Best Practice Aspek Bahasa

Best Practice Aspek Bahasa

Nama                    : Rossi Novitasari, S.Pd., M.M

Unit Kerja           : TK Islam Kedasih (Kabupaten Bekasi)

 

 

   Aspek Bahasa merupakan kemampuan seorang anak dalam berbahasa, yaitu dalam kemampuan berbicara, mengolah kata dan lain-lain. Pada anak usia dini, anak memiliki penyerapan yang luar biasa dalam kemampuan bahasa. Seorang anak yang baru bersekolah TK tentunya menggunakan bahasa ibu, yaitu bahasa yg di gunakan keseharian di rumah maupun di lingkungannya.

Dalam hal ini di sekolah kami mempunyai program ekstra kulikuler bahasa inggris yaitu bahasa yang mungkin dan bahkan  belum pernah mereka dengar dan pahami. Timbul suatu masalah, bagaimana cara atau teknik yang efektif agar anak dapat meyerap bahasa yang asing bagi mereka dengan senang dan cepat.

Anak Usia Dini tidak jauh dari suasana kegembiraan dan bernyanyi. Timbullah ide saya bagaimana jika saya mencoba mengajarkan kosa kata bahasa inggris melalui nyanyian-nyanyian di samping menggunakan media-media pembelajaran tentunya. Berawal dari keyakinan InsyaAllah saya bisa melakukannya.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah mengajarkan tentang salam dalam bahasa inggris sebelum memulai materi pembelajaran. Karena Kegiatan Belajar Mengajar di pagi hari maka kata pertama yang saya kenalkan adalah greeting “Good Morning Student”, yang  tentunya di awal saya menjelaskan jika pagi hari maka dalam bahasa Ingris itu salamnya adalah ‘Good Morning”. Adapun dialog atau conversation yang kami lakukan adalah sebagai berikut :

Teacher      : “ Good Morning Student”

Students     : “ Good Morning Miss Rossi”

Teacher       : “ How Are You Today “

Students     : ‘I am fine thank you” and Ypu ?

Teacher       : “ I am fine thank you”.

 

Saya lihat sejenak ke arah murid-murid saya, hmmmm welll …..ada yang cepat dapat mengikuti ada pula yg kelihatan bingung. Seperti yang telah saya konsep di awal akhirnya saya melagukan dialog bahasa inggris di atas melalui nyanyian. Woowwww…amazing, mereka kelihatan antusias dan dalam sekali pertemuan sudah dapat menghafalnya.

Pertemuan berikutnya saya mengenalkan angka 1 sampai dengan 10 melalui nyanyian pula. Yang syairnya seperti ini :

One, two, three, four, five, six……..seven, eight, nine ten (sambil mengangkat jari-jari mereka)

How count to number….let’s count togrther……

Come here….come here….all my friends…..

Let’s play the fingers …Lets Play Together….

One, two, three, four, five, six, seven eight, nine, ten…(Suara dan badan agak di hentak dan bergoyang). They are look so happy. Disamping bernyanyi saya juga membuat media angka dari karton dan di letakkan di bawah lantai. Saya memberikan aba-aba agar mereka melompat ke angka yang saya sebutkan, “one”……mereka lompat ke angka 1, “four” mereka melompat ke angka 4.

Pertemuan selanjutnya saya mengenalkan warna colors , kembali mengunakan nyanyian dan media berupa kertas sesuai warna yang akan di sampaikan dalam bahasa inggris. Untuk kali ini saya mengarang nyanyian bahasa Inggris di padu dengan bahasa Indonesia. Adapun nyanyiannya seperti di bawah ini :

“ Red itu merah…red itu merah…reeeddd itu merah…. (Nada nyanyian lingkaran besar dan lingkaran kecil)

‘white itu putih ….white itu putih….whiteeeee itu putih………

Demikian juga dengan mengajarkan bentuk atau shape dalam bahasa Inggris, sama dengan mengenalkan warna di atas .

Demikian tulisan singkat pengalaman pribadi saya dalam mengajarkan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini yang efektif melalui kegembiraan dan nyayian. Sangat efektif untuk anak. Yuk tetap semangat menggali dan menstimulus aspek bahasa  anak usia dini seperti tepuk semangat dalam Bahasa Inggris sebgai berikut :

Tepuk semangat dalam bahasa inggris

“I’m the best….”

‘You are the best…”

“we are the best…the best….yessssss”

Semoga kita semua menjadi guru-guru PAUD yang cerdas, kreatif, inovatif, jujur dan amanah untuk para peserta didik kita khususnya dan dunia PAUD pada umumnya

 

 

 

               

Komentar ditutup.