Arsip Blog

menerbitkan buku dari hasil ptk

Semua guru pastinya terutama yang diwajibkan menulis biasanya bagi PNS untukmemenuhi naik pangkat. Susah susah gampang dalam menyusun atau menentukan latar belakang menentukan PTK. Itu modal atau titik awal yang menentukan PTK dapat dilakukan

Lalu setelah membuat PTK dapatkah kita mendapatkan nilai PAK versi lain, ini terutama bagi PNS. selain artikel untuk dijurnalkan, dapat pula kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTKnya juga.

Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. saya menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya saya tidak menerbitkan asal langsung cetak hasil PTK. tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.

Bagaimana caranya?.. ini versi saya akan saya bagikan,

ini misalkan contoh PTK sederhana saya tahun 2014..lalu bagaimana saya membukukannnya, bisa menjadi 2 versi.

saya mohon yang menerima materi ini tidak di publis di web..hanya untuk pribadi peserta di sini, karena saya pernah mendapatkan file peuyeum bandung saya di share di salah satu penerbitvterkenal tanpa meminta izin terlebih dahulu ke saya. dan saya blm menghubungi mereka.

ini buku versi ke 2 yang saya susun bagaimana menerbitkan buku PTK Kita

teman teman boleh menentukan, mau versi satu atau versi saya yang pernah saya buat. silahkan bebas memilih.

ini merupakann beberapa PTK dan Inobel maupunn best pract yang saya terbitkan menjadi buku, karya sahabat guru nasional.

ini juga, cara kita mengambil judul dari PTK saya simpelkan seperti ini

salah satunya buku Omjay, PTK yang telah lolos Inobel 2018. dan menjadi buku saya ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti laporan Inobel atau PTK

karena banyak penulis yang blm mengubah PTK menjadi buku, saya lebih mengaahkan mereka mengubah versi buku terlebih dahulu.

Mungkin itu yang saya sampaikan , untuk pertanyaan silahkan disampaikan semoga bisa membantu penulis menyusun buku ya. dan saya masih belajar…mohon maaf bila salah dalam isi penyampaian.

iya, .. dalam mengubah PTK menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya. tentunya berdasarkan sumber yang relevan.

atau kata kunci dari PTK kita.. banyak guru kebingungan mencari judul. kita gak usah bingung, ambil intinya saja buku kita jadi asik tuk dikembangkan menjadi buku bacaan juga.dari PTK kita

Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin
Apakah PTK yang dijadikan buku bisa bisa dari 2 orang guru yg bersama2 saat mlakukan PTK? Saat liat di panduan itu PTK sepertinya hanya sbagai pelengkap dalam Buku (sbg contoh saja). Apakah demikian?
trimakasih

Boleh dua orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan dari isi PTK kita lebih ke versi buku seperti yang saya share filenya. tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang saya tahu. kalau yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK.

Amannya 70 halaman. dan isi materi bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK

Assalamualaikum bu hati. Senang sekali bisa kenal dengan sosok editor handal yg sudah menyunting beberapa ptk menjadi buku. Pertanyaan saya,
Bagaimana cara ibu bisa menjadi editor handal dan bisa membuat tulisan menjadi menarik untuk dibaca? apalagi dari ptk bisa berubah menjadi buku. keren sekali bu. Sukses terus ya bu. AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN

terimakasih bu, saya masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, saya banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca.

juga menyediakan bacaan sumber lain. karena editor juga harus banyak membaca buku sumber relevan.

setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK.
tergantung isi kontennPTK yang dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan.

Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini saya menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Fatlun Thaib
Dari Gorontalo

  1. Seberapa perlu pra siklus dalam PTK?
  2. Boleh saran; selain membuat resume materi apa bisa di bagikan tema tulisan. Agar peserta makin fokus menulis

wa’alaikumussalam bu..terkamakasih..

  1. saat saya menerima Researc Grant Seaqis… PTK kita bila satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor penguji PTK saya tahun 2017 kan ada rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil.
    dan PTK fokus ke inti permasalahan, misalkan tentang ke karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indikator ..

misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar… tapi fokus ke salah satu, ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi.

no 2 saya kurang paham😄🙏

perkenalkan supyanto dari kota bekasi group 8.
mohon penjelasan bagian2 mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi sebuah buku?

Terimakasih pak supyanto, salam kenal juga. yang dibuang yang bagian misalnya

  1. pendahuluan..bagian kata kata PTKnya…
  2. bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas

kita kembangkan tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)

Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat.

semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang dia tulis.

Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.

Assalamualaikum selamat malam Bu hati,,saya noralia dari Semarang.

  1. Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya Bu?
  2. Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku?
  3. Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu?

Mohon penjelasannya . terimakasih

Terimakasih bu Noralia dari kel 8.

  1. versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang saya contohkan. itu pernah ditulis oleh Omjay dan saya juga.
  2. data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu.
  3. R&D juga bisa banget, yang tadi dikembangkan itu bu.

Assalamualaikum
Bu Hati saya Santi Jayapura
Mau bertanya
1.Untuk PTK yg dijadikan buku, itu satu PTK saja atau harus kumpulan PTK?

  1. Apakah satu best Praktice juga bisa dijadikan buku
  2. Untuk dibuat jadi buku apakah harus diseminarkan?
  3. Sekarang sdh pembelajaran K 13
    Saya punya PTK tapi tahun sebelum K13 dan perrnah jd juara di even My Teacher My Hero
    Apakah boleh dibuat buku?
    Terimakasih

wa’alaikumussalam bu Santi:

1.kalau mau membuat versi penulisan 1 cara saya satu PTK saja. kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. banyaknjuga yg menulis Kumpulan PTK. biasanya saya menuliskan pembuka dannisi materi sepintas tentang PTK.

2.satu best bisa jadi buku. sangat bisa dan dikembangkan oleh penulis juga.

  1. tidak usah diseminarkan tidak apa apa .
  2. bisa banget
    terimakasih bu.

Assalamualaikum
Saya eka lisdianty dari SMAN 1 Kawali Ciamis
Izin bertanya
1.Bu kan dalam ptk itu ada 3 siklus ya..bagaimana jiga di siklus akhir hasilnya mengalami penurunan?apakah PTK nya harus diulang atau itu juga bisa disebut dengan PTK?

  1. Apa kah ada yang salah dalam penentuan variabel nya apabila terjadi hal demikian?
    Terimakasih🙏

wa’alaikumussalam. terimakasih bu, Eka:

  1. kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun lakukan refleksi dan tindakan lagi bu.
  2. Variabelnya jangan terlalu banyak.bisa aja kita tidak berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus satu variabel dan mendalam pembahasannya bu. itulah namanya PTK.

maaf PTK saya yang di share itu banyak variabel. hanya contoh penyusunan saja. itu penelitian dulu 2014

Om Swastyastu Bu. Saya Mahayu dari Bali. Saya meminta saran, bagaimana caranya agar kita menerapkan suatu teori yang akan kita jadikan PTK menjadi efektif? Karena karakter belajar dan psikologi siswa dalam satu kelas sangat beragam? Terima kasih

terimakasih salam bu Mahayu.. agar efektif pastinya sesuai dengan tidnakannyang akan kita lakukan , jangan meluas bu. sesuainkata kunci judul PTK kita. .karena kalaubkita bahas mendalam materi itu malah meluas juga.

Jadi teori fokus ke kata kunci PTK kita

ibu cari bahasannya maubkarakter apa ke psikologi? salah satu saja bu

Assalamu ‘alaikum bu hati,
Saya wiji (gelombang 8) – malang
Menarik sekali membuat ptk menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil ptk dijadikan artikel jurnal.
Pertanyaan saya, dibagian buku yang manakah hasil2 penelitian ditulis (dimunculkan) ?
Terima kasih

wa’alaikumussalam.. terimakasih bu wiji..
Bagian yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK ibu.

Muh. Said
Makassar
Pertanyaan :

  1. Dalam penilaian Dupak sering PTK tidak dapat nilai dari Tim penilai. Dari pengalaman ibu apa kira- kira kekurangan sebzah PTK ?
  2. Jelaskan perbedaan PTK dgn Best Practice !

terimakasih pak Said

  1. sebzah itu apa… PTK kalau buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin ikuti sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat.
  2. PTK dan best pract sangat berbeda.
    PTK ada alur penelitian serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak berhasil

best pract pengalaman terbaik dinkelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel.

laporan PTK dapat dijadikan best Practice, nmaun laporan best Pract tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut saya

Selamat malam ibu Hati.
PTK yang telah dibuat, ketika akan di buat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian? Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku?

Tks. Yulius Roma_Tana Toraja_Gel.8.

terimakasih pak yulius.

bebas terserah penulis, pokoknya harus beda dengan PTK yang kita ajukan buat PtK.. hehe
dari susunan .
mau lengkap atau tidak lengkap, bisa ikuti cara yang saya share bentuk pdf. minimal 70 halaman kertas a5 untuk menjadi buku.

mengolahnkalimat PTK..jangan ada kata kata laporan pTK dati pengantar atau di pembuka pada bmengolahnkalimat PTK..jangan ada kata kata laporan pTK dati pengantar atau di pembuka pada buku.

Saya Wiji Gelombang 8 dari malang

Dalam PTK kan dituliskan hasil penelitian (bab 3).
Pada versi 1 dan 2 ptk menjadi buku sepertinya tdk ada bab yg menjelaskan ttg hasil penelitian tsb.
Lalu pada buku hasil penelitian ditulis dimana?

Terima kasih

bisa dijelaskan di bagian ..misalnya bagian ke 6.. Pelaksanaan di kelas. atau aplikasi di kelas.

Assalamualikum buk Hati
Saya Rasita dari Bengkulu
Pertanyaan saya apakah kata siklus dalam PTK atau PTS apabila kita rubah menjadi buku harus kita hilangkan

Wa’alaikumussalam bu Rasita.
tak usah dihilangkan.. kan itu bagian di penerapan atau aplikasi nya, ga apa apa.menurut saya

pastinya versi susunan diubah, dan ada pengembangan materi darinkata kunci.. penerapan atau bukti pelaksanaan pasti diperlukan bagaimana nya dalam materi yg kita lakukan.

Selamat malam Ibu
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati …gel 12
Apakah PTK beberapa tahun lalu yang sudah pernah diajukan dalam PAK bisa dibuat buku ?

wa’alaikumussalam. bisa bu, walau tahu 2012. karena PTK kita insyaallah bisa memberi manfaatvkepada pembaca. apalagi bila dibukukan. bisa masuk dalam daftar pustaka buku penulis lain. double manfaat

Pertanyaan utk bu Hati.
Apa benar..utk PTK.. harus lebih dari satu variabel yg diteliti… trims.

menurut yang saya terima , satu variabel. dari penguji PTK saya. jangan banyak variabel. PTK itu fokus pada tindakan masalah… satu jenis variabel saja dan mendlaam lebih mengena . juga tuntas

Lilis Erna Yulianti, SMPN 1 Kertajati Majalengka, Gelombang 12 : Bu, bagaimana cara ibu bisa mengedit buku PTK yg bahasanya formal sehingga bisa enak dan renyah disajikan pada pembaca?

terimaaksih bu Lilis, supaya enak dibaca, pastinya kita banyak membaca buku karya orang lain. karena akan memperbanyak kosa kata kita dalam menulis.
ketika menulis PTK menjadi buku cari sumber yang relevan sesuai buku yang kita buat, ikuti kata otak kita ide brilian kita pasti bertambah.

Assalamualaikum ibuk moderator, saya edi Syahputra.H dari Aceh ingin menanyakan kepada narasumber :

  1. bagaimana langkah langkah mengubah laporan PTK menjadi buku

wa’alaikumussalam pak Edi.. file pdf sudah saya sebar tadi pak, boleh dibaca ya, itu versi saya, mengubah PTK menjadi buku

Assalamualaikum, bu saya Bu Husnul dari Bondowoso, tanya trik jitu mengubah judul PTK menjadi buku itu bagaimana?

wa’alaikumussalma triknya pastinya harus berbeda dari susunan PTK yang kita buat dari versi 1 …kalau versi 2 menambah materi tentang PTK memberikan pemahaman apa itu PTK buat pembaca seperti yang saya sebarkan

versi 2 ptknya lengkap dimasukkan ke buku

Assalamualaikum
Saya Ana Masitoh SDN Parimata 1 kab.Batola Kalsel
Saya sdh punya PTK dan sudah masuk ke dupak pertahun.langkah pertama apa yg bisa saya lakukan jika PTK saya ingin dijadikan buku. Bagian mana yg harus saya kembangkan lagi

tinggal membaca pdf saja kalau pertanyaan tadi

wa’alaikumussalam langkahnya ada di Pdf

Saya ibu Titin Sumartini dari Subang Jawa Barat
Saya belum pernah membuat PTK namun saya sering membaca PTK orang lain.
Pertanyaan saya:
1.Apakah perlu PTK itu untuk di buku kan?
2.Kesulitan apa yg paling signifikan dalam membuat PTK?

Terimakasih🙏☺️

wa’alaikumussalam,

  1. kalau untuk double manfaat publikasi buat jadi sumber buku ya perlu, tergantung keinginan penulis saja..
  2. kesulitan tergantung , biasanya yang saya temukan dalam instrumen atau indikator dari tindakan.
    menurut saya blm ada yg sulit, tergantung penulisnya. jadi buat saja PTK sederhana yang menjadi permasalahan kita. Jangan mempersulit dari masalah yangg ada dikelas dalam mencari solusinya.

yang sederhana misal anak telat datang. kiat cari bagaimana agar anak tepat waktu, indikator dicari dari materi yang relevan sesuai dengan masalahbyang kita ingin selesaikan.

zaman sekarang kita mudah sekali mencari informasi kita bisa dapatkan di google .

Apa yang menjadi kelebihan dari menulis buku terlebih dulu baru menulis ptk. Dibanding dengan menulis ptk dulu baru Menulis buku.

keduanya ada kelebihan. baiknya PTK dulu dan publikasi lalu dibukukan. lebih oke karena sudah publikasi hasil penelitian kita. apalagi kalau ada penilaian ajang nasional..alhamdulillah PTK saya lolos ajang nasional , walau sederhana. jadi jangan takut saatvajang nasional kitabmengikuti kegiatan publikasi PTK atau best pract kita

Assalamualaikum selamat malam Bu hati,,saya noralia dari Semarang.

  1. Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya Bu?
  2. Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku?
  3. Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu?

Mohon penjelasannya . terimakasih

Terimakasih bu Noralia dari kel 8.

  1. versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang saya contohkan. itu pernah ditulis oleh Omjay dan saya juga.
  2. data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu.
  3. R&D juga bisa banget, yang tadi dikembangkan itu bu.

Sy Amat Misnadi dari Bandung
Apakah PGRI membuka kelas pelatihan PTK?
Apakah PTK yang akan dibukukan harus PTK yg sudah diseminarkan?
Apakah mungkin diseminarkan di forum semacam ini (daring)?

slaam kenal pak.saya dari Bandung, pelatihan bisa menghubungi Omjay. nanti dari IKAPI jabar berencana mengadakan pelatihan PTK, insyaallah diinfo ya. karena kebetulan penerbit saya Anggota IKAPI.

  1. PTK yang dibukukan minimal diseminasi di sekolahnya atau MGMP boleh lah. yang penting publikasi.
  2. Bisa mungkin ke @wijayalabs

terimakasih ya

Kesimpulannya….

Agar KTI kita lebih double manfaat, dibukukan lebih baik dan bisa dibaca oleh pendiidk lainnya, daripada berbagi file PTK kita, dibukukan memiliki ISBN dan menjadi karya kita tak lekang oleh waktu kebermanfaatannya.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila banyak kekurangan. Jazakhmullahu khoiron katsiron.
Terimakasih banyak , semoga bermanfaat.

belajar bareng bersama pak agus sampurno

Malam ini saya ajak anda berkenalan dengan sosok guru inspiratif. Namanya Bapak agus Sampurno. Anda bisa melihat profilnya di blog http://gurukreatif.wordpress.com

Assalamualaikum wr wb. Terima kasih Om Jay. Senang bisa berjumpa dengan bapak ibu sekalian. Kali ini saya akan memfasilitasi diskusi mengenai blogging sebagai aspek reflektif bagi seorang pendidik.

 Saat ini seorang guru diperlukan inovasi nya dikarenakan semua katup yang sebabkan mandeknya Kreativitas sudah dibuka
Misalnya
1. RPP menjadi lebih aplikatif
2. Kepemimpinan diupayakan agar dimiliki juga oleh guru sebagai guru penggerak
3. Membuat blog erat kaitan nya dengan inovasi

Silakan mengisi survey dulu ya!
https://www.menti.com/x2ahye8rn2

WhatsApp Image 2020-01-24 at 19.35.13

WhatsApp Image 2020-01-24 at 19.35.21

Utk pembahasan ini bisa diatur di lain waktu
Ok kita lanjutkan ya!
SALAH PAHAM MENGENAI INOVASI

  1. Inovasi tidak melulu soal teknologi
  2. Inovasi hanya lahir dari kepala sekolah yg hebat kemudian guru tinggal melaksanakan.
  3. Inovasi adalah produk. Padahal inovasi adalah budaya.
  4. Inovasi sama dengan kreativitas
  5. Inovasi lahir dari sekumpulan orang pintar
  6. Inovasi lahir dari kesulitan alias the power of kepepet.
  7. Inovasi lahir begitu saja.
  8. Inovasi lahir karena dipaksa

Hambatan inovasi menurut kaum pendidik dan pemimpin di sekolah

1. Ujian nasional
2. Pihak dinas
3. Rekan sekerja
4. Input siswa
5. Waktu yg sedikit
6. Bullying antar guru
7. Kepala sekolah atau rekan sekerja yg cuek

8. Biaya
9. Sarpras
10. Kurikulum
11. Orang tua siswa

12. Kewajiban membuat administrasi pengajaran

DUA JENIS PERUBAHAN YG TERJADI DI DUNIA PENDIDIKAN

1. DISRUPTIVE. Perubahan bersifat memaksa. Aplikasi Ruang Guru misalnya ia bukan mengantikan peran guru. Aplikasi tsb hanya menggantikan guru yg malas, yg mabuk akan status PNS namun malas belajar kembali, guru yg bahagia mengajar sekedar nya saja apalagi ditunjang oleh kepsek yg cuek .

2. INCREMENTAL. Mungkin tafsirannya adalah perubahan yg terstruktur, melibatkan semua pihak, didokumentasikan dan dirayakan saat ada perubahan/perbaikan sekecil apapun itu. Open minded terhadap kesalahan. Menjadikan kesalahan sebagai batu lompatan

Saya akan memulai cerita mengenai Google. Sebagai perusahaan mereka punya rasio 80:20

Artinya 80 persen waktu karyawan nya digunakan utk mengerjakan tugas atau pekerjaan wajib nya

Sementara 20 persen digunakan utk bereksperimen yang difasilitasi oleh perusahaan dgn memberikan kesempatan utk berpresentasi di depan petinggi perusahaan. Karyawan yang inovasi nya dipandang berharga akan diberi pembiayaan.

Cakupan inovasi cukup luas, dan memang benar bahwa generasi saat ini menyukai teknologi.
Saat yg sama guru bisa menggabungkan keduanya misalnya dengan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dahulu baru dicari apakah ada teknologi yg bisa mendukung.

Misalnya guru yg berinovasi membuat siswanya rajin dan menjadi pandai menulis kemudian belajar cara membuat blog utk kelasnya. Agar tulisan siswanya bisa dibaca lebih luas audiens nya.

Jadi mesti aspek pedagogik dahulu baru teknologi.

Bisa mulai dengan prinsip ATM

  • Amati
  • Tiru
  • Modifikasi

Cari hal yg menurut bapak menarik lalu terapkan prinsip ATM

Maksudnya adalah rekan kerja yg cuek atau pimpinan sekolah yg cuek ya pak
Jika ini terjadi maka pastikan anda punya ‘tempat bermain di luar’.

Tempat bermain maksudnya adalah:

1. Komunitas
2. Follower
3. Teman di FB

Bergabunglah dengan masyarakat kreatif.
Banyak pendidik yg masuk jebakan pertemanan, misalmya di Facebook semata hanya masuk pada grup grup yg menyuarakan kesejahteraan tanpa mau lebarkan sayap, belajar dari orang yg sdh lebih dulu berkembang.
Dengan menulis di blog maupun di media sosial, anda akan jadi orang yg ‘terlihat’ pintar dan kreatif.

Jika anda lakukan berulang kali, maka dua sifat diatas akan melekat pada diri anda.

Nah sekarang saya ingin bertanya
Bagaimana cara anda belajar sebuah hal atau keterampilan yang baru?

  • Mengamati, mencoba dan berusaha sampai sukses.
  • Berani mencoba dan fokus mempelajarinya
  • Mencoba dna berusaha
  • Termasuk dalam hal mempelajari kegiatan menulis di blog

Jika anda guru SD

Anda bisa belajar dari:
1. YouTube
2. Rekan yang sdh membuat

Jika anda guru SMP dan SMA.
Anda bisa sibukkan diri dgn menulis lalu ajak atau tunjuk siswa yg mahir IT utk mempelajari dan membuatkannya utk anda. Sampai akhir nya anda bisa memposting tulisan anda sendiri.

saya ngajar aqidah akhlak MTs,,kira2 apa contoh inovasi yg bsa saya terapkan di sekolah terkait dgn bidang studi yg saya ampu pak🙏🙏🙏

Ide mengenai inovasi datang dari masalah yg terjadi.

Sebuah solusi pemecahan masalah hanya bisa disebut inovatif bila:

1. Memberikan solusi
2. Berbiaya murah
3. Mudah ditiru
4. Gampang dilacak bukti perubahan nya

terkait dengan masalah yang saya alami ketika siswa saya ajak diskusi,mrk tdk mampu mngeluarkan pendapat dan tdk punya keberanian.

Gunakan kertas post it
Atau kalau tdk ada potong kertas a4 jadi 4 bagian

Minta siswa menulis jawaban pertanyaan di kertas tsb lalu ditempel di tembok dgn demikian semua nyaman dalam menjawab

solusi yg okee juga pk agus,,mksiii

Ada beberapa jenis blog yang saya ketahui, anda bisa menambahkan jika berkenan

1. Review produk
2. Memberikan tips dan trik
3. Bercerita pengalaman (personal branding)

Saat saya memulai menulis, motivasi nya lebih pada karena saya dilanda ‘burn out’ atau kelelahan menjalankan profesi sebagai pendidik.
Waktu itu Facebook masih sangat baru di dunia maya.
Karena Facebook belum terkenal maka belum ada istilah ‘curhat di dunia maya’
Jadilah saya melakukan curhat lewat platform blog yaitu wordpress.
Agus Agus Sampurno: Namun saya berpikir, akan sangat sayang jika saya semata curhat namun tidak berbagi solusi.
Maka hal yang saya lakukan waktu itu adalah

1. Mulai dengan berpikir kesulitan apa sebagai guru.
2. Mencari atau riset di internet mengenai solusi keluhan saya itu
3. Mengujicobakan di kelas
4. Menulis hasilnya di blog

Terima kasih @wijayalabs ada banyak manfaat yang saya rasakan dalam menulis di blog

1. Makin mencintai dunia pendidikan
2. Promosi dalam bidang pekerjaan. Waktu memulai menulis blog saya adalah guru, kemudian menjadi kepala sekolah dan saat ini menjadi konsultan, pembicara serta pemimpin program peningkatan kualitas pendidikan di beberapa provinsi di Indonesia.
3. Menjadi pembicara
Nomor 3 saya tandai secara khusus dikarenakan seorang pembicara tdk akan menjadi seorang yg handal tanpa ia menjadi penulis.
Dikarenakan saat menulis ia akan melakukan riset yg akan membuat materi yg dibawakan sbg pembicara menjadi bernas dan bermakna.
Ada hal yg tdk akan anda duga saat menjadi penulis. Keterampilan anda menjadi berbuah dengan tambahan profesi sebagai pemateri/pembicara dan fasilitator.

Anda hanya harus belajar sedikit lagi mengenai andragogy (pendidikan orang dewasa)
Berikut kesimpulan
1. Menulislah singkat singkat saja. Saya terinspirasi betul dengan Seth Godin yang tiap hari menulis diblognya dengan singkat namun padat pengetahuan dan intisari pengalaman.

2. Jika sudah terbiasa menulis maka akan merasa kurang jika belum menutup hari dengan menulis.
3. Menuliskah dimana saja dan dengan alat apa saja. Saat saya menulis tulisan ini saya gunakan fasilitas notes di smart phone saya, sambil menikmati perjalanan berangkat kerja dengan komuter di pagi hari. Jadi tidak mesti menunggu berhadapan dengan laptop atau komputer baru menulis.

Jika demikian mengapa bagi sebagian pendidik menulis di blog itu menjadi hal yang memberatkan, padahal dengan terampil dan menarik mereka menulis status di update media sosial mereka dengan tulisan menyentuh dan …

Menulis blog berarti anda bersedia untuk keluar dari zona nyaman

Hal ini dikarenakan:
1. Anda secara tidak sadar akan menekuni hal baru yang diperlukan kesabaran dan kesadaran dalam berbuat
2. Anda akan tersenyum saat ingat pertama kali anda memulai
3. Anda akan menginspirasi orang lain

 

Tugas TIK Kelas 9 Semester 1 Pertemuan Pertama, Kedua & Ketiga

  1. Bacalah baik-baik perintah di bawah ini!
  2. Buka alamat email dan blog kalian. Pastikan blog kamu selalu terupdate dengan baik.
  3. Buktikan bahwa kamu sudah mengupload file kartul kalian ke blog pribadi melalui link google drive. Termasuk juga slide presentasinya!
  4. Bila belum mengupload sama sekali, mohon maaf kalian tidak diperkenankan mengikuti pelajaran Omjay dan dipersilahkan untuk keluar ruangan komputer. Saya belum mengakui kamu sebagai siswa kelas 9 yang sudah kerjakan kartul.
  5. Posting artikel baru di Blog dengan judul Liburan sekolahku dengan tulisan antara 300 sampai 500 kata dan tambahkan Foto. Bila tidak punya foto, cari di Google Foto yang ada huungannya dengan tulisanmu.
  6. Setelah selesai, minta 25 orang temanmu untuk membaca kisah liburanmu dan memberikan komentar di blog (blog walking)
  7. Cetak Tulisan di ukuran kertas A4 dengan jenis huruf times new roman ukuran 12, dan buat cover liburannya di kertas ukuran A4
  8. Kirim url link artikel kamu di blog ke WA Omjay di 08159155515, dan copas alamat url linknya di bagian komentar blog ini.
  9. Copas tulisan kamu di blog pribadi ke blog kompasiana.com, sebuah blog yang ramai pengunjungnya di Indonesia saat ini. Kamu harus registrasi dulu sebelum memposting.
  10. Berikan komentar di blog omjay di url https://wijayalabs.com/2019/07/18/perjuangan-seorang-guru-tik-kisah-nyata-wijaya-kusumah/
  11. Silahkan gabung di wa group (WAJIB)https://chat.whatsapp.com/L9IpTwIyLVc2MR4SDo3hrM
  12. Buka kembali blog kamu di blogspot yang berisi cerita liburan, dan edit isinya dengan menambahkan kalimat di akhir paragraf, “Cerita ini akan dibukukan dalam buku kumpulan cerita anak Labschool.”
  13. Tambahkan foto di bawah ini ke dalam blog kamu, dan pastikan kamu memasukkan foto tersebut sama persis dengan foto di bawah ini.

  1. Kirimkan alamat blog pribadi kamu di blogspot ke email omjay di wijayalabs@gmail.com dengan subyek Cerita Liburan sekolahku
  2. Bukalah dan bacalah buku Mudah Menjadi Youtuber Profesional dari halaman 1 sampai 17. Buatlah ringkasan dari halaman buku tersebut, dan masukkan tulisannya ke blog pribadi kamu.
  3. Bukalah web http://youtube.com dan daftarkan dirimu untuk bergabung di youtube dan membuat youtube channel.
  4. Subcribe dan like akun @wijayalabs di youtube.com.

Buku kelas 9 sudah tersedia di koperasi sekolah, harga Rp. 62.000,-