Menulis Artikel di Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Menulis Artikel di PMM Susah Gak Sih?

21 Mei 2024   06:44 Diperbarui: 21 Mei 2024   06:46  36  2 4

Seorang kawan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bertanya kepada Omjay. “Menulis artikel di PMM susah gak sih?”

Omjay tersenyum mendengar pertanyaannya. Kebetulan di kelas belajar menulis nusantara (KBMN) PGRI baru saja ada kegiatan online dengan judul Menulis Artikel di Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Ibu Helwiyah sudah memberikan ilmu dan pengalamannya menulis artikel di PMM. Ibu Lely bertugas menjadi moderatornya, dan kegiatan malam itu, menjadi malam yang penuh dengan ilmu. 

Kita sebagai guru hanya diminta untuk duduk sebentar dan menonton siaran ulangnya. Nah, bagi mereka yang belum sempat menontonnya, silahkan menonton di link youtube Omjay di bawah ini!

Apa yang harus kita lakukan setelah bergabung di aplikasi PMM?

Setelah bergabung di aplikasi PMM, kita bisa belajar secara mandiri. Banyak video pembelajaran yang dapat kita tonton. Di aplikasi PMM juga ada aksi nyata. Kita bisa bagikan aksi nyata kita di aplikasi PMM kepada kawan guru lainnya.

Selain itu, kita juga bisa menulis artikel di aplikasi PMM dan membagikannya kepada guru lainnya. Hampir sama dengan menulis di kompasiana. Kalau di kompasiana dituliskan secara langsung, kalau di aplikasi PMM, kita menulis di word lalu kemudian kita simpan dalam bentuk pdf. Setelah itu kita upload di aplikasi PMM sebagai bukti karya.

Siapa saja yang bisa bergabung di aplikasi PMM?

Semua guru yang sudah punya email belajar.id, dapat bergabung di aplikasi PMM yang dibuat oleh kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (kemdikbudristek).

Aplikasi PMM sengaja dibuat untuk guru belajar secara mandiri dan saling berbagi sesama guru di Indonesia. Sebagai platform edukasi dan teman penggerak, PMM diduga dapat meningkatkan kualitas kompetensi pendidik di Indonesia. Itulah sebuah harapan dari kemdikbudristek. Anda dapat membaca informasi lengkapnya di https://guru.kemdikbud.go.id/.

Mengapa guru perlu menggunakan aplikasi PMM?

Guru akan belajar secara mandiri dan saling berbagi ilmu dan pengalaman melalui aplikasi PMM. Aplikasi PMM memberikan akses ke beragam artikel dan video pembelajaran serta contoh-contoh Perangkat Ajar. 

Ekosistem PMM memudahkan para pendidik mengakses informasi, referensi, serta inspirasi. Materi yang ada di aplikasi PMM benar-benar terpilih untuk mendukung kontribusi Anda sebagai guru di sekolah. 

Berikut ini adalah video kilas baiknya yang dibuat oleh kemdikbudristek:

Lalu bagaimana untuk menulis artikel di aplikasi PMM? Apakah susah atau mudah? 

Selama ini, Omjay menulis artikel di aplikasi PMM sangat mudah, dan tidaklah susah. Supaya artikel yang dituliskan banyak yang membaca, maka kita harus rajin membagikannya kepada rekan guru lainnya. Biasanya, Omjay membagikannya di media sosial.

Hal yang sulit dari menulis artikel di aplikasi PMM adalah memulai. Kita terkadang malas untuk memulainya. Oleh karena itu, kita harus bergabung dalam komunitas belajar. Baik komunitas belajar yang ada di dalam sekolah sendiri, ataupun komunitas belajar yang berada di luar sekolah. Kita belajar bersama secara online bersama guru lainnya. Jarak yang jauh menjadi terasa dekat, berkat kemudahan teknologi terkini.

Apa itu artikel? Artikel adalah sebuah karya tulis lengkap berupa laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Tujuan pembuatan artikel adalah untuk memberitahu, menghibur, mempengaruhi dan meyakinkan pembaca. 

Untuk itu, anda perlu mengetahui cara membuat artikel yang baik dan benar.  Artikel bisa dipahami sebagai karya tulis berdasarkan fakta dan argumentasi yang ditulis sebagai laporan berita atau esai untuk dimuat di media massa seperti majalah, portal media online dan sebagainya. 

Sebagai seorang pemula, menulis artikel mungkin akan terasa sulit. Nanti seiring perjalanan waktu, anda akan menemukan kemudahan bila sudah terbiasa menulis artikel.

Berikut ini adalah contoh menulis artikel yang baik, dapat anda baca di link yang ada di bawah ini:

https://kabar24.bisnis.com/read/20230627/79/1669485/cara-membuat-artikel-yang-baik-dan-benar-beserta-contohnya

Demikianlah sedikit kisah Omjay tentang menulis artikel di aplikasi PMM. Silahkan menyempatkan waktu untuk menonton siaran ulang materi yang disampaikan oleh ibu Helwiyah. Beliau pengajar praktik calon guru penggerak angkatan 7. Selamat menonton ya!

https://www.youtube.com/embed/UCxdzXKTjiw

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

https://www.melintas.id/literasi/341159297/dr-wijaya-kusumah-spd-mpd-sukses-menjadi-pegiat-literasi-nusantara-berikut-bio-data-omjay

Tinggalkan komentar