Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Akhir-akhir ini banyak kita temui banyak teman-teman guru yang belum mengetahui sistematika penulisan karya tulis ilmiah.Oleh karena itu dalam kesempatan ini, izinkan saya menuliskan sistematika penulisan karya tulis ilmiah.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman guru di seluruh Indonesia yang saat ini hendak mengusulkan dirinya untuk naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.

SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

VERSI DEPDIKNAS UNTUK KENAIKAN PANGKAT

1. LAPORAN HASIL PENELITIAN :

A. Bagian Pembuka :

  • Halaman judul.
  • Lembar pengesahan.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi :

Bab    I    Pendahuluan

–         Latar belakang masalah.

–         Rumusan masalah.

–         Tujuan penelitian.

–         Manfaat penelitian.

Bab  II    Kajian teori atau tinjauan kepustakaan

–         Pemahasan teori

–         Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan

–         Pengajuan hipotesis

Bab III    Metodologi penelitian

–         Waktu dan tempat penelitian.

–         Metode dan rancangan penelitian

–         Populasi dan sampel.

–         Instrumen penelitian.

–         Pengumpulan data dan analisis data.

Bab  IV    Hasil Penelitian

–         Jabaran varibel penelitian.

–         Hasil penelitian.

–         Pengajuan hipotesis.

–         Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.

Bab   V    Kesimpulan dan saran

C. Bagian penunjang

–         Daftar pustaka.

–         Lampiran- lampiran antara lain instrument penelitian.

2. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS :

A. Bagian Pembuka :

–         Halaman judul.

–         Lembar pengesahan.

–         Kata pengantar.

–         Daftar isi.

–         Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi :

Bab    I    Pendahuluan

–         Latar belakang masalah.

–         Identifikasi masalah.

–         Pembatasan dan rumusan masalah.

–         Tujuan penelitian.

–         Manfaat hasil penelitian.

Bab  II    Kajian pustaka

–         Kajian teori.

–         Kajian hasil penelitian.

Bab III    Metodologi / Metode penelitian

–         Objek tindakan.

–         Setting/Lokasi/Subjek penelitia.

–         Metode pengumpulan data.

–         Metode analisis data.

–         Cara pengambilan kesimpulan.

Bab  IV    Hasil Penelitian

–         Gambaran selintas tentang setting.

–         Uraian penelitian secara umum – keseluruhan.

–         Penjelasan per siklus.

–         Proses menganalisa data.

–         Pembahasan dan pengambilan kesimpulan.

Bab   V    Kesimpulan dan saran

–         Kesimpulan.

–         Saran untuk tindakan lebih lanjut.

C. Bagian penunjang/penutup

–         Daftar pustaka.

–         Lampiran- lampiran.

3. TINJAUAN/ULASAN ILMIAH HASIL GAGASAN SENDIRI :

A. Bagian Pendahuluan :

–         Halaman judul.

–         Lembar pengesahan.

–         Kata pengantar.

–         Daftar isi.

–         Abstrak.

B. Bagian Isi :

Bab I : Pendahuluan uraian mengenai hal yang dipermasalahkan.

Bab II: Kajian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan.

BabIII: Tinjauan/ulasan.

Bab IV: Kesimpulan.

C. Bagian penunjang :

–         Daftar pustaka.

–         Lampiran- lampiran.

  1. 4. BUKU
    1. A. Bagian Pendahuluan

–         Kata pengantar

–         Daftar isi

–         Penjelasan tujuan buku pelajaran

–         Petunjuk penggunaan buku

–         Petunjuk pengerjaan soal latihan

  1. B. Bagian isi

–         Judul bab atau topic isi bahasan

–         Uraian singkat isi pokok bahasan

–         Penjelasan tujuan bab

–         Uraian isi pelajaran

–         Penjelasan teori

–         Sajian contoh

–         Ringkasan isi bab

–         Soal latihan

–         Kunci jawaban soal latihan

  1. C. Bagian penunjang

–         Daftar pustaka

–         Lampiran-lampiran

5. MODUL :

  1. Judul
  2. Pengantar
  3. Petunjuk penggunaan modul
  4. Yujuan umum pembelajaran
  5. Kemampuan prasyarat
  6. Pretest
  7. Tujuan khusus pembelajaran
  8. Isi bahasan
  9. Kegiatan belajar
  10. Rangkuman
  11. Tes
  12. Sumber media yang digunakan
  13. Tes akhir dan umpan balik
  14. Rancangan pengajaran
  15. Daftar pustaka

6. DIKTAT PELAJARAN:

A. Bagian Pendahuluan :

–         Halaman judul.

–         Kata pengantar.

–         Daftar isi.

–         Penjelasan tujuan diktat pelajaran.

B. Bagian Isi :

–         Judul bab atau topik isi bahasan.

–         Penjelasan tujuan bab.

–         Uraian isi pelajaran.

–         Penjelasan teori.

–         Sajian contoh.

–         Soal latihan.

C. Bagian penunjang :

–         Daftar pustaka.

–         Lampiran- lampiran.

7. ALAT PERAGA

A.Bagian Pembuka

– Halaman judul

– Lembar pengesahan

– Kata pengantar

– Daftar isi

B. Bagian isi

– Latar belakang pembuatan alat peraga

– Manfaat alat peraga

– Bahan yang digunakan

– Keadaan siswa sebelum dans esudah menggunakan alat peraga

– Prestasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga

– Foto / gambar alat peraga

119 responses to “Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

  1. Oktaaaa.......luctU

    thx,,, berkat situs ini pengetahuanku bertambah

  2. Sama-sama mbak semoga bermanfaat

  3. untuk menganilisis buku teks pelajaran selain dari penyusunan materi dan pemilihan materi kira-kira apalagi ya Pak?trimakasih mohon batuannya

  4. Labschool KEREN!

  5. makasih,,,, ni info sangat ngebantu gw bgt

  6. adhitya prayoga

    saya ucapkan terima kasih berkat situs ini saya jadi tau kti

  7. sama-sama mas adhitya,

    salam
    omjay

  8. Mks ya,smuax uda bs membnt tgs kuliah q

  9. Sy jd mgrt dgn sistematisx.mks uda d bnt.

  10. sama-sama mbak fitri sari.

    sukses selalu
    Omjay

  11. semoga bermanfaat mas maisal ali

    salam
    omjay

  12. Akhirnya,,
    aku udah ngrtii,,
    dpat tugas ni,,
    do’ain y mga brhasiiL
    🙂

  13. Saya doakan semoga sukses selalu.

    salam
    omjay

  14. b4gus juga peng. ny!
    m0ga brmanfa4t bg! khlayak lua5!

  15. terimakasih atas informasinya

  16. lagi bikin karya tulis nih……

  17. iya mas, hehhehehe

    salam
    omjay

  18. tank’s artikelnya dengan ini kami bisa bimbing anak kami yang sedang menyusun laporan study tournya

  19. trima kasih ya atas

  20. kami ucapkan banyak terima kasih denngan perantara ietrnet ini kami bia melihat situs bapak dan bisa mengerti tentang pembuatan karya ilmiyah tapi kalau bisa tolong krim ke alamat email kami ini dan contoh dasar-dasar pembuatannya…moga amal baik kita diterima disisi Allah SWT…

  21. Terima kasih berkat situs ini saya jadi tambah pengetahuannya

  22. sudah punya penemuan karya ilmiah baru blum????

  23. alhamdulillah sudah mas, sekarang sdg diselesaikan.

    salam
    omjay

  24. terima kasih sekali buat situs…yg bisa membuat saya harus berlatih membuat karya tulis ILMIAH..
    cuma….saya mw tanya neh…cara kita publikasi hasil karya tulis itu bagaimana ya…???
    misal membuat novel atau cerpen n.bagaimana jg seperti karya yang lain….
    n saya minta wawasannya n untuk jawabannya bisa dikirimkan ke e-mail saya…
    terima kasih sebelumnya..

  25. makasiii ya,,,,
    coz auw cari tugas tentang KTI

  26. sdama-sama mas, semoga bermanfaat ya

    salam
    Omjay

  27. Sigit Sujatmika

    wah lengkap sekali nih blog tentang pendidikannya.. makasih buat ilmunya ya Pak.

  28. masih belum lengkap pak, saya masih belajar kok

    salam
    Omjay

  29. tolong kirimin contoh karya tulis ilmiah, donk,,,,
    krna, besok udah di kumpul nih,,,
    okeh,,,
    thanks before,,,,

  30. ma’kasih mas atas ilmunya, bermamfaat sekali lho!

  31. sama-sama mas maman. Semoga bermanfaat.

    salam
    Omjay

  32. makasih mas,tulisannya sangat membantu saya.

  33. Terima kasih atas infonya
    ini sangat membantu saya.

  34. sama-sama mas

    salam
    omjay

  35. Makasih bantuannya mas

  36. infoX bguss bgt!!!

  37. assalamualaikum,,,,

    tlong dong ika minta format pnulisan skripsi tuk PTK (Penelitian tindakan kelas)

    syukran,,,^_^

  38. Silahkan beli buku saya mengenal PTK di Toko buku gramedia mas/mbak ikha

    salam
    Omjay

  39. ASS…Pak kalo boleh sistematika penulisan karya ilmiah dilengkapi dong kayak cara pengambilan kutipan, kutipan langsung ato tidak langsung…
    ampe aturan pengetikan maupun pencetakannya…
    trima kasih pak…

  40. bodoo aa kan dag adde contonh nye be
    3:)

  41. yang saya butuhkan adalah penjelasan tentang sistematika karya tulis, misalnya dalam latar belakang itu terdapat gagasan apa saja….

  42. Silahkan ibu Enok membeli buku PTK saya di Tko Buku Gramedia atau memesannya langsung kpd saya untuk melihat penjelasan lengkap dari sistematika penulisan ilmiah

    salam
    Opmjay

  43. thanks buwadd info.y…..

    this is ipmportant 4 me….

  44. Buku Pak WK tentang PTK berarti sekali buat saya, apalagi pak WK pernah berkunjung ke Pontianak.

  45. Alhamdulllah, semoga bermanfaat mas sholihin H.Z.

    salam
    Omjay

  46. Ass…Pak,saya ingin belajar menulis lewat blog dulu,yang ringan-ringan aja.Mohon,kalau Bapak membaca tulisan saya nanti…dikomentari ya
    Syukron katsir

  47. oke, siip mbak fatmini

    salam
    Omjay

  48. mantap gan… ijin sedot…

  49. keren ini buat tgs aku
    labschool jakarta ya ini ??

  50. yes, selamat datang di labschoool Jakarta

    salam
    Omjay

  51. Thanks uda membantu

  52. terimakasih atas bantuannya

  53. sama-sama semoga bermanfata ya mbak/mas

    salam
    Omjay

  54. wah good info sir…. i get it..

  55. pokoke siiiiiip!!!!!!!!!!!!!

  56. siip juga deh!!

    salam
    Omjay

  57. Sholihin H.Z.

    Ass. Pak WK, mks ya telah mbagi ilmunya lewat buku ptk n sekaligus berkunjung ke pontianak, insya ALlah saya tahun ini mengikuti lomba PTK oleh Litbang DEPAG RI, doain masuk nominasi ya, kalaupun nggak, ya itung-itung belajar mendalami ptk lah. Ok Syukron katsir….

  58. walaikum salam.

    Semoga menang ya pak dan rasakan kenikmatan ketika kita melakukan PTK

    salam
    Omjay

  59. berkat neh situs, tugas daku buat dosen jadinya kelar dah

  60. cerdas.. makasih atas infox.

  61. mohon izin untuk dikopi pak, saya lagi cari info tentang pengembangan profesi dan cara memperoleh penilaiannya, mohon diposting ya pak
    salam dari kalimantan tengah

  62. silahkan mas, semoga bisa segera saya posting.

    salam
    Omjay

  63. princessnaries

    .. syukron pengetahuan.na ,,

  64. Ping-balik: Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah « OASEGURU

  65. terima kasih. semoga ilmunya bisa terus bermanfaat

  66. Makasih,,, artikelnya bagus & membantu yg lagi pusing bikin tugas kuliah…

  67. semoga bermanfaat ya mbak dean dan mbak esti

    salam
    Omjay

  68. Tolong share sistematika karya tulis ilmiah ke email saya. Terima kasih.

  69. Terima kasih, nambah pengetahuan.

  70. informasi ini amat penting bagi saya untuk mulai belajar membuat karya tulis ilmiah. bimbing terus kami ya pak . . . . .

  71. semoga bermanfaat untuk mas hari dan saya siang membimbing secara online

    salam
    Omjay

  72. Terima Kasih,
    Di setiap literatur yang saya baca, selalu berbeda. Saya harap ini yang paling tepat karena dipaparkan oleh orang yang ada di bidangnya. Berhubung saya mau membuat sebuah essay ilmiah, saya izin untuk menyimpan artikel Bapak

  73. makasih mas wijaya,nambah referensi buat sy buat kti

  74. sama-sama mas, semoga bermanfaat

    salam
    Omjay

  75. langkah awal untuk memulai membuat karya ilmiah itu gimana??

  76. langkah awalnya adalah menemukan masalah mbak angel

    salam
    Omjay

  77. ibrahim pakpahan

    asslamualaikummmmmm………. terima kasih yaaa.. atas partisipasinyaa, bole gak, mntak tolong…, ajari donk membuat karya ilmiah,!… karna saya blom berapa paham….

  78. ibrahim pakpahan

    ya… ajari donk… membuat karya ilmiah ….

  79. aslmkm pak….. saya ingin tanya, bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah untuk perlombaan? minta tolong dijelaskan sistematikanya, sebab saya akan mengikuti lomba minggu depan tgl 12 april……
    mohon kesediaan untuk menjawab pertanyaan saya secepatnya.
    thanks so much before

  80. lomba apa ya mbak fitri?

    salam
    Omjay

  81. membantu banget nih buat ikutan lomba karya tulis..thx.. ^^

  82. tolong bantu saya donk pak dalam membuat karya tulis ilmiah tentang rencana penelitian tindakan kelas.
    terima kasih sebelumnya.

  83. tolong bantu saya donk pak dalam membuat karya tulis ilmiah tentang rencana penelitian tindakan kelas.
    terima kasih sebelumnya.

  84. ok, saya siap mbak

    salam
    Omjay

  85. terimakasih tas infonya.

  86. wah, keren.. bermanfaat sekali uraian anda.. trimksh pak..

  87. rina oktaviani

    trima kasih pak,,tulisannya sangat berguna sekali karena saya sekarang baru mau memulai menulis karya ilmiah,,jadi sgt membutuhkan sekali sistematika berbagai karya ilmiah,,,mhon petunjuk bagaimana kita bisa menulis dengan baik dan benar..trims

  88. hi….saya m tanya bagaimana cara mengawali menulis karya ilmial? misalnya tentang pengaruh cerpen pada remaja

  89. 😀 makasih labschool, aku jadi mudeng.. :p

  90. sama-sama, semoga bermanfaat

    salam
    Omjay

  91. Indar Fitriani

    terima kasih pak, jelas sangat bermanfaat sekali, semoga Allah selalu memberikan kekuatan untuk Bapak dalam berkarya

  92. karya tulis berarti sll melalui penelitia dulu ya pk ??? 🙂

  93. kalau kti itu beragam, salah satunya laporan hasil penelitian

    salam
    Omjay

  94. assalamualaikium
    salam kenal
    pak saya mau tanya nih bagaimana sih cara membuat KTI yang benar dan baik ? saya ingin sekali membuatnya buat latihan , tapi sya baru pertama kali ?

  95. Caranya anda bisa mmebeli buku mengenal PTK yang saya susun bersama pak dedi dan banyak contoh PTK ada di sana

    salam
    Omjay

  96. Trimakasih Informasinya..
    Kbetulan skrg saya pux tugas membuat krya Ilmiah dan Alhamdulillah berkat situs nie sangat membantu dlm penyelesaian tugas saya..

  97. Alhamdulillah, senang mendengarnya

    salam
    omjay

  98. terimakasih info nya…..

  99. Alhamdulillah
    Insyaallah bermanfaat bagi saya

  100. thank’s yah ats smw nyah…
    jadi ngerti dikit dikit ^.^

  101. Terimakasih, ini sangat berguna untuk kelangsungan tugas sekolah saya 🙂

  102. Ekha Aquarista Wulansari

    terimakasihh 🙂 so helped me

  103. Thanks ya banggg…
    Berkat abang…
    tugas saya sellesaiii…
    hehehe… 😀

  104. trima kasih banyak, ilmunya sangat2 bermanfaat

  105. Thankz pak,,berkat bpak akhirnya aku tau sistematika penulisan KTI untuk tgas kuliahku,,semoga bermanfaat

  106. sueneng buanget q tlah trbantu..thanks..

  107. makasih ya om, ini bantu bgt..

  108. aslmk ma kasih pak tulisannya

  109. Lili Akhmad MR

    assalamu’alaikum om Jay, mau nanya nih, kalau sistematika yang biasa digunakan untuk penulisan karya tulis dalam “Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan” kategori karya tulis ilmiah IPA, sistematika nya yang mana yang digunakan ? terima kasih atas perhatian dan bantuannya om Jay> wassalam

  110. kalau itu sih sepperti buku pelajaran biasa, hanya sifatnya lebih kepada pengayaan.

    salam
    Omjay

  111. pak jay,,, semakin banyak bapak memberi maka semakin banyak pula bapak mendapatkan…

  112. makasih ilmunya pak, jazakallah khairan katsira

  113. Makasih baxk Sharex Pak….smoga tetap akan dan bisa memberi ilmu….
    .