Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah bersama Omjay

Belajar menulis gelombang 10 Oleh: Tari Anggraini

omjay-labschool

Pertemuan ke

Hari & tanggal

:

:

14

Senin, 18 Mei 2020

Nara Sumber : Bapak Wijaya Kusuma /Om Jay
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Topik : Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah
Peresume : Tari Anggraini

Assalamu’alaikum.Wr.Wb

Hari ini senin, 18 Mei 2020. Puasa Ramadhan sudah mencapai hari ke- 25, biasanya saya dan anak saya Husna sudah berada di kampung halaman. Saya biasa mudik lebih dulu daripada suami dan saudara-saudara saya yang lain. Sebagai seorang guru, libur lebaran biasa nya lebih dulu daripada yang bekerja sebagai karyawan. Agar bisa lebih lama di kampung berkumpul dengan ibu, saya lebih suka mudik duluan. Almarhum ibu saya juga sangat bahagia jika saya bisa berlama-lama di kampung.  Namun lebaran tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya, hasrat untuk segera mudik agak berkurang, karena hari lebaran ke-2 tahun lalu, Allah memanggil ibu saya untuk pulang ke pangkuan-Nya.

Pandemi covid-19 menjadikan kami tidak bisa mudik tahun ini. Sedih pasti, namun kami berusaha mentaati peraturan pemerintah untuk tidak mudik dulu lebaran ini. Masih ada ibu mertua yang menunggu kami di kampung, besar harapan kami untuk bisa mudik agar bisa berjumpa dengan beliau. Semoga pandemi ini segera berlalu, sehingga semua kembali normal dan kami bisa bersilaturahmi ke kampung halaman.

Hari-hari selama Ramadhan masih bisa saya manfaatkan untuk belajar bersama di kelas menulis ini. Seperti hal nya siang ini, adalah pertemuan ke-14 dalam kelas menulis bersama Om Jay. Narasumber hari ini Bapak Munif Chatib berhalangan hadir, sehingga Om jay mengambil alih untuk pemberian materi. Om Jay siang ini mengisi materi belajar dengan tema “Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah”. Mari kita simak bersama, agar bisa mengambil pelajaran dari apa yang disampaikan beliau. Bismillahirrohmanirrohim. Rodhitu billahi robba, wabil islami dina, wabi muhammadin nabiyya warosula, robbi zidni ilma, warzuqni fahma.aamiin…

Kendala Pembelajaran Jarak Jauh 

Pembelajaran dirumah adalah kegiatan yang dilakukan dari rumah oleh guru dan siswa. Pembelajaran akan menjadi efektif jika suasananya menyenangkan. Pembelajaran dilakukan menggunakan handphone atau perangkat komputer, tentu saja dengan didukung jaringan internet yang lancar. Pelajaran yang awal nya menyenangkan bisa berubah menjadi menegangkan jika terjadi gangguan pada jaringan internet, karena komunikasi siswa dengan guru terputus karenanya. Namun demikian, bukan hanya sambungan internet yang menjadi kendala disini, banyak hal lain yang menjadi kendala dalam PJJ, seperti siswa yang tidak punya smartphone, atau siswa tidak mampu membeli kuota internet.

Pola adalah suatu system kerja atau cara kerja sesuatu, sedangkan menurut kamus antropologi pola adalah rangkaian unsur- unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambarkan atau mendeskripsikan gejala itu sendiri.

Menciptakan Menciptakan adalah membuat sesuatu yang belum ada menjadi ada. Dari sesuatu yang benar-benar tercipta karena kondisi yang di buat oleh guru itu sendiri sesuai dengan tehnologi yang ada.

Efektif Efektif bisa di artikan sebagai suatu usaha yang dapat mencapai tujuan secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Atau dapat juga diartikan sebagai usaha yang tak pernah lelah sebelum yang di harapkan tercapai.

Rumah Adalah bangunan yang dijadikan tempat tinggal seseorang selama jangka waktu tertentu rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menempati, seperti ungkapan “ Rumahku Surgaku”.

Dari pengertian-pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa, pola belajar dari rumah adalah suatu susunan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maksimal, dari suatu tempat yang nyaman, agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan, pembelajaran harus menyenangkan semua. Menyenangkan bagi guru dan juga menyenangkan bagi siswa, sehingga hasil pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan. Pola pembelajaran tersebut dibuat agar menghasilkan pola belajar yanga efektif bagi siswa oleh guru, namun dilaksanakan dari rumah masing-masing. Proses pembelajaran ini dilaksanakan secara online, dan dapat diikuti oleh seluruh siswa, tentunya dengan penyesuaian dan modifikasi yang dilakukan oleh masing-masing guru.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Terlaksana PJJ yang Efektif

Agar terlaksana Pembelajaran jarak jauh yang bermutu, perlu dilakukan beberapa langkah dibawah ini :

  1. Adanya jadwal pelajaran dan jadwal kegiatan. Kegiatan belajar di rumah akan terlaksana dengan terarah sesuai dengan jadwal yang telah dibuat yang disesuaikan dengan kondisi siswa.
  2. Kerjasama antar guru dan orang tua dalam mendidik siswa. Guru mengarahkan, dan orang tua melakukan pendampingan dan pengawasan dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah.
  3. Suasana dan tempat yang nyaman untuk belajar. Suasana tempat tinggal dan perlengkapan belajar yang tepat akan menjadikan siswa lebih semangat dan giat dalam belajar.
  4. Disiplin dan konsistensi. kegiatan belajar yang dilakukan secara disiplin, konsisten dan berkesinambungan akan terbentuk karakter siswa baik, mandiri dan cerdas.
  5. Membaca buku referensi. Kegiatan membaca buku dilakukan untuk menambah pengetahuan siswa secara berproses. Selain dari pada mendapatkan pengetahuan dari internet, buku adalah sumber pengetahuan yang baik.
  6. Penilaian. Pengambilan nilai bertujuan untuk pengukuran kemampuan siswa setelah proses belajar yang dilakukan. Hal ini juga dapat digunakan sebagai refleksi untuk guru, agar mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Sehingga dapat dilakukan perbaikan jika belum mencapai target yang ditentukan, tentunya dengan menyesuaikan keadaan siswa di rumah nya masing-masing.

Mungkin pada awalnya akan ada ketidaknyamanan dan kurang leluasa dalam pelaksanaan pembelajaran secara online, baik bagi guru maupun siswa. Namun mengingat keadaan yang tidak memungkinkan untuk tatap muka, sehingga semua pembelajaran harus dilakukan secara tatap maya. Secara tidak langsung kita dipaksa untuk belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai komunikasi secara online. Hal yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh kita semua. Perkembangan yang harus kita ikuti agar kita bisa terus exis di jaman yang semakin berkembang ini.

Kesimpulan:

Pembelajaran jarak jauh mengajarkan kita untuk lebih disiplin, konsisten dan melek teknologi. Pembelajaran yang dilakukan dengan disiplin dan konsistensi akan melahirkan pribadi siswa yang cerdas dan berkarakter. Kerjasama antara orangtua dan guru akan membantu siswa tumbuh jadi pribadi yang mandiri dan  mumpuni. Guru harus terus belajar agar bisa mengajar dengan  lebih baik. Orang tua harus mau belajar, agar bisa menjadi pendamping yang hebat bagi putra putrinya di rumah. Karena pada hakikatnya kita semua adalah pelajar, karena belajar itu sepanjang hayat. Tidak hanya sepanjang galah yang ada batas maksimalnya. Belajar adalah menimba ilmu tanpa batas. Tak mengenal batas waktu, usia, kapan dan dimana. Semangat belajar dan berlatih agar kita cerdas dan terampil dalam  menyongsong kehidupan di masa depan. Menjadi pribadi yang rendah hati dan dapat memberi manfaat bagi sesama dan agama. Demikian dari saya, mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan.

Assalamualaikum.Wr. Wb

Tarianggrani87.blogspot.com

Saya guru SDN Total persada kota Tangerang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s