Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak Melalui Kegiatan Bermain Air

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIALIASI ANAK
MELALUI KEGIATAN BERMAIN AIR
DI SENTRA BAHAN ALAM DI TKIT AL-HIKMAH

DI SUSUN OLEH
IFAT LATIFAH,S.Pd
0857-80945251
Kepala Sekolah TKIT AL-Hikmah

Untuk memenuhi Tugas akhir sebagai peserta Workshop
Menulis Praktik Berhasil Pengembangan Tumbuh Anak Usia Dini
Selasa, 28 Agustus 2018
Gedung Guru Indonesia

PENDAHULUAN
BAB I
Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia. Masa ini merupakan periode sensitif(sensitive periods). Selama masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus dari lingkungannya. Usia keemasan merupakan masa di mana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya baik disengaja atau tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi kematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon dan mewujudkan semua tugas-tugas perkembangan yang diharapkan muncul pada pola perilakunya sehari-hari.


Dunia anak prasekolah adalah dunia bermain, dunia dimana anak mengalami proses pertumbuhan dan penyempurnaan secara fisik maupun psikis. Mereka butuh kasih sayang, perhatian, perawatan dan bantuan dari orang dewasa secara penuh.
Bagi anak-anak, bermain adalah sarana untuk mengubah kekuatan potensial didalam dirinya menjadi berbagai kemampuan dan kecakapan.Selain itu bermain juga dapat menjadi sarana penyaluran energy dan relaksasi atau dengan kata lain bermain adalah sarana utama untuk belajar tentang hukum alam, hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan benda.

TKIT Al-Hikmah merupakan lembaga pendidikan anak usia dini untuk anak usia 3-6 tahun yang mengembangkan metode pembelajaran bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain melalui pendekatan sentra dan lingkungan.
Pembelajaran yang dilaksanakan di TKIT Al-Hikmah di disain dengan pendekatan bermain. Anak belajar dengan melakukan kegiatan secara langsung dan diperbolehkan memilih kegiatan yang paling mereka suka. Disini guru hanya berperan sebagai fasilitator dan guru hanya mengarahkan anak dalam setiap kegiatan.

BAB II

Metode Pembelajaran
Sistem pendidikan di TKIT Al-Hikmah mengembangkan metode pembelajaran anak usia dini bermain sambil belajar dan beajar seraya bermain melalui pendekatan sentra dan lingkaran. Metode ini ditujukan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (multiple intellegences)melalui bermain yang terarah. Metode ini menciptakan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif, kreatif dan terus berpikir dengan menggali pengalamannya sendiri.
Sentra adalah suatu pengelolaan kelas yang terpusat untuk memenuhi kebutuhan main anak dimana anak dapat memilih minimal tiga kesempatan main dalam satu kegiatan dengan dukungan guru secara khusus. Dengan metode sentra, setiap kegiatan dilakukan dengan cara bermain sehingga anak belajar dengan cara menyenangkan.
Metode ini didukung oleh sistem belajar moving class yaitu suatu sistem dimana ruang kelas dibagi menurut sentra-sentra aktifitas yang dapat diguhnakan oleh siswa secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kelebihan dari sistem moving class ini adalah anak dapat belajar lebh bervariasi dan memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi dengan percobaan/aktifitas yang dilakukan.
Adapun keunggulan dari metode pembelajaran anak usia dini melalui pendekatan sentra dan lingkaran adalah sebagai berikut :
• Kurikulumnya diarahkan untuk membangun pengetahuan yang digali oleh anak sendiri melalui berbagai pengalaman main di sentra sehingga mendorong kreatifitas anak.
• Guru lebih berperan sebagai perancang, pendukung dan penilai kegiatan anak dengan mengkondisikan setiap anak untuk berperan aktif.
• Pembelajarannya bersifat individual sehingga rancangan dukungan dan penilaiannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhn setiap anak.
• Semua tahapan perkembangan anak telah dirumuskan dengan rinci dan jelas sehingga dapat dijadikan panduan dalam penilaian perkembangan anak.
• Kegiatan pembelajaran tertata dalam urutan yang jelas, mulai dari penataan lingkungan main sampai pada pemberian pijakan-pijakan sebelum, selama dan sesudah main.
• Setiap anak memperoleh dukungan untuk aktif, kreatif dan berani mengambil keputusan sendiri tanpa harus takut membuat kesalahan.
Sentra yang ada di TKIT AL-HIKMAH adalah :
1. Sentra Imtaq
Di sentra ini anak difasilitasi untuk menganal dan membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosi sejak dini melalui 6 aspek rukun iman dan 5 aspek rukun islam dan ihasan yang terintegrasi ke seluruh sentra.
Contoh kegiatan :
• Kegiatan praktek wudhu
• Gerakan dan bacaan shalat
• Mengenal huruf hijaiyah
• Bermain puzzle bernuansa agama
• Bermain kartu wudhu
• Latihan manasik haji
• Bermain kartu huruf/angka arab
• Bermain kartu nama malaikat

2. Sentra Main Peran
Di sentra ini anak difasilitasi dalam bermain peran dengan memberikan kesempatan pada anak untuk memproyesikan diri ke masa depan, mengembangkan keterampilan khayalan, dan perkembangan kognisi dengan menggunakan alat dan bahan main yang mendukung perkembangan main peran. Dalam penataan lingkungan/setting main peran dapat berubah dan berkembang dengan tema yang telah ditentukan.
Contoh : setting ruang keluarga
• Kegiatan : Bertamu
• Alat main : meja, kursi, majalah, koran, taplak meja,
dll
• Shalat berjamaah

3. Sentra Bahan Alam
Di sentra ini anak bermain dengan benda-benda yang bersifat alam seperti air, biji-bijian, daun, pasir, playdough, tanah liat, slime dan memfasilitasi anak untuk berkreasi membuat bermacam-macam keterampilan dan kreatifitas.
Contoh kegiatan :
• Menakar air
• Mengocok air sabun
• Memindahkan air ke botl
• Finger painting
• Melukis dengan kelereng
• Memeras daun
• Membatik dan menjumput
• Melipat kertas
• Main pasir
• Membuat playdough dan slime
• Mengenal biji-bijian (kasar-halus)

4. Sentra Balok
Di sentra balok anak difasilitasi untuk memperluas pengalaman dalam mewujudkan ide, gagasan dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk konstruksi bangunan dengan menggunakan media balok.
Contoh kegiatan :
• Membangun berbagai bangunan sesuai imajinasi anak

5. Sentra Persiapan
Di sentra ini anak difasilitasi untuk memperluas pengalaman keaksaraan dan aturan-aturan yang diperlukan dalam keterampilan membaca, menulis dan berhitung dengan kegiatan bermain yang menyenangkan.

Contoh kegiatan :
• Bermain huruf dengan angka
• Bermain tutup botol
• Bermain puzzle
• Bermain meneruskan pola

Pendapat para ahli tentang permainanak berkembang sebagai system adaptif yang komplek sejalan dengan pertumbuhan usianya.P;ato,dygotsky dan piaaget ,membuat satu definisi yang bear benar representati tentang main memiliki berbagai cirri sebagai berikut :
1. Simbolik, yang berarti memrepresentasikan “seakan akan” dan “sikap bagaimana jika”.Perilaku seakan akan memungkinkan anak mengalami perasaan- perasaan dan atribut-atribut tertentu, sementara “bagimana jika” adalah aktivitas oikiran yang mendorong peiiran gagasan gagasan lebih jauh melalui main
2. Bermakna, dalam arti hubungan dengan atau menghubungkan pengalaman.
3. Akti,karena individu-individu mengerjakan sesuatu,Main bagi anak-anak selalu prosees aktif
4. Menyenangkan
5. Sukarela dan secara intrinsic memotivasi.Motif bisa berupa keingintahuan atau keinginan menapai kemampuan atau penguasaan
6. Beraturan,baik di nyatakan secara implicit atau eksplisit.Permainan anak sering memiliki peraturan tingkaat tinggi, meskipun anak anak sendirilah yang memberlakukannya
7. Episodik, dalam arti ada bukti munculnya dan bergantinya tujuan yang berkembang melalui pengalaman
8. Fleksibel, yang menjadi cirri utama permainan.

BAB III
Aplikasi permainan di TKIT AL-Hikmah
Setiap jenis main adalah kesempatan bagi anak untuk belajar. Belajar berarti membangun kecerdasan jamak mereka seara terpadu.
Sentra adalah wahana yang diikhtiarkan untuk memastikan tersedianya unsure unsure yang dibutuhkan dalam aktivitas main anak.
Hal –hal yang dilakukan di semua sentra setiap hari di TKIT AL-Hikmah , yakni
1. Guru menyediakan pijakan Lingkungan main didalamnya,Guru mengelola awal lingkungan main dengan menyediakan serta menyiapkan tempat dan bahan bahan yang cukup. Ada empat jenis main yang mendukung, pmbangunan,main peran sensimotor dan bahan alam, pendukung lainnya adalah pengalaman ke aksaraan
2. Pijakan pengalaman sebelum bermain
3. Pijakan pengalaman main setiap anak
4. Pijakan pengalaman setelah main (Realling )

Peserta didik Di TKIT AL-Hikmah yang beralamat di Jalan Kesehatan V No.1 Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan, sangat menyukai bermain di sentra bahan alam, karna di sentra bahan alam selalu tersedia Air, Pasir dan Cat.
Permainan air sangat pavorit bagi anak, di sentra bahan alam ini semua anak berkomunikasi secara efektif dan spontan, mereka meluapkan kesukaannya dengan ungkapan verbal, di sini anak anak saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lainnya .
Permainan yang selalu di laksanakan di sentra bahan alam TKIT Al-Hikmah adalah :
1. Menakar air kealam botol dengan berbagai ukuran
2. Mencuci sepatu
3. Mencuci sandal
4. Mencuci piring
5. Memasukkan air kedalam botol dengan mempergunakan spons
6. Memompa air dengan pompa
7. Mewarnai air
8. Menyiram tanaman
9. Memasukkan air dengan corong air
10. Memindahkan air berwarna kedalam gelas dan dirigen
11. Mencampurkan air yang berwarna warni

Dalam kemampuan sosialisasi anak di setiap sentranya sangat beragam, dan yang lebih dominan perkembangan sosilisasi terlihat itu adalah di sentra bahan alam dan sentra peran, sosialisasi mudah berkembang dengan kemudahan anak melalukan ingteraksi dengan teman teman bermainnya .

BAB IV
Kesimpulan
1. TKIT AL-HIKMAH mempergunakan metode sentra karna sentra sangat efektif untuk meningkatkan dan mengembangan pontensi yang dimiliki oleh anak usia dini . Sentra adalah suatu pengelolaan kelas yang terpusat untuk memenuhi kebutuhan main anak dimana anak dapat memilih minimal tiga kesempatan main dalam satu kegiatan dengan dukungan guru secara khusus. Dengan metode sentra, setiap kegiatan dilakukan dengan cara bermain sehingga anak belajar dengan cara menyenangkan
2. Sentra sentra yang tersedia di TKIT AL-Hikmah , sentra Persiapan, sentra kreativitas, sentra IMTAQ, sentra balok, sentra seni peran, sentra bahan alam dan sentra kreativitas
3. Semua sentra sangat di senangi peserta didik, tetapi ada sentra yang selalu din anti anak, yaitu sentra bahan alam, karna di sentra bahan alam selalu tersedia air, pasi dan cat
4. Peserta didik saangat menyenangi permainan yang menyediakan atau media nya air.

Perpustakaan
1. MISI (Majalah pendidik dan tenaga kependidikan PAUD,Nonformal dan Informal) , edisi 1,tahun 1, Juli 2011
2. Media TK sentra ,membangun karakter dan budi pekerti:panduan Guru PAUD,RA,TK & Orangtua;volume 3/Tahun I/2010
3. Buku Panduan orangtua peserta didik TKIT AL-Hikmah ;team;tahun 2016,2017,2018

Lampiran
Foto kegiatan anak di sentra bahan alam

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s