Ukg

Uji Kompetensi Guru

Kemarin tersebar kabar akan ada uji kompetensi guru yang disingkat UKG di provinsi DKI Jakarta.

Infonya viral ke banyak wa group dan media sosial lainnya. Banyak guru di dki harap harap cemas.

Mulai banyaklah kisi kisi soal ukg bertebaran. Banyak guru belajar dan berlatih soal soal. Khususnya soal soal pedagogik yang dianggap sulit oleh sebagian guru.

Saya sendiri mendapatkan kartu ukg yang saya unduh sesuai nomor ktp. Saya mendapatkan tempat UKG di SMKN 51 Jakarta Timur.

Dagdigdug juga hati ini. Maklum sudah lama juga kami para guru tidak ikut UKG. Namun, sebagai guru yang telah menikmati tunjangan profesi guru (TPG) kami diwajibkan mengikutinya.

UKG memang harus dilaksanakan sebagai data GTK kemdikbud untuk melihat dan mengukur kompetensi guru saat ini. Dari data itulah kemdikbud dapat melakukan perbaikan dan pelatihan kompetensi guru.

Semoga soal soal yang diujikan sesuai dengan kisi kisi soal UKG yang diberikan. Sudah mulai banyak soal hoaks bertebaran di media sosial. Semoga guru mendapatkan info soal dan kisi kisi yang benar.

Di sinilah peran asosiasi profesi dan keahlian sejenis (APKS) berfungsi di PGRI. APKS memjadi tempat guru belajar dan meningkatkan kompetensi guru untuk menjadi guru profesional sesuai mata ajar yang diampunya.

UKG adalah salah satu fokus program kerja APKS PGRI yang seharusnya ada di dalam organisasi ini. Smart learning and character center (SLCC) yang ada di gedung guru Indonesia dapat dijadikan pusat pelatihan guru yang ingin meningkatkan nilai UKGnya.

Selamat menempuh UKG kawan kawan guru. Sayapun juga akan mengikutinya. Mari kita belajar bersama melalui dunia maya.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s