Category Archives: Pendidikan

Rapat Kerja Nasional Guru TIK se-Indonesia Sesi Kedua

Belajar Sampai Negara China

Belajarlah Sampai ke China.
Suara telpon datang ke ponsel baru saya. Seorang laki laki muda menelepon omjay. Katanya dari direktorat pendidikan dasar. Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Bapak muda itu memperkenalkan diri dan bertanya kepada saya. “Apa benar ini bapak wijaya kusumah? ”

Saya menjawab “benar”.

Bapak itu lalu mengucapkan selamat. Omjay terpilih untuk belajar ke negara china. Negara dengan penduduk terbesar di dunia. Negara yang mulai dilirik negara lain karena kemampuan dan kemandirian ekonominya.

Saya mengucapkan syukur alhamdulillah. Sebab tidak menyangka akan berangkat ke luar negeri dengan guru-guru lainnya.

Saya diminta mengurus paspor. Hari rabu akan dikirimkan ke email surat resminya dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Saya belum sampaikan kabar ini ke istri tercinta dan anak anak. Baru saya tuliskan di group ini. Biar nanti mereka membaca sendiri di wa group keluarga kami.
Belajar ke negara china sudah mulai terlihat di depan mata. Semoga mimpi ini menjadi nyata.

Mohon doa dari pembaca. Semoga dilancarkan persiapannya ke sana. Aamiin.

img_9417

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

Rakernas Guru TIK se-Indonesia

Finalis Lomba Blog Guru Blogger PGRI

Inilah 3 Finalis peserta lomba blog PGRI yang telah mengirimkan tulisannya, dan mereka akan mendapatkan 3 buah tablet komputer dari sponsor eduspek dan hadiah kejutan lainnya dari sponsor kami.

Mereka itu adalah:

Sampai bertemu di acara konferensi nasional guru blogger PGRI, Terima kasih atas dukungannya. Semoga kegiatan ini terus berlanjut tahun depan. Aamiin.

guru-bloger-hijau

Peserta Lengkap bisa dilihat di https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5bff700dc112fe353d149de2/lomba-blog-ksgn-untuk-guru-blogger-pgri

 

Membangun Ekosistem Sekolah Berbasis TIK

https://wijayalabs.com/2018/12/14/membangun-ekosistem-sekolah-berbasis-tik/

guru-bloger-hijau

Hari Ulang Tahun KOGTIK ke-4

Ulang tahun kogtik, komunitas guru tik dan kkpi

Waktu itu tanggal 24 Desember 2018. Ada 7 orang guru TIK menghadap menteri Anies Baswedan. Kami diterima dengan sangat baik oleh mendikbud beserta jajarannya. Saya diminta menjadi corong bagi perjuangan guru TIK se-Indonesia.

anies-kogtik.jpg

Berita pertemuan kami akhirnya viral di mana-mana melalui media sosial. Kamipun sepakat untuk membentuk komunitas guru tik dan kkpi yang disingkat kogtik. Banyak guru TIK dan KKPI ikut mendukungnya, dan saya didaulat menjadi sekjen dan pak Bambang Susetiyanto sebagai Ketuanya.

Perjuangan mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran terus berlanjut. Berbagai seminar dan workshop kami gelar. Semua dilaksanakan tanpa biaya APBN dan APBD pemerintah pusat maupun daerah.

Tak terasa sudah 4 tahun perjalanan organisasi kami. Suka dan duka kami lalui bersama. Ada kegembiraan dan kesedihan menyatu di sana. Ada yang mundur teratur dan ada yang terus bertempur dengan caranya masing-masing.

Ajakan dari pengurus PB PGRI untuk bergabung ke Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kami terima. Terbentuklah ikatan guru tik pgri 2 tahun lalu. IGTIK PGRI terus melakukan workshop elearning ke berbagai kota. Sudah 45 kota kami datangi bersama EPSON. Tahun ini yang terakhir kami kunjungi adalah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan organisasi mulai semakin banyak dan pengurus semakin solid. Meskipun ada sedikit beda pendapat dalam mengelola organisasi. Itulah dinamika organisasi guru yang mulai membesar. Kami harus dewasa menghadapinya.

Ulang tahun kogtik atau Ikatan Guru TIK PGRI yang keempat akan kami rayakan dengan cara yang sangat sederhana. Gedung Guru Indonesia menjadi tempatnya.

Rencana tanggal 24 Desember 2018 kita akan adakan acara konferensi nasional guru blogger pgri. Di sela sela acara itulah kami akan merayakannya. Tak perlu ramai dengan berbagai macam acara, karena sudah masuk liburan sekolah.

Gedung guru indonesia menjadi sejarah perjuangan guru TIK dalam menyambut mata pelajaran informatika. Kami ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan guru yang sudah ikut berjuang bersama kami. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Atas saran pengurus kogtik dan sekjen PB PGRI pak Qudrat, rapat kerja nasional guru TIK yang semula akan diadakan di Solo akan kami pindahkan kembali ke Jakarta. Harapannya agar semakin banyak guru TIK yang bisa hadir ke Jakarta.

Ada 2 tempat yang diusulkan oleh kawan-kawan. Aula gedung A kemdikbud senayan, dan aula pgri gedung guru indonesia. Kita sedang buatkan surat resminya.

Nanti kita lihat juga kondisinya. Selamat ulang tahun kogtik yang keempat dan kita rayakan dengan suka cita pada tanggal 24 Desember 2018 di Gedung Guru Indonesia.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

By: Anisa Murni Iskandar ( 08 ) 7C.

otn

Hay! Namaku Anisa Murni Iskandar atau biasa dipanggil Anisa. Pada hari ini tanggal 9 November 2018 kelas 7C belajar TIK. Guru TIK SMP Labschool Jakarta adalah Omjay atau Pak Wijaya Kusumah. Setiap minggu-nya Omjay mengirim tugas yang harus kita kerjakan. Sudah 10 kali pertemuan kita belajar TIK dengan Omjay. Dan pertemuan kali ini kita diminta untuk membuat artikel.

Belajar TIK dengan Omjay itu sangat seru dan tugas-tugasnya juga ga susah hehehe. Ya pastinya untuk belajar TIK sangat diperlukan yang namanya “ Gmail “. Hampir setiap pertemuan gmail selalu digunakan. Dan terkadang gmail juga dibutuhkan karena Omjay juga sering memberitahu tugas lewat gmail. Di Labschool untuk pembelajaran TIK termasuk terseru dikarenakan kita selalu diminta buat cerita, artikel, slide, dll.

Kenapa bisa dibilang seru? Ya karena abis belajar kita bias mendengarkan lagu disaat pembelajaran TIK. Tapi jangan salah loh yaa, kita diperbolehkan mendengarkan lagu tetapi juga harus menjalankan tugas dengan baik. Jarang sih ada keluhan untuk tugas-tugas TIK di Labschool, ya paling internetnya aja yang susah diajak kerjasama, abis semuanya dengerin YouTube heheeheheheh. Jika kita sudah mengerjakkan tugas dengan baik, kita juga diperbolehkan memainkan game yang ada di computer-nya Labschool.

45719066_1130879450414525_8470549305923469312_o.jpg

Oiya! Dikarenakan ruangan labskom luas, Omjay selalu memberitahu tugas menggunakan mic loh…. Jadi, kalian akan mengetahui apa saja tugas yang akan dikerjakan pada hari itu. Dan belajar TIK di Labschool pastinya nyaman bangettt, karena ruangannya dingin gitu hehehehe. Coba deh kalian pikir, kalo ruangannya luas tanpa AC pasti gak nyaman banget kan belajarnya?? Bagi kalian yang ingin tahu apa saja yang kita pelajari di jam TIK, kalian bisa buka website nya Omjay yaa… Websitenya Omjay adalah wijayalabs.com .

WhatsApp Image 2018-10-11 at 16.32.53.jpeg

Kalian juga bisa liat tugas-tugas kakak kelas kita, tugas TIK anak kelas delapan maksudnya ya… Untuk tugas TIK tuh kalian ga perlu repot-repot! Yang diperlukan adalah flashdisk dan aplikasi saja. Dan satu lagi, Omjay selalu buat tugas dengan cara yang mudah banget buat kita kerjakan. Kita hanya perlu memencet link saja, seperti tugas pertemuan ke sepuluh ini. Kita hanya perlu pencet link yaitu http://kompasiana.com lalu kita buat artikelnya deh. Lalu pilih kategori edukasi Humaniora dan kirim ke email nya Omjay. Mudahkan?

45643854_1130879407081196_4798772118076522496_o.jpg

Segitu aja ya untuk artikel kali ini. Thanks guys! Oiya kalau kalian mau tau gmail Omjay apa, gmailnya: omjaylabs@gmail.com