Resume Pentigraf Oleh: Etik Nurinto

RESUME MATERI 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7

PERTEMUAN KE-2

Sabtu , 28 Maret 2020

Materi : CERPEN TIGA PARAGRAF (PENTIGRAF)

Narasumber : Rosiana Febriyanti

  (Guru SMAIT Al Kahfi –Bogor)

Resume Oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD

Guru SDN Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang , Kab. Pemalang , Prov.Jawa Tengah

WA : 083861118484

Pertemuan ke-2 Belajar menulis Gelombang 7 WA Group dimulai pukul 19.00 WIB -21.00 WIB. Narasumbernya Ibu Rosiana Febriyanti dari Al Kahfi Bogor dengan Materi Cerpen Tiga Paragraf (Pentigraf). Pertemuan dimoderatori oleh Om Jay, Ibu Rosiana lalu dipersilahkan menyampaikan Materi Pentigraf.  Setelah mengucapkan salam Beliau kemudian menyampaikan Materi antara lain :

  • PENGERTIAN PENTIGRAF

Pentigraf adalah akronim dari Cerpen Tiga Paragraf (alinea). Bukan sembarang tiga paragraf yang datar, melainkan ada kesimpulan di akhirnya, bahkan dibumbui dengan akhir yang manis atau menyedihkan.  

  • CIRI –CIRI PENTIGRAF

Ciri-ciri Pentigraf antara lain :

  1. Panjang tulisan adalah 3 paragraf
  2. Satu paragraf hanya memiliki satu gagasan pokok
  3. Secara teknis penulisan di komputer satu paragraf satu kali ENTER
  4. Sebagai cerpen , pentigraf memiliki ciri –ciri Narasi yaitu :
  1. Alur(ada konfliknya)
  2. Tokoh (yang menggerkan alur)
  3. Topik (persoalan yang dialami tokoh)
  4. Latar (waktu, tempat, dan suasana)

  • PROSES KREATIF 

Ide bisa diperoleh darimana saja, terlebih dari pengalaman pribadi. Ide tersebut tidak dituangkan mentah-mentah seperti curahan hati atau menulis berita. Ide dikelola menjadi cerita baru yang menarik dalam kemasan dan bahasanya. Pentigraf boleh diawali dengan memunculkan konflik atau solusi atau pengenalan karakter tokoh. Endingnya pun beraneka ragam. Ada yang membahagiakan . ada yang menyedihkan . ada pula yang twist atau memberi kejutan.

Dialog dalam pentigraf diminimalkan , diubah dalam bentuk narasi atau deskripsi. Paragraf jangan terlalu panjang dan jangan terlalu banyak percakapan .Dalam paragraf maksimal hanya satu kalimat langsung.Panjang pentigraf sekitar 210 kata. 

  • STRUKTUR CERITA

Struktur sebuah pentigraf adalah permulaan, tengah dan penutup. Setiap bagian ini isilah dengan pembeda . Kisah harus terus bergerak maju lengkap dengan konflik dan resolusi.Paragraf kedua berisi alur, didalamnya konflik yang dialami tokohnya. Hanya ada satu kalimat langsung. Dialog lainya dinarasikan saja.Paragraf ketiga berisi resolusi atau  kesimpulan. Diparagraf akhir buatlah kesimpulan yang menarik dan berkesan sehingga mudah diingat oleh pembaca. Ada twist atau kejutan diakhir kisah. Ada kejutan yang tidak terduga.Hal ini bisa membuat orang ingin membaca lagi dari awal.

 Ibu Rosiana lalu memberikan contoh beberapa Pentigraf disertai penjelasan isi dari contoh pentigraf itu. Kemudian mempersilahkan peserta menulis pentigraf sekitar Pukul 19.33 membuka sesi tanya jawab.

Masing-masing Peserta antusias mengirim pentigraf dan Ibu Rosiana mengoreksi dan menanggapi kelebihan dan kekurangan tulisan dari masing –masing peserta disertai dengan penjelasannya.

Diakhir pertemuan Ibu Rosiana memotivasi agar menggali potensi menulis para peserta. Dan menuliskan juga pantun sebagai penutup. 

Dan Tugas dari Omjay untuk membuat Resume Materi Pentigraf dan dikirim ke email Omjay sebagai Tugas Belajar Menulis pertemuan ke-2

Komentar ditutup.