal keindahan melalui music dan gerak tubuh

            Sudah banyak tarian yang kami ajarkan ,mulai dari tari daerah seperti ( manuk dadali, ondel – ondel , yamko rambe yamko, tari calung, tari indang, dll ), tari kreasi guru seperti ( tari ronggeng nyentrik, tari kuthideng kreasi, tari genderang, tari anak soleh, dll ).

            Dengan tari kebutuhan gerak anak sangat terpenuhi, dilakukan dengan gembira, semangat dan senang hati, sehigga mudah untuk mengembangkan potensi anak usia dini disekolah kami.

            Tak sedikit pula prestasi yang kami dan anak – anak dapatkan dari kegiatan menari di sekolah kami, anak – anak mempunyai rasa bangga dan menumbuhkan raa percaya diri yang luar biasa pada anak.

            Menari juga bentuk ekspresi diri anak yang dituangkan dalam gerak, misalkan mereka melompat dengan bahagia, menggerakkan tangan dengan senyuman, melirikan bola mata dengan makna. Dan akan terlihat jika mereka sedang sedih dari gerakan yang mungkin tidak semangat serta mimic wajah yang tak gembira.

            Semoga dengan apa yang saya tulis hari ini dapat mengispirasi teman – teman guru PAUD untuk selalu berkarya disegala bidang terutama dalam seni tari, khususnya bagi diri saya agar saya dapat selalu berkarya dan berkaya membuat anak – anak selalu bahagia dalam tahapan perkembagan usia mereka.

            Dengan kegiatan yang tepat dan sesuai usia perkembangan anak akan mencapai hasil yang baik dan optimal.

            Semoga Allah selalu memberi kami guru paud kesehatan jasmani sehingga dapat mendidik putra – putri Paud , serta diberi ilmu yang bermanfaat untuk mengembangkan kreatifitas diri untuk mendidik sehingga terwujud putra putri PAUD yang berakhlak mulia, cerdas, serta sehat jasmani dan rohani

Nama : Rahma Haerani, S.Pd.I

Asal sekolah : TK permata Insani Islamic school pasarkemis kab. Tangerang

Wassalamu alaikum wr.wb

Komentar ditutup.