Buku Menjadi Blogger Ternama

MENJADI BLOGGER TERNAMA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS

NASKAH PERLOMBAAN LITERASI

GURU SMP TINGKAT NASIONAL

TAHUN 2017

 buku-omjay-blogger-ternama

 

Penulis                 : Wijaya Kusumah, M. Pd.

Tebal Buku         : 83 halaman

Peresensi            : Isminatun

 

            Buku yang amat inspiratif ini ditulis oleh seorang blogger yang juga pendidik di SMP Labschool Jakarta. Sebuah buku/naskah literasi perlombaan guru SMP tingkat nasional dan memenangkan Lomba menulis Buku Pengayaan Pusat Perbukuan dan Kurikulum tahun 2009 sebagai juara pertama.

Buku tersebut terdiri dari 83 halaman yang terbagi menjadi sebelas Bab. Bab pertama Menjadi Blogger Ternama. Bab tersebut berawal dari pertanyaan peserta didik kepada penulis bagaimana caranya menjadi blogger ternama di era global seperti sekarang ini. Penulis menguraikan bahwa kuncinya memiliki komitmen tinggi untuk mengelola blog sendiri sehingga banyak pengunjungnya dengan meningkatkan keterampilan menulis. Selain itu, belajar dari orang lain yang telah sukses menjadi blogger ternama. untuk menjadi seorang blogger ternama jangan pernah berhenti menulis dari apa yang dialami, dilihat, didengar, dan dibaca, lalu diramu dalam tulisan bermutu yang membuat orang akan merasakan manfaat dari tulisan itu.

Bab kedua, “Blogger itu Apaan Sich” menguraikan bahwa  blog itu sejajar dengan diary online. Blog sigkatan dari weblog. Orang yang menggunakannya disebut blogger atau narablog. Blog merupakan perpaduan semacam e-mail, situs pribadi, catatan harian (diary), dan message board. Tapi dari segi metode, blogging lebih merujuk kepada tools atau cara alternatif memperbarui data di Web. Artinya, dari sisi teknologi, tak ada yang baru dari fenomena blog, kecuali sekadar metode yang praktis meng-upload data ke Web yang semakin mudah tanpa harus berpusing ria dengan bahasa HTML (Hypertext Markup Language).

Bab ketiga, Apakah Makanan Penting Buat Blogger, menyajikan informasi bahwa makanan penting buat blogger adalah banyak membaca da menggali informasi yang ada di depan mata. Seorang blogger harus bisa mengolah informasi dari tiga dunia (maya, nyata, mimpi) yang berada dalam alam pikirannya menjadi bacaan yang menarik bagi para blogger atau pembaca lainnya. Tulisannya terasa hidup dan bernyawa karena diperoleh dari hasil membaca secara mendalam. Terdapat 6 pilar kunci blog yakni Publishable, Findable, Sosial, Viral, Syndicatable, Linkable.

Bab keempat, Maukah Kamu menjadi Blogger Ternama, menguraikan bahwa diperlukan keterampilan menulis, teknik fotografi/video, dan juga jiwa kewirausahaan agar mampu mengembangkan kreativitas menulis yang tidak hanya berada pada ranah maya, tetapi juga ranah nyata. Ada beberapa contoh blogger andal beserta tautannya. Kita bisa belajar darinya.

Bab kelima, Apakah Syarat-syarat Agar Menjadi Blogger Tekenal. Untuk mewujudkan mimpi menjadi blogger yang andal dan berkualitas di era global ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat itu di antaranya: peka, fleksibel, kreatitivitas, suka dan senang menulis, popularitas, religious, cerdas, bermartabat, mandiri, dan kompeteitif.

Bab keenam, Apakah Senjata Seorang Blogger? Senjata seorang blogger bukan senajata apai atau pistol, melainkan menulis dengan hati. Untuk bisa menulis dengan hati, selain harus hati-hati dan jangan sampai ada orang yang sakit hati, ada beberapa perlengkapan yang kamu harus persiapkan dengan baik. Ternyata bagi seorang blogger laptop itu adalah perlengkapan terpenting dalam menyebarkan apa yang ditulisnya. Perlengkapan kedua setelah punya laptop adalah kamu harus punya akses internet. Sebab kalau kamu tak punya akses internet, bagaimana mungkin kamu akan menyebarkan tulisan kamu yang bagus itu?

Bab ketujuh, Apakah Kiat Sukses Seorang Blogger?,  Ada beberapa kiat khusus agar kamu sukses menjadi seorang blogger. Kiat- kiat sukses itu adalah: (1) Perhatikan kontent dalam blog kamu, sebabcontent is the king”; (2) Komitmen dan Konsisten; (3) Perhatikan perlengkapan seorang blogger. Seorang blogger andal tak pernah lepas dari yang namanya kamera; (4) Bergaul dengan sesama blogger lainnya, sebab blogger yang kurang ‘gaul’; (5)  Kuasai bahasa dengan baik; (6) Banyak membaca, dan banyak menulis; (7) Jangan “Copas”; dan (8) Jangan ragu untuk belajar dengan blogger lainnya.

Bab kedelapan,  Sebuah Cerita dan Rahasia Blogger Sukses. Rahasia seorang blogger andal di era global terletak pada kemampuan mereka bersaing dengan para blogger lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mampu bergaul dalam dunia maya maupun dunia nyata. Tidak sombong dan selalu mempererat tali persahabatan. Selain itu, rahasia blogger andal terletak pada content atau isi blognya yang unik karena ketajaman pikirannya membuat tulisan itu serasa bernyawa dan menarik untuk dibaca. Tulisannya keluar dari hatinya yang bersih dan tak menyimpan iri dan dengki.

Bab kesembilan, Blog dan Pendidikan Kewirausahaan. Tanpa disadari, bila kamu aktif ngeblog, sebenarnya kamu sedang membangun sebuah wirausaha yang mandiri. Kamu bisa menjadikan blog sebagai media promosi dari produk yang kamu tawarkan kepada khalayak ramai online 24 jam. Bisa penawaran berbentuk barang, dan bisa juga penawaran berbentuk jasa yang nyaris tanpa modal. Semua itu akan terwujud bila kamu serius dan fokus dalam mengelola blog kamu menjadi menghasilkan uang. Blog merupakan media efektif untuk promosi. Selain itu, blog bisa mengurangi pengangguran terdidik.

Blog bisa dimanfaatkan untuk menjadikan peserta didik mengembangkan diri dan memiliki jiwa kewirausahaan. Membuat blog yang awalnya kosong, lalu menjadi terisi dengan tulisan-tulisan yang menarik, dan hasil tulisannya bisa menghasilkan secara finansial.

Bab kesepuluh, Membuka Toko Online Melalui Blog. Membuka toko online melalui blog memang kelihatannya mudah. Namun mengelolanya dengan kreativitas yang tinggi bukan perkara mudah. Dibutuhkan stratetegi pemasaran atau marketing yang jitu agar orang tertarik membeli barang itu. Seolah-olah mereka melihatnya secara langsung. Mempercayai dengan sepenuh hati kalau barang yang dipesannya berkualitas baik. Azas saling percaya harus dijunjung tinggi. Bila tidak, maka transaksi berikutnya sudah tidak ada lagi, karena kepercayaan konsumen atau pelanggan sudah luntur.

Bab kesebelas, Mari Membuat Buku dari Hasil Nge-Blog! Berkat ngeblog setiap hari seorang blogger dapat menghasilkan buku. Contohnya Omjay. Tak terasa sudah 10 buah buku penulis terbitkan wakti itu (tahun 2010). Kini telah lebih bayak lagi. Bukunya akan terus bertambah seiring dengan rajinnya penulis di blog pribadi maupun keroyokan yang dikelola secara professional. Ada beberapa alasan orang untuk ngeblog. Di antaranya: (1) Ngeblog untuk tempat berbagi; (2) Representasi Diri; (3) Inkubator; (4) Ngeblog sebagai proses pembelajaran dan berlatih menulis; (5) Ngeblog untuk menjalin dan memperbanyak teman/relasi/persahabatan; (6) Ngeblog untuk mencari tambahan penghasilan; (7) Buku (berkat ngbeblog bisa menerbitkan buku); dan (8) Promosi (blog bisa dijadikan sebagai sarana promosi).

Buku tersebut sangat menginspirasi pembaca. Siapapun yang membaca buku tersebut dengan suka cita tentu akan menemukan manfaat yang amat besar. Buku yang disajikan dengan bahasa yang empuk dan renyah ini membuat penulis untuk tudak berhenti membaca sebelum menyelesikannya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s