Berkebun dan Memelihara Ikan

Kondisi kebun dan kolam ikan hari ini sungguh menggembirakan hati. Kebun yang mulai rimbun daunnya di sana sini. Ikan yang berjalan ke sana kemari menunggu dikasih makan diri ini. Sungguh pemandangan indah yang harus disyukuri.

Alhamdulillah sudah mulai tumbuh tanaman baru di kebun Oma. Semoga semakin tumbuh pohonnya dan menghijau. Kangkung semakin meninggi dan semoga Minggu depan bisa dipanen daunnya. Ikan-ikan di kolam tumbuh sehat. Sebagian airnya dipakai untuk menyiram tanaman agar tanahnya semakin subur. Saya tak perlu lagi memberinya pupuk kimia.

Bibit cabe yang baru sudah saya rendam. Rencana besok mau saya tanam. Semoga besok tidak hujan jadi bisa langsung disemai. Sementara itu, bibit cabe yang lama sudah mulai terlihat daunnya. Kalau sudah kuat akarnya akan saya pindah ke pot-pot kecil yang sudah saya siapkan. Tadi dapat tambahan pot-pot kecil lagi dari Mbak-mbak tetangga sebelah. Mereka membantu saya ikut berkebun. Kita menanam bibit pohon bersama-sama.
Inilah nikmatnya Berkebun. Walaupun belum terlihat hasilnya, saya optimis tanaman akan tumbuh dan menghijau daunnya. Sambil mencoba cara baru dalam menyemai cabe yang saya dapatkan ilmunya dari YouTube. Mohon doanya berhasil dan berbuah lebat kelak. Aamiin.

Berkebun dan bertani sebenarnya tidak jauh beda dengan penulis. Tulis aja apa yang disuka dan dialami. Kegiatan sehari-hari yang awalannya tidak penting menjadi penting. Berkebun dan memelihara ikan di kolam mungkin tidak penting bagi sebagian orang. Tapi akan menjadi penting buat sebagian orang yang lain. Jadi terus saja menulis kegiatan sehari-hari.
Tuliskan saja apa yang kita suka. Bila senang berkebun, tulislah cerita tentang berkebun. Bila senang memelihara ikan, tuliskan saja tentang ikan-ikan yang menggoda hati. Kita belajar dari ikan. Kita belajar dari tanaman tumbuh. Mulai dari biji sampai berbuah. Itulah kehidupan yang terus bertumbuh. Gagal dan berhasil tergantung cara kita memulainya. Bila kita senang mengerjakannya, tanda-tanda keberhasilan sudah di depan mata. Coba saja!

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

(128) Lagu Enak Didengar Saat Santai dan Kerja 2020 | Top Lagu Pop Indonesia Terbaik Sepanjang Masa – YouTube

One response to “Berkebun dan Memelihara Ikan

  1. Kegiatan positif Om Jay, berkebun menambah imun tubuh untuk tetap sehat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s