Segeralah menulis

Saatnya Bangun dan Mulai Menulis.

Lomba blog PGRI memasuki hari ke-17 di bulan Kasih Sayang ini. Semangat peserta semakin meninggi. Saya membaca email mereka setiap hari.

Terkadang suka senyam senyum sendiri. Ada yang kirim cuma file word saja dan lupa kirim link blog. Ada juga yang cuma satu kirim alamat url blog. Padahal dalam ketentuan lomba blog sudah sangat jelas. Tulisan di posting di blog pribadi dan website terbitkanbukugratis.id.

Kemampuan membaca guru-guru kita masih rendah. Kita harus mengakuinya. Itulah mengapa saya dan kawan-kawan mengadakan lomba agar kemampuan membaca dan menulis kita terus terasah.

Saatnya bangun dan mulai menulis. Lawan kemalasan diri. Taklukan dirimu dengan membaca buku. Hidupmu akan semakin bermakna ketika banyak membaca.

Kemampuan membaca cepat harus dikuasai. Agar kita mampu menyerap informasi. Setiap hari banyak informasi yang kita dapatkan untuk mencerdaskan diri. Pandai-pandailah memilah informasi.

Tidak mudah menulis dan membaca setiap hari. Namun itu bisa kita lalui bila mampu berdamai dengan diri. Duduklah sebentar dan mulai menulis kegiatan anda hari ini.

Membaca adalah santapan wajib para penulis. Minimal anda telah membaca tulisan sendiri. Kalau kurang pas dan enak dibaca, editlah kata demi kata agar terangkai indah. Kurang huruf itu biasa. Kita bisa mengeditnya setelah apa yang ada dalam kepala dituliskan. Proses menulis harus dipisah dengan proses mengedit. Dengan begitu tulisanmu akan semakin enak dibaca publik.

Sambil memberi makan kucing dan 3 ekor anaknya saya menuliskan cerita ini. Si Pilek sekarang senang sekali. Ketiga anaknya lahir lucu sekali. Pagi-pagi sudah mengeong minta makan. Sayapun memberinya makanan kucing yang dibeli istri seminggu sekali. Anggaran membeli makanan kucing bertambah lagi. Belum ditambah makanan untuk Si Bonbon, Si Panda dan Si Ucrit. Mereka banyak sekali makannya.

Kembali ke laptop eh ke HP. Saolnya eh soalnya saya menulis pakai 2 jempol di HP. Begitulah saya menulis. Di WA Group Rumah Virus Literasi. Saya biasanya mengedit di facebook. Lalu saya sebarkan ke semua wa group yang saya ikuti.

Dalam WA group tersebut, setiap peserta wajib menulis apa yang disukai dan kuasai. Mr. Emcho akan mengingatkan peserta bila belum menulis hari ini. Ibu Mila akan rajin mencatat nama-nama yang menulis pekan ini. Berada dalam wa group para penulis, membuat saya menjadi aktif dalam membaca dan menulis.

Tantangan menulis setiap hari membuat saya merasakan bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan. Namun sebelum menulis, saya biasakan untuk membaca sebanyak banyaknya. Ibarat teko yang kosong, saya isi dengan air panas agar bisa membuat teh dan kopi kesukaan hati. Sebuah teko yang kosong dan tidak ada airnya, tidak mungkin bisa mengeluarkan air untuk membuat teh dan kopi.

Begitu juga dengan menulis. Dahulukan dengan proses membaca. Dengan begitu anda tak akan kehabisan kata-kata dalam menulis. Perbendahaan kata anda cukup banyak untuk dikeluarkan dalam tulisan yang berkesan.

Hiduplah dengan banyak membantu orang lain. Hidup anda akan semakin bahagia karena telah membantu sesama. Hidup akan penuh berkah dan engkau akan senang karena telah membantu orang. Saya membantu orang lain dengan tulisan.

Inilah beberapa faedah membantu Orang Lain yang jarang Anda ketahui!

Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Sampai nanti ya! Jangan lupa pesan buku terbaru Omjay. Hehehe.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

One response to “Segeralah menulis

  1. mantab… kurangi gorengan oom.. itu ada foto gorengan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s