Ngobrol Bareng Omjay lewat Zoom

Wawancara dgn Omjay

Yuk Menulis Buku Dari Hasil Ngeblog!

Empat buku karya omjay ini diterbitkan dari hasil menulis di blog. Omjay berusaha komitmen dan menjaga konsistensi menulis. Perlu diketahui. Menulis itu tak butuh waktu khusus dan lama. Saya menulis hanya 10-20 menit saja.  Tapi setiap hari. Tidak akan mengganggu apapun dan siapapun. Karena kita memiliki 24 jam sehari semalam. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa menulis di mana saja dan kapan saja.

Buku Catatan Harian Seorang Guru blogger adalah kumpulan tulisan omjay di kompasiana.com/wijayalabs yang diterbitkan oleh Sukarno Presindo Semarang tahun 2020. Buku ini mengisahkan kegiatan omjay sehari-hari menjadi guru blogger Indonesia. Ikut aktif menjadi guru penggerak Indonesia tanpa harus keluar dana dari pemerintah. Kegiatan yang omjay lakukan selalu omjay tulis sebagai bukti sejarah bahwa kami telah melakukan hal yang baik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,

Buku melejitkan keterampilan menulis siswa adalah buku yang dihasilkan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menjadi salah satu pemenang Inobel Kemdikbud tingkat nasional. Berkat penelitian ini omjay mendapatkan hadiah belajar Steam di kampus CUMT Tiongkok tahun 2019. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Tata Akbar Bandung tahun 2020. Buku ini langsung diserbu oleh pembaca yang ingin melejitkan siswanya untuk terampil menulis.

Buku blogger ternama adalah buku yang diterbitkan oleh Camp Pustaka Jakarta tahun 2018 dan dicetak ulang tahun 2019 dan 2020. Ribuan orang sudah membeli buku ini agar dapat menjadi blogger ternama di dunia. Buku ini berkisah tentang perjalanan omjay menjadi blogger ternama. Lengkap dengan persenjataannya. Serta suka dan dukanya menjadi blogger yang dianggap aneh.

Buku menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi adalah buku yang ditulis pertama kali oleh omjay di tahun 2012. Buku ini kemudian omjay revisi dan diterbitkan kembali tahun 2020. Sebuah buku yang mengajak orang lain untuk belajar menulis. Alhamdulillah banyak dibeli oleh ribuan orang dan omjay cetak ulang di Bogor. Buat anda yang ingin buku digitalnya secara Gratis dapat diunduh di blog https://wijayalabs.wordpress.com.

Semoga keempat buku ini dapat memberi semangat menulis buat kawan-kawan guru dan bukan guru untuk belajar menulis dan menerbitkan buku. Semua yang omjay tuliskan dalam buku ini adalah kisah nyata omjay dalam membangun personal branding melalui blog di internet. Berkat rajin menulis di blog, omjay banyak diundang ke berbagai daerah untuk menularkan virus ngeblog di kalangan guru. Omjay mengajak guru untuk saling berkolaborasi. Seperti yang diajarkan Prof Eko Indrajit dan Prof. Marsudi di Ekoji Channel.

Buku yang sedang dalam proses cetak berikutnya adalah belajar Steam di negara China. Selama 21 hari belajar di China, semua kegiatannya omjay tulis di blog. Tulisannya sedang dirajut menjadi buku oleh penerbit Camp Pustaka. Mohon doanya cepat selesai dan dapat menginspirasi pembaca setia buku-buku omjay. Aamiin.

Yuk kita ngeblog! Tuliskan apa yang anda sukai dan kuasai. Jadilah Blogger sekaligus Youtuber. Kita belajar menulis dan belajar bicara. Siapa tahu anda menjadi blogger ternama dan youtuber terkenal berikutnya.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Buku Menulis Gratis

Selamat pagi kawan-kawan. Semoga buku digital ini bermanfaat buat kawan kawan yang sedang belajar menulis, https://drive.google.com/file/d/0B2MZ4NgziwwcbElpNkpXbktvdGc/view

buku omjay,

Pengantar Ilmu Informatika

TV One Live

Lihat postingan ini… “Sholat idul adha 1441 H di kota Bandung “.

http://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/07/sholat-idul-adha-1441-h-di-kota-bandung.html

Mau Tahu Rahasia Menulis Mudah Bagi Pemula?

buku rahasia menulis bagi pemula

RAHASIA MENULIS MUDAH BAGI PEMULA

Sebuah Kata Pengantar dari Guru Blogger Indonesia

Sebuah tulisan akan enak dibaca jika tulisan memiliki ‘ruh’ atau ‘jiwa’.  Cara terbaik memberikan ruh adalah sebagai penulis, anda harus tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirnya punya satu tema besar yang ingin disampaikan. Hal itulah yang saya baca dari buku karya ibu Safitri Yuhdiyanti.

Buku Rahasia Menulis dengan Mudah Bagi Pemula dapat terwujud, adalah buku resume yang dihasilkan saat era pandemi Covid-19 dari sebuah grup pelatihan Belajar Menulis Online Gelombang 9 bersama Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd.  Selama 30 kali pertemuan kuliah online, para peserta dipertemukan dengan para penerbit buku dan narasumber luar biasa  yang sudah menghasilkan banyak karya.

Sebelum menulis alangkah baiknya kita membuat blog terlebih dahulu supaya kita fokus dalam menulis dan penyimpanannya juga rapi (tidak tercampur dengan konten lain). Blog juga memiliki fitur menu kategori tulisan sehingga memudahkan mengeksplor isi blog.  Selain itu menulis di blog lebih enak dari pada di facebook, karena tulisan akan mudah dicari walaupun sudah puluhan tahun.

Menulis adalah suatu keahlian.  Tidaklah mudah bagi setiap orang untuk menuangkan semua yang ada di pikirannya dalam bentuk tulisan.  Tentunya bagi penulis  yang ingin bisa menulis dan menerbitkan buku, maka membaca adalah adalah salah satu vitaminnya. Menulis merupakan sebuah proses yang lambat laun kita akan menyukai tulisan kita sendiri. 

Omjay mengingatkan  agar kita kembali meluruskan niat  untuk menulis hingga dapat diterbitkan menjadi sebuah buku. Sebuah motivasi awal  yang Omjay sampaikan sebelum menyampaikan materi. Selama ada kemauan di situlah ada jalan dan bukan hanya sertifikat 40 jam yang kita kejar tapi semua peserta dapat menerbitkan buku ber-ISBN.

Bagi penulis pemula tentunya akan merasa gagap saat mau mengawali merangkum materi.  Solusinya adalah supaya kita saling membaca dan memuat tulisan para peserta di grup ke dalam blognya.  Hal ini diperboleh asalkan tetap mencantumkan sumbernya.  Sebagai seorang blogger tentunya ada sesuatu yang tidak menyenangkan yaitu di saat tulisan kita diambil orang lain tanpa mencantumkan nama kita.

Pesan Omjay supaya terus saja menulis.  Mulailah menulis yang ringan-ringan saja. Berawal dari menulis 3 alinea.  Alinea pembuka yang memikat hati pembaca.  Alinea isi yang terurai sistematis dan alinea penutup yang membuat orang lain tercerahkan. Menulis adalah suatu keterampilan yang bisa dilatih dan diajarkan.  Ibarat pisau yang harus selalu diasah supaya tajam saat digunakan. 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay, Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Menulis di Saat Wabah Corona

MENULIS di SAAT WABAH CORONA

Sebuah Pengantar dari Omjay, Guru Blogger Indonesia

ilustrasi

Corona datang begitu tiba-tiba, dan membuat semua guru Indonesia mendadak melakukan pembelajaran jarak jauh yang disingkat PJJ. Kesempatan itu tak saya sia-siakan. Saya mengajak para guru anggota PGRI untuk menulis di saat wabah Corona yang semakin merajalela di Jakarta. Bahkan terus meningkat di beberapa kota di Indonesia.

Saat wabah corona melanda negara Indonesia, banyak hal yang terjadi, dan berbagai perubahan terjadi begitu saja. Siapa menyangka negara yang aman, tentram, warganyapun sehat wal’afiat harus mengalaminya.Tiba-tiba datang wabah yang penularannya sangat cepat. Hal itu dapat mengubah perilaku hampir setiap orang dalam kegiatan. Salah satunya adalah penulis buku ini. Perilaku yang berubah pada dirinya yaitu mulai rajin menulis setiap hari.

Buku Menulis di Saat Wabah Corona merupakan kumpulan resume/ringkasan materi yang berisi tentang tulisan yang sangat menarik dan inspiratif dari kuliah online bersama omjay dan kawan-kawan. Berbagai teknik menulis dan menerbitkan buku, serta bagaimana menulis cepat, bahkan menulis dalam seminggu dapat menjadi buku. Sungguh sebuah pengalaman baru yang luar biasa. Beliau melakukan itu dari Bengkulu. Sebuah kota yang terkenal dengan bunga Raflesia. Saya pernah mengisi materi di sana.

Pada buku Menulis di Saat Wabah Corona merupakan ilmu yang diikat agar dapat selalu diingat penulis dan pembaca sekalian. Pada tulisan yang berjudul “Menulis dalam Momen Spesial” dan “Mengajar Gaya Motivator”, pembaca akan menemukan metode mengajar yang luar biasa. Sehingga dapat menjadi panduan untuk mengajar dan belajar menulis sehingga  pembaca dapat belajar menjadi penulis.

Ibu Lusia Wijiatun, penulis buku ini menyelesaikan pendidikan S1-nya di IKIP Universitas Terbuka Melalui Pembelajaran Jarak Jauh  UPJJ Bengkulu. Sebagai guru, penulis sering mendampingi siswa ke berbagai ajang lomba, bahkan pernah mendampingi siswanya pada kegiatan Festival seni tingkat Nasional. Menulis baru saja dilakukan ketika wabah corona ini. Proses pembelajaran online melalui WAG yang membuat penulis dapat menghasilkan buku ini. Sebuah kisah nyata yang sungguh menginspirasi.

Anda bisa mengenal lebih dekat penulisnya lebih dekat di blog https://lusia07.blogspot.com/

Salam Blogger Persahabatan

Omjay, Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Tonton “#10 Lokakarya Virtual Series 1000 Guru Lebak Bergerak H5S2” di YouTube

RPP Informatika

https://drive.google.com/drive/folders/1Ln5eWJoDPU7FIae0qe63Bj0VZ_-SkKY6https://drive.google.com/drive/folders/1Ln5eWJoDPU7FIae0qe63Bj0VZ_-SkKY6

Tonton “BELAJAR INFORMATIKA DARI SD, SMP, DAN SMK SERTA SIMDIG DI SMK” di YouTube

GURU CERDAS KOMUNIKASI

Bersama Aris Ahmad Jaya, kita terbang menghantam angin, saat diatas tetap stay, karena ada keseimbangan, tali yang menahan untuk tetap dalam keseimbangan ada ketaatan kebenaran dalam hidup/kebebasan yang bertanggung jawab sesuai imannya.

Mari kita lakukan yang terbaik… tak ada bandingannya jika diukur dengan uang… jadi berkat bagi orang lain… tetap terkendalikan karena ketaatan. Lihat layang-layang memiliki tali yang kuat supaya tidak bebas ke mana-mana. tiga manajemen layang-layang yang super mantap.

 “Kita harus melakukan sesuatu yg mampu kita lakukan” Itu adalah kata kuncinya. Management layang-layang sangat tepat diaplikasikan dalam kehidupan. Kunci keberhasilan adalah tarik ulur bagaikan layang-layang. ​layang2 terbang tdk kaku… ada tarik ulur, fleksibel tapi tdk meremehkan… beradaptasi dlm kebenaran, berinovasi, tegas/instruksi, mmperhatikan dan memahami.

Kesiapan dikritik, memberi yang lebih tanpa pamrih, kesiapan utk segala kebaikan dalam kebenaran …tarik ulur dan tahan angin serta tali yang kuat membuat layang layang tetap bertahan diterpa angin. Layang2 terbang karena terhantam angin, internal eksternal, tali yang kuat, tarik ulur (tidak kaku), Mempunyai seni yaitu bentuk dan warna warni jadi menarik dilihat.

Ketika guru tampil apa adanya, tapi menyenangkan, jarang senyum, tapi perolehan ‘nilai’diakhir ujian membanggakan. Seorang guru itu hrs tampil indah, menarik baik pisik maupun psikis.

ARIS MR SUGESTI INDONESIA

Kata Pengantar Buku Karya Ibu Anis Wardani

KATA Pengantar Guru Blogger Indonesia

Wijaya Kusumah (Omjay)

Membaca buku belajar menulis gratis bersama Omjay dan kawan kawan karya ibu Anis Wardani yang berasal dari kota Ngawi Jawa Timur ini, membuat Omjay terharu. Wanita kelahiran 9 Juli 1967, dan pernah kuliah di program sarjana S-1 FPMIPA jurusan Kimia IKIP Yogyakarta mampu membuat buku ini sangat menarik. Saat ini beliau mengajar Kimia di MAN 2 Kulon Progo Yogyakarta dan sangat aktif dalam kegiatan belajar menulis online di WA Group PGRI.

Anis Wardani

Awalnya saya tak mengira kalau belajar menulis dan menerbit buku bisa lewat WA. Aplikasi ini biasa dipakai hanya untuk saling berkomunikasi saja. Namun seiring perkembangan zaman, ternyata aplikasi ini banyak digunakan orang. Sebab mudah cara pemakaiannya dan irit kuota. Para narasumber dan peserta berinteraksi hanya melalui aplikasi WA. Awal Juni 2020 kami memulainya, dan tak terasa akhir Juli ini sudah banyak sekali buku peserta terbit. Hal ini berkat motivasi luar biasa dari para narasumber yang omjay ajak untuk berbagi ilmu lewat WA Group.

Setiap peserta kami wajibkan untuk mempunyai blog pribadi di internet, dan menuliskan resumenya di blog tersebut. Dari pertemuan pertama hingga 20 kali pertemuan tak terasa. Banyak ilmu menulis dan motivasi dari para narasumber yang bisa dibagikan kepada pembaca dalam bentuk tulisan dan akhirnya menjadi buku yang layak terbit. Mereka yang hanya menyalin atau copy paste  pasti akan ketahuan. Sebab banyak orang membaca blognya. Namun, buat mereka yang kreatif, pasti bisa mengemasnya dengan bahasa sendiri. Tulisannya enak dibaca, dan terasa renyah untuk dinikmati berlama-lama.

Saya mengucapkan selamat kepada ibu Anis wardani yang telah mampu menyelesaikan bukunya. Membaca bukunya membuat saya berharap semakin banyak guru yang menulis dan menjadi blogger. Kegiatan kami memang gratis, dan tidak ada pungutan biaya satu sen pun. Hal ini kami lakukan dengan sebuah harapan, semakin banyak guru yang mampu menerbitkan bukunya setelah belajar menulis gratis. Anda cukup kirim nama dan asal sekolah ke WA 08159155515 untuk ikut bergabung di WA Group.

Kita bisa memulai menulis di blog setiap hari sebagai catatan harian. Seperti kata pepatah “sedikit-sedikit lama- lama menjadi bukit”,  jika sudah banyak maka bisa dijadikan sebuah buku, isinya bisa apa saja yang bisa kita tulis, bisa kegiatan mengajar sehari-hari, bisa curhatan, bisa resep-resep, dan sebagainya. Sebuah buku bisa juga dari kumpulan beberapa tulisan orang banyak, maka OmJay mengajak kita semua memulai menulis untuk dirajut menjadi sebuah buku yang layak jual sehingga dilirik penerbit mayor.

Mari kita lumat habis buku yang bagus ini, dan anda bisa juga membaca blog penulisnya yang selalu ramai dikunjungi banyak orang. Anda bisa berkunjung ke alamat blog ibu Anis Wardani, dan dapat anda buka di https://wardani20.blogspot.com/

Salam Blogger Persahabatan

Omjay, Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Tonton “Kelas Bersama for Teachers: Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah” di YouTube