Author Archives: kusumah wijaya

OTN 2018

Persiapan demi persiapan kami lakukan, semoga dilancarkan semua urusannya. Mohon doanya acara olimpiade TIK Nasional di Denpasar Bali berjalan dengan lancar dan sukses. Aamiin.

WhatsApp Image 2018-10-11 at 16.32.53

45643854_1130879407081196_4798772118076522496_o

OTN 2018

Seorang teman di facebook memberikan doanya. Semoga olimpiade TIK Nasional (OTN) yang kami laksanakan di Denpasar Bali berjalan sukses. Tentu saja saya senang sekali didoakan agar acara ini berjalan sukses. Sebab persiapannya menguras waktu, dana, tenaga dan pikiran. Panitia harus mampu mendapatkan peserta dari siswa untuk ikut 9 lomba OTN. Kami juga harus mendapatkan peserta guru untuk seminar nasional informatika selama 2 hari. Rencana kegiatan ini akan digelar selama 3 hari di hotel Mahajaya Denpasar Bali. Tanggal 17-19 November 2018 kami rencanakan waktunya.

Sewaktu kami melaksanakan di Jakarta, baik OTN pertama dan kedua, segala rintangan dan hambatan kami dapatkan. Namun dengan kekuatan kebersamaan, rintangan dan hambatan itu dapat kami selesaikan dengan baik. Walaupun hasilnya masih belum sesuai harapan kami. Masih saja ada peserta yang komplain karena belum mendapatkan pelayanan terbaik. Aula gedung A kemdikbud menjadi saksi perjuangan kami menjadi relawan OTN.

Bekerja menjadi relawan memang membutuhkan kesabaran. Kami semua panitia memang tak ada yang dibayar, namun kami berusaha untuk kerja secara profesional. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Kami semua bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Kami menjalankan misi yang tidak mungkin. Kata orang barat IMPOSIBLE.

Ya imposible, karena kami tak punya dana ketika melaksanakan kegiatan Olimpiade TIK Nasional. Waktu itu, kami hanya ingin TIK diketahui banyak orang dengan tema ICT for All. Pak Sutan sebagai ketua panitia pada waktu itu meyakinkan saya. Sementara itu, saya ditugaskan berangkat ke Jepang membawa anak-anak SMP Labschool Jakarta ke negeri matahari terbit. Jadi saya tak bisa membantu acara sampai selesai. Kepikiran terus kalau OTN berjalan tidak sesuai harapan.

Alhamdulillah, usai acara pembukaan di kantor kemdikbud, saya melihat acara dapat berjalan lancar. Walaupun di sana sini masih banyak kekurangan. Kawan-kawan panitia waktu itu, ada bu wiwin, bu lilis, bu juli, bu betti, pak sutan, pak bambang, pak prasojo, pak firman, pak tatang, pak youri, dkk lainnya serta dibantu mahasiswa UNJ, dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Hingga kemudian kami sepakat untuk melaksanakan olimpiade TIK Nasional yang kedua di tempat yang sama. Pak Yoyon ditunjuk menjadi ketua panitia. EPSON siap menjadi sponsor utamanya.

Acara OTN yang kedua berjalan lebih baik dari yang pertama. Kami sudah tahu kekurangannya. Kebersamaan selalu kami kedepankan agar acara OTN berjalan lancar sesuai harapan. Namun, masih ada saja kekurangannya. Saat pembagian sertifikat, peserta agak lama menunggu. Untunglah semua peserta memahami bahwa kami bekerja siang dan malam. Jadi mereka tahu kalau kami juga sudah lelah. Riabuan siswa penuh berkumpul di aula gedung A lantai 3. Mereka bersabar menunggu pengumumuman pemenang. Saya sampai merinding melihat banyaknya anak anak datang ke kantor kementrian dan kebudayaan waktu itu.

Saya merenungi kembali perjalanan kegiatan OTN ini. Kini kami akan melaksanakan kembali OTN yang ketiga di Hotel Mahajaya, Denpasar Bali. Tempat semakin jauh dari Jakarta. Harapannya, siswa siswi di luar Jawa lebih banyak mengikutinya. Tidak lagi jadi monopoli siswa di pulau Jawa saja. Memang berat biayanya, bagi sekolah yang tak punya dana. Namun, fakta membuktikan bahwa sekolah yang bersungguh dapat berangkat ke Jakarta dan ikut lomba. Kini ada juga peserta dari timika dan nabire papua. EPSON bersedia kembali menjadi sponsor utamanya.

Pendaftaran Olimpiade TIK Nasional (OTN) ditutup tgl 15 November 2018. Ajak siswa sekolah anda mengikuti lomba dan gurunya ikut semnas informatika. Kami sambut kehadiran anda di hotel mahajaya denpasar Bali, 17-19 November 2018. Semoga semakin bertambah pesertanya dan doakan acara ini berjalan sukses dan lancar. Aamiin.

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

By: Anisa Murni Iskandar ( 08 ) 7C.

otn

Hay! Namaku Anisa Murni Iskandar atau biasa dipanggil Anisa. Pada hari ini tanggal 9 November 2018 kelas 7C belajar TIK. Guru TIK SMP Labschool Jakarta adalah Omjay atau Pak Wijaya Kusumah. Setiap minggu-nya Omjay mengirim tugas yang harus kita kerjakan. Sudah 10 kali pertemuan kita belajar TIK dengan Omjay. Dan pertemuan kali ini kita diminta untuk membuat artikel.

Belajar TIK dengan Omjay itu sangat seru dan tugas-tugasnya juga ga susah hehehe. Ya pastinya untuk belajar TIK sangat diperlukan yang namanya “ Gmail “. Hampir setiap pertemuan gmail selalu digunakan. Dan terkadang gmail juga dibutuhkan karena Omjay juga sering memberitahu tugas lewat gmail. Di Labschool untuk pembelajaran TIK termasuk terseru dikarenakan kita selalu diminta buat cerita, artikel, slide, dll.

Kenapa bisa dibilang seru? Ya karena abis belajar kita bias mendengarkan lagu disaat pembelajaran TIK. Tapi jangan salah loh yaa, kita diperbolehkan mendengarkan lagu tetapi juga harus menjalankan tugas dengan baik. Jarang sih ada keluhan untuk tugas-tugas TIK di Labschool, ya paling internetnya aja yang susah diajak kerjasama, abis semuanya dengerin YouTube heheeheheheh. Jika kita sudah mengerjakkan tugas dengan baik, kita juga diperbolehkan memainkan game yang ada di computer-nya Labschool.

45719066_1130879450414525_8470549305923469312_o.jpg

Oiya! Dikarenakan ruangan labskom luas, Omjay selalu memberitahu tugas menggunakan mic loh…. Jadi, kalian akan mengetahui apa saja tugas yang akan dikerjakan pada hari itu. Dan belajar TIK di Labschool pastinya nyaman bangettt, karena ruangannya dingin gitu hehehehe. Coba deh kalian pikir, kalo ruangannya luas tanpa AC pasti gak nyaman banget kan belajarnya?? Bagi kalian yang ingin tahu apa saja yang kita pelajari di jam TIK, kalian bisa buka website nya Omjay yaa… Websitenya Omjay adalah wijayalabs.com .

WhatsApp Image 2018-10-11 at 16.32.53.jpeg

Kalian juga bisa liat tugas-tugas kakak kelas kita, tugas TIK anak kelas delapan maksudnya ya… Untuk tugas TIK tuh kalian ga perlu repot-repot! Yang diperlukan adalah flashdisk dan aplikasi saja. Dan satu lagi, Omjay selalu buat tugas dengan cara yang mudah banget buat kita kerjakan. Kita hanya perlu memencet link saja, seperti tugas pertemuan ke sepuluh ini. Kita hanya perlu pencet link yaitu http://kompasiana.com lalu kita buat artikelnya deh. Lalu pilih kategori edukasi Humaniora dan kirim ke email nya Omjay. Mudahkan?

45643854_1130879407081196_4798772118076522496_o.jpg

Segitu aja ya untuk artikel kali ini. Thanks guys! Oiya kalau kalian mau tau gmail Omjay apa, gmailnya: omjaylabs@gmail.com

Olimpiade TIK Nasional 2018

Sudahkah anda mendaftarkan siswa terbaiknya untuk mengikuti Olimpiade TIK Nasional 2018 yang diselenggarakan di Hotel Mahajaya Denpasar Bali?

otn
Catat Tanggalnya

Hari Sabtu-Senin tanggal 17-19 November 2018, Noted List linknya jangan sampai lupa…

Pendaftaran OTN 2018
http://bit.ly/OTN2018

Juknis OTN 2018
http://bit.ly/JuknisOTN2018

Surat Undangan OTN 2018
http://bit.ly/UndanganOTN2018

Pendaftaran Seminar OTN2018
http://bit.ly/SemnasOTN2018

Pemesanan Penginapan
http://bit.ly/RoomOTN2018

Olimpiade TIK Nasional (OTN) di Bali 17-19 November 2018.

Berilah komentar singkat dari kegiatan olimpiade TIK Nasional di Denpasar Bali, 17 sampai 19 November 2018 yang di https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5bc41c7943322f3b420f82b4/ikutilah-olimpiade-tik-nasional-otn-17-19-nopember-2018-di-bali

otn

WhatsApp Image 2018-10-17 at 07.01.41

WhatsApp Image 2018-10-17 at 07.01.41 (1)

Materi Perlindungan Guru SMP

https://drive.google.com/drive/folders/18B9pTUVkeKG-GD5_xODGM_RN6bbNEgTP

Bagaimana mengembangkan ekosistem sekolah berbasis TIK?

Bagaimana mengembangkan ekosistem sekolah berbasis tik?

ekosistem

Pertanyaan di atas muncul ketika saya dkk diminta untuk melaksanakan kegiatan workshop pengembangan ekosistem sekolah berbasis tik.

Baca lebih lanjut