Surat Untuk Mas Menteri Nadiem Makarim

Jakarta, 13 Mei 2020

omjay-pgri

Surat Untuk Mas Menteri Nadiem Makarim

Semoga mas menteri dalam keadaan sehat wal’afiat dan saya ingin sekali bertemu mas menteri setelah hari raya Idul Fitri. Itulah doa saya malam ini bersama istri.

Semenjak wabah covid-19 saya bekerja dari rumah. Banyak kegiatan online dilakukan. Mulai dari mengajar online sampai berbagi pengalaman mengajar kepada guru lainnya. Semua itu terinspirasi dari Webinar PGRI dengan tema menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah. Bahkan kami menyelenggarakan lomba blog Hardiknas dan pemenangnya dari NTT.

Banyak pengalaman guru di daerah yang dituliskan melalui blog. Bagus sekali tulisannya. Anda bisa membacanya di https://wijayalabs.wordpress.com/2020/05/02/inilah-peserta-lomba-tantangan-menulis-hardiknas-guru-blogger-indonesia-dan-cerita-omjay-di-hari-kesembilan-bulan-ramadhan/.

Selama bulan Ramadhan, saya mengajak para guru untuk belajar menulis dan menerbitkan  buku secara gratis di WA Group. Para narasumber saya minta dari guru yang telah sukses menerbitkan bukunya.

Kapan ya saya bisa berdiskusi dengan mas menteri? Saya ingin bercerita bagaimana kawan-kawan guru menulis dengan semangat tinggi. Keterbatasan fasilitas tidak membuat mereka pasrah dengan keadaan.

Mereka penuh semangat menyusun buku informatika kelas berikutnya. Karya mereka sudah pernah saya berikan langsung ke mas menteri. Waktu itu mas menteri mengundang perwakilan organisasi profesi guru.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis dalam surat ini. Setiap hari guru-guru Indonesia belajar dari seminar guru daring milenial yang digagas oleh Prof. Eko Indrajit kepala SLCC PB PGRI.

Demikianlah surat ini saya buat di malam Lailatul Qadar. Malam yang sangat indah di bulan Ramadhan. Hujan lebat baru saja turun. Semoga rumah kami tidak kebanjiran lagi. Aamiin.

WhatsApp Image 2020-05-13 at 00.50.08 (1)

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wijaya Kusumah (Omjay)

Guru TIK SMP Labschool Jakarta

42 responses to “Surat Untuk Mas Menteri Nadiem Makarim

  1. Komang Eli Mahayani

    Mantul Om Jay. Kegiatan yang sangt bermanfaat bagi guru terlebih dlm masa pandemi ini.

  2. Terimakasih om jay,bgt hebat materinya krn usiaku sdh menjelang pensiun ngga bs di top up ,hati ingin seperti masih muda,tp krn usia sdh 56 thn dan karir sdh tdk punya harapan ,tinggal pengabdianku kpd Negara Agama nusa dan bangsa,om jay maju terus

  3. Semoga omjay bisa ketemu mas mentri, aamiin.

  4. Noralia Purwa Yunita

    Seperti kata prof Eko, ada berkah dibalik wabah. Kita tidak mungkin bisa belajar IT untuk mendukung pembelajaran daring kita jika tidak “dipaksa” karena adanya wabah. Kita juga tidak mungkin berjumpa untuk belajar menulis jika bukan karena adanya wabah. Tapi tetap saja semoga wabah segera berakhir dan keadaan normal kembali.amin

  5. nurcholifahspdmpd

    Tulisan yang luar biasa inspiratif. Saya sangat senang ikut gabung dalam pelatihan ini karena diajarkan berbagai model pembelajaran daring seperti cisco webex, membuat blog dan ada kegiatan sharing dari guru berprestasi sehingga memacu kita untuk menjadi lebih baik.

  6. Amazing sekali, dalam tajuk “Inilah Peserta Lomba Tantangan Menulis Hardiknas Guru Blogger Indonesia dan Cerita Omjay di Hari Kesembilan Bulan Ramadhan” mampu membawa dunia dalam keluarga menjadi sentral pendidikan, yang bisa mengontrol dan memandu proses lajunya pendidikan di tengah bawah covid 19. Hal ini mengingatkan kita dengan semangat “Baity Jannaty yaitu Mengembalikan rumah sebagai pusat pendidikan pertama dan utama” menjadi dasar untuk selalu berkarya di rumah. Dibuktikan dengan adanya 49 blog guru yang telah ditampilkan dan dipilih oleh Om. Jay…. Jayalah terus pendidik-pendidik kreatif bangsa, maju terus dunia pendidikan Indonesia dan jayalah negaraku….

  7. senang bisa bersahabat dengan tuan Wijaya Kusumah yang terus memotivasi lewat tulisan-tulisannya di blog. Bahwa ada kuliah online saya tidak selalu mengikuti secara rutin dan runut. Tapi selalu memantau bila jaringan baik dan punya paket data. Tentang isi blog ini, luar biasa. Congratulation untuk guru dan siswa yang mendapat kehormatan bersua Pak Menteri. You are blessed tuan Wijaya.

  8. Tulisan yang selalu inspiratif semoga Omjay dipertemukan dengan Pak Menteri

  9. Ada yang tak urung dilakukan Om Jay, memulai bekerja sebelum yang lainnya mengikuti dari belakang. Om Jay bukan orang yang berjiwa penguasa lalu bisanya memerintah atau mendikte saja. Tepat yang telah dilakukannya sebagai harapan Mas Nadiem. Semoga jadi refensi dan inspirasi, Om Jay. Terima kasih.

  10. Kegiatan yang sangat bermanfaat, pemateri yang luar biasa dan salling terkait sehingga dapat membangkitkan motiivasi peserta untuk teeus menulis

  11. semoga komunitas guru menulis semakin berkibar dan menghasilkan karya-karya yang menginspirasi dan menggebrak Indonesia sehingga guru-guru dan siswa Indonesia siap menyongsong generasi emas Indonesia

  12. Hikmah dari adanya virus corona-19 memaksa kita untuk tinggal di rumah saja, sehingga muncul pembelajaran dan pelatihan secara online, karena kita tidak bisa berkumpul utk bertatap muka. Saya senang bisa bergabung di grup wa belajar bareng Omjay. Jika tidak ada corona , mungkin saya tidak bisa mengenal sosok Omjay yg mengispirasi dan selalu semangat dalam menulis. Ambilah hikmah dari setiap peristiwa, pasti ada sesuatu yang bermanfaat untuk kita. Terima kasih utk Omjay dan semua yang terlibat dalam pelatihan ini, mf saya belum aktif berpartisi[asi, baru bisa menyimak. Namun banyak ilmu yang saya dapat dari narasumber dan teman-teman semua. Semoga kita menjadi insan yang lebih baik dan bermanfaat aamiin.

  13. DEASY ARIYATI

    tulisan omjay selalu menginspirasi

  14. terimakasih om jay atas ilmu dan pengalaman yang telah dibagikan, saya senang mengikuti pelatihan ini, dan semoga keinginan untuk bisa bertemu dengan menteri pendidikan tercapai

    amiin 🙏

  15. Selamat bertemu mas Mentri OmJay

  16. ” Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah. Pendidikan tak berhenti di bangunan sekolah saja, tapi juga di rumah, di jalan & di mana-mana ”
    Ki Hajar Dewantara

  17. Terima kasih Om Jay telah memberikan ilmu yang banyak, terlebih di saat pandemi skrng ini, smg sukses selalu, aamiin yra.

  18. Waffik Barokah

    Mantap om Jay, semoga suratnya cepat dibaca oleh mas Mentri d cepat terealisasi permintaannya, aamiin

    Oh ya om Jay ajak juga dong agt WAG gel 8 berdiskusi daring sama mas Mentri, 😆🙏

  19. Hebat Omjay. Suart untuk Mas Menteri

  20. donieks smaradhana

    Semoga omjay bisa segera ketemu pak mentri untuk menyampaikan kegiatan dan menyampaikan apa yg sudah guru kerjakan.

  21. agussetiawan0891

    Di balik wabah corona ada hikmah yang di ambil, yang dimana kita mejadi terbiasa dalam hal digital seperti pemblejaran online maupun seminar online. Semangat untuk belajar bagi murid murid dan guru guru tidak pernah padam walaupun dalam kondisi seperti wabah covid 19. Banyak inovasi pemblejaran yang menarik melalui teknologi

  22. Sebelumnya,Saya ucapkan terima kasih kepada Om Jay,,,yg telah berinisiasi untuk mengadakan kegiatan ini dan telah memberi kesempatan kepada guru – guru, termasuk saya untuk belajar.

  23. Dwi Mulyanti

    Inspirasi yang positif mendorong saya ingin terus menulis

  24. Program yang bagus sekali untuk meningkatkan kemampuan guru guru untuk belajar menulis di era milenial.

  25. tini suhartini

    Waalaikumsalam warahmatullahi wa barokatuh Alhamdulillah membaca surat yang di buat oleh om Jay penuh dengan pengalaman inspiratif dan menginspirasi hingga saya termotivasi untuk terus belajar, belajar dan belajar menulis
    Semoga barokah dan selalu dibrahmati Allah AZZA WA Jalla aamiin ya Rabb ballaalamiin

  26. tini suhartini

    Waalaikumsalam warahmatullahi wa barokatuh..tulisan yang menginsipirasi saya untuk belajar, belajar dan belajar menulis.terimaksih om Jay

  27. Guru Indonesia Hebat, berjuang bukan hanya demi dirinya sendiri, tetapi demi Bangsa dan Negara Indonesia

  28. Inspiratif..semoga Omjay bisa bertemu pak menteri dan menyalurkan aspirasi guru-guru Indonesia

  29. Sip
    Oh ya pak ada yg ingin saya tanyakan
    Mungkin saya terlambat
    Apakah peltihan ini lanjutan dari 10 hari yang kemarin atau beda lagi ya
    Sepahaman saya hanya 10 hari kemarin

  30. Surat yang bagus untuk Bapak Menteri, semoga Bapak menteri berkenan memberikan apresiasinya dalam kegiatan guru-guru di kelas menulis bersama Omjay. Ucapan terima kasih saya persembahkan kepada para pemateri yang sangat berkompeten dengan bidang ilmu yang digelutinya dan terutama kepada Omjay yang telah membukakan mata hati saya sebagai guru agar terus belajar. Karena melalui kegiatan ini Saya menjadi tahu bahwa seorang guru harus selalu meningkatkan kemampuannya sesuai tuntutan zaman, agar bisa mendidik anak didiknya dengan maksimal sesuai perkembangan zaman dimana anak didik berada. Hal ini selaras dengan pendapat dan anjuran Khalifah yang diteruskan kepada para ulama.

  31. lies muhshonati

    Semoga semangat Om Jay menginfeksi kita dengan sukses. Saya ingin lebih banyak menulis.😁💪🙏

  32. Juni Susanti

    Sekali pun ajang ini tidak bisa untuk ku tapi aku tetap berterimakasih karena informasi yg kudapatkan akan kubagikan buat yang pas sesuai dg peruntukkannya, dan saya hanya bisa memotivasi mereka agar tergerak hatinya, untuk segera membuka diri menyesuaikan dunia yang penuh kompetisi.
    Jangan biarkan kesempatan ini berlalu!
    kesempatan tak kan dating tuk kali yang kedua.
    teriring salam sukses dari Intim (Indonesia Timur)
    Santi~ Jayapura

  33. Para Guru dan Murid SD Hebat di Indonesia

    Kami berharap Anda beserta keluarga dalam keadaan yang sehat dan tetap bersemangat. Apresiasi kami ucapkan atas partisipasinya telah mengirimkan surat untuk Mas Menteri Nadiem Makarim.

    Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait kegiatan Hikmah Hari Kemenangan di Masa Pandemi, Surat untuk Mas Menteri Nadiem Makarim, Bapak/Ibu dan Adik-Adik dapat melihat informasi tersebut pada https://bit.ly/FAQ_SuratUntukMendikbud.

    Terima kasih telah ambil bagian untuk mewujudkan pendidikan terbaik bagi seluruh murid di Indonesia.

    Hormat Kami,

    Tim Admin Kemendikbud

  34. Semoga dengan kegiatan yg selama ini dibimbing om jay bisa menambah pengetahuan dan kemampuan kami untuk mencerdaskan anak bangsa..

  35. Semoga bisa bertemu sama mas mentri Om Jay….semangat!

  36. isi suratnya bagus om semoga beri barokah pada dunia pendidikan

  37. istina andriani

    Mantap tulisannya sangat menginspirasi

  38. Amat Misnadi

    Pandemi datang tiba tiba,
    kebanyakan kita merasa tak berdaya saat menjalankan tugas tanpa tatap muka, segera kita tersadar bahwa IT harus dioptimalkan, apalah daya kita tak punya cukup pengetahuan…

    format terbaik pembelajaran, dalam penyajian, evaluasi, dan penilaian harus segera ditemukan, atau kita akan semakin jauh ketinggalan…

    Mari maknai pandemi sebagai musibah dan kita harus memetik hikmah. Mari tumbuhkan semangat untuk terus belajar hal-hal baru agar kita adaptif terhadap berbagai perubahan yang sudah menjadi keniscayaan…

  39. Tulisan yang bagus suksesk selalu untuk om jay, dan terima kasih buat om Jay yang telah memfasilitasi kami selama ini. Kegiatan yang bagus dengan mendatangkan pemateri yang handal🙏

  40. Terima Kasih OmJay tulisan Anda selalu menginspirasi . Setiap membaca tulisan Anda yang meluncur ringan tanpa beban , apa adanya memotivasi saya bahwa terampil menulis itu tidak hanya butuh inspirasi tapi juga keberanian dan rasa percaya diri bahwa tulisan kita layak untuk dihargai. Semangat!

  41. Ma'ruf Anshori

    Semoga dengan kegiatan yang digagas Om Jay ini, semakin banyak guru yang bertambah semangat dan kepercayaan dirinya untuk menulis dan tentu saja untuk mencerdaskan anak bangsa. Mudah-mudahan dikabulkan do’anya untuk bertemu dengan Mas Menteri ya Om Jay….