Sejarah Olimpiade TIK Nasional (OTN)

Banyak orang belum tahu sejarah diadakannya Olimpiade TIK Nasional yang disingkat OTN. Kegiatan ini alhamdulillah sudah memasuki tahun keempat. Tak terasa sudah mau keempat kali kegiatan OTN akan kami selenggarakan.

otn

Kegiatan OTN diadakan dalam rangka keprihatinan kami tentang dihilangkannya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kurikulum 2013. Kita sebagai bangsa mengalami kemunduran dalam bidang penguasaan TIK. Hal itu dapat dengan mudah kita lihat. Banyak peserta didik yang tidak menguasai TIK dengan baik di sekolah. Kalaupun ada, hanya di sekolah sekolah mampu dan kota besar SAJA.

WhatsApp Image 2019-10-07 at 11.33.10

Akhirnya, kami memutuskan untuk mengadakan kegiatan Olimpiade TIK Nasional. Tujuannya jelas, agar TIK dikuasai kembali anak negeri dengan konten yang berbeda. Kita harus tinggalkan materi TIK masa lalu, dan mulai mengembangkan materi TIK Masa depan.

otn4

Dari hasil rapat panitia OTN, kami sepakati untuk kegiatannya dilaksanakan di kantor kementrian pendidikan dan kebudayaan, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat. Pak Sutan siap menjadi ketua panitia OTN yang pertama tahun 2016. Beliau bukan guru TIK, tapi kegigihannya dalam mendukung perjuangan guru TIK, jangan ditanya. Walaupun beliau guru olahraga, namun beliau melihat TIK ini sangat penting dikuasai oleh siswa Indonesia.

OTN pertama tahun 2016 berjalan sukses. Jujur harus diakui, masih banyak kekurangannya. Hal tersebut kami perbaiki di kegiatan OTN yang kedua tahun 2017. Pak Yoyon, guru bahasa Inggris siap menjadi Ketua Panitia. Beliau datang jauh dari Cirebon, dan mau berkeringat demi suksesnya OTN di kantor kemendikbud. Terharu saya kalau melihat videonya di http://youtube.com.

OTN ketiga lebih seru lagi. Permintaan kawan-kawan di Indonesia bagian timur harus kami ikuti. OTN ketiga kami adakan di Denpasar, Bali. Pak Jojo guru multimedia siap menjadi ketua panitia OTN. Kami pun berangkat ke pulau dewata dengan semangat 45. Pengalaman jadi relawan OTN, sudah banyak saya tuliskan, biarlah jejak digital itu anda dapatkan dengan mengetik keyword OTN.

WhatsApp Image 2019-10-23 at 11.02.58

Kegatan tidak hanya lomba untuk siswa, tapi juga seminar untuk guru. Tahun ini, kami berharap banyak guru datang ke Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara OTN didukung penuh oleh PGRI dan APKOMINDO. Kegiatannya bersaman dengan pameran komputer terbesar di Asia. Namanya Indocomtech.

indocomtech

Buat anda yang ingin tahu sejarah panjang Olimpiade TIK Nasional (OTN), sering-seringlah berkunjung ke blog guru blogger Indonesia. Dalam blog http://wijayalabs.com akan anda temukan sejarah kegiatan OTN hingga saat ini. Juga anda bisa temukan di google.com dengan keyword olimpiade tik nasional (OTN).

Pak Youri ditunjuk sebagai ketua Panitia OTN yang keempat. Beliau bukan guru TIK, namun semangat untuk mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran jangan ditanya lagi. Kami telah menyusun bukunya dengan nama INFORMATIKA. Kini TIK kembali ke dalam kelas dengan nama baru INFORMATIKA. Ayo belajar INFORMATIKA di kelas-kelas kita, dan pastikan kamu mampu menguasainya dengan baik.

WhatsApp Image 2019-08-19 at 13.14.33.jpeg

Ikatan guru TIK PGRI sedang menyusun bukunya agar dikuasai oleh siswa Indonesia. Kami akan terus memperbaikinya agar materinya tidak jadul dan mengikuti era milenial yang harus mampu menguasai literasi digital. Oleh karena itu, kegiatan workshop elarning akan terus kami lakukan. Bulan ini kami akan meluncur ke Belitung Timur (kota ke-51 yang kami kunjungi). Ibu Wiwin dan Ibu Betti kami kirimkan ke sana untuk belajar dan berbagi ilmu Elearning.

elearning

Mari kita ramaikan OTN yang keempat di JCC Senayan Jakarta Pusat. Pastikan anda hadir dan mengajak teman lainnya di acara yang bergengsi ini. Kita ukir prestasi tinggi di ajang lomba OTN dan temukan teman-teman baru di acara yang bersejarah ini. Acara yang ada setahun sekali di negeri ini.

jcc

Mari ajak teman-teman kita untuk ikut OLimpiade TIK Nasional tahun ini. Buat kawan kawan di seluruh tanah air. Ayo kita meriahkan kegiatan olimpiade tik nasional yang keempat. Tak ada dana dari apbn seperti olimpiade sains nasional atau OSN. Namun berkat kebersamaan dan semangat gotong royong, alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar setiap tahunnya.

Ratusan guru dari seluruh Indonesia hadir di acara seminar nasional dan ribuan siswa hadir mengikuti 10 lomba. Terima kasih kami ucapkan kepada Pengurus Besar PGRI yang telah mendukung kegiatan ini. Ayo jangan lewatkan kesempatan emas ini karena kegiatannya berbarengan dengan pameran komputer terbesar di Asia.

Jangan lupa kirim donasinya ke rekening kami!

donasi

Pendaftaran OTN 2019
www.bit.ly/OTN2019

Surat undangan http://www.bit.ly/UndanganOTN2019

Juknis OTN 2019 http://www.bit.ly/JuknisOTN2019

Semnas ICT untuk umum, Kamis, 31 Oktober 2019, di JCC Senayan Jakarta, Donasi Rp. 100.507,- Info wa 08159155515 bit.ly/SemnasICT

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s