Simulasi Mengajar dan Tipsnya Agar Lolos Menjadi Fasilitator Guru Penggerak

Simulasi mengajar, dan tipsnya agar lolos menjadi calon pengajar praktik guru penggerak. Itulah topik kisah Omjay kali ini. Hal ini diilhami dari kawan-kawan guru yang sudah sukses menjadi fasilitator calon guru penggerak atau CGP.

Pelajari modulnya dengan baik. Tips lainnya adalah telaten, dan teliti serta sabar. Lalu perlakukan mereka seperti kita orang tua mengajar kepada anaknya. 

Begitulah pengalaman seorang kawan yang bernama bapak Joko Hariyanto yang menjadi fasilitator angkatan 9, dan lulusan CGP angkatan 4 Boyolali, Jawa Tengah. 

Input sumber gambar Joko Hariyanto
Beliau sudah sukses menjadi fasilitator guru penggerak. Omjay meminta foto beliau dengan koas putih bertuliskan merdeka belajar. Orangnya gagah dan pintar. Senang berbagi dan tidak sombong. 

Beliau bergabung di kelas belajar menulis atau KBMN PGRI. Telah sukses menjadi fasilitator di angkatan 9, dan sukses memfasilitasi 10-15 orang CGP di angkatan 9.

Input sumber gambar Joko Hariyanto
Berikut ini adalah 3 tips simulasi mengajar calon Pengajar Praktik Guru Penggerak, Perhatikan nomor 3 ya! Semoga Anda lolos sebagai pengajar praktik calon guru penggerak atau CGP.

Input sumber gambar Joko Hariyanto
Alhamdulillah, siang ini Omjay membuka akun SIM PKB. Omjay dinyatakan lolos untuk fasilitator guru penggerak. Ada 3 tips yang harus diperhatikan agar lolos tahap kedua. Ketiga tips itu adalah sebagai berikut:

Bersiap 15 menit sebelum sesi dimula
Memastikan koneksi internet memadai
Menyiapkan peralatan seperti laptop, dengan sumber kelistrikan/pastikan baterai laptop penuh.

Input sumber gambar dokpri
Omjay beruntung sempat membuka akun SIM PKB. Seorang kawan yang baik hati, mengirimkan file surat dari kemdikbudristek di aplikasi whatsApp. Katanya nama Omjay ada dalam daftar calon fasllitator dari DKI Jakarta. Omjay membuka tautannya di link di bawah ini:

Omjay kemudian langsung menghubungi adik kandung Omjay yang kebetulan sudah menjadi fasiltator guru penggerak. Katanya, kalau lulusan dari guru penggerak tak ada yang sulit. Jelaskan saja apa-apa yang sudah dilakukan selama ini dengan jujur. Tidak perlu dibuat-buat, dan biasa saja menyampaikannya kepada tim penilai dari kemdkbudristek.

“Kalo calon fasilitator memang harus banyak cerita tentang pengalaman yang mempunyai nilai inovasi. Tapi kan OmJay sudah pernah Jadi Guru Penggerak, jadi yaa akan mengalir aja.”

Kemendikbud mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan mendaftar menjadi Guru Penggerak. Informasi tentang surat ijin, surat rekomendasi, pakta integritas dan pengumuman hasil seleksi calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik, dan informasi lainnya dapat diunduh di bawah ini.

Input sumber gambar Joko Haryanto
Saat mempersiapkan simulasi mengajar, perhatikan keenam point di bawah ini: 

Pastikan Anda bersiap 15 menit sebelum sesi dimulai
Total waktu dibutuhkan untuk / Sesi adalah 30 Menit
Pastikan alat (laptop) terhubung ke sumber listrik / memiliki baterai penuh
Pastikan perangkat (laptop) terhubung ke sumber listrik / memiliki baterai penuh
Pastikan Anda dalam keadan aktif login akun Google Mail (Gmail) pada peramban (browser) Anda untuk dapat mengakses layanan Google Meet.
Jika Anda menggunakan gawai (smartphone), pastikan telah terpasang aplikasi Google Meet pada gawai Anda.

Input sumber gambar dokpri
Semoga Anda Sukses sebagai pengajar praktik atau fasilitator! Perhatikan keenam perintah di atas ya! Kemudian bagikan pengalamannya kepada orang lain melalui blog di internet. Ituylah ilmu yang Omjay dapatkan dari para guru inspiratif.

Sore ini Omjay mendapatkan kabar dari panitia Pokja PGP, Ditjen GTK, pemantau program guru penggerak sbb:

Assalamualaikum,
Salam sehat dan semangat
Kami dari Pokja PGP, Ditjen GTK, Pemantau Program Guru Penggerak.

Mengingatkan kembali, jadwal Simulasi Mengajar Bapak/Ibu yang tertera di SIMPKB
5 Juni 2024

Mohon di cek di SIMPKB, dan minta bergabung ke gmeet 10 menit sebelum dimulai (link gmeet ada di SIMPKB di bagian jadwal). Nanti dapat masuk setelah diadmit oleh Asesor, jadi harap sabar menunggu dan tidak panik.

Cara ketika hari H untuk masuk ke google meet:

  1. Buka simpkb https://app-gurupenggerak.simpkb.id/
  2. Pilih seleksi Simulasi Mengajar
  3. Klik konfirmasi jadwal, klik detail jadwal dan klik kotak biru link tautan google meet untuk masuk sesi.

silahkan isi format berikut untuk konfirmasi kehadiran melalui Whatsapp:
Nama – Jadwal (hari/tanggal dan waktu)- Asal Daerah – siap hadir/mengundurkan diri

Persiapkan diri dan pastikan jaringan/sinyal stabil, serta siapkan Kartu Identitas Diri (KTP / SIM). Dipersilakan menggunakan HP / laptop, dipastikan kamera dan mic berfunsi dengan baik

Sehat-sehatlah selalu.
Terimakasih.

Demikianlah kisah omjay tentang simulasi mengajar, dan tipsnya agar lolos menjadi calon pengajar praktik guru penggerak. Alhamdulillah Omjay bersyukur banyak orang yang baik dan memberitahukan Omjay kalau masuk seleksi tahap kedua. Beberapa waktu sebelumnya, Omjay tidak lolos seleksi calon fasilitator karena tidak membuka SIM PKB. Omjay terlambat memperbaiki data ijazah yang salah upload, akibatnya Omjay dinyatakan gagal mengikuti tahap selanjutnya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Simulasi Mengajar, dan Tipsnya Agar Lolos Menjadi Calon Pengajar Praktik Guru Penggerak”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/665d92ce34777c63ce78d162/simulasi-mengajar-dan-3-tipsnya-agar-lolos-menjadi-calon-pengajar-praktik-guru-penggerak

Kreator: Wijaya Kusumah

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan komentar