PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

BAB 1 PENDAHULUAN

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika. EVOLUSI EKONOMI GLOBAL 1. Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang paling dominant. 2. Ekonomi Industri , sesudah terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting. 3. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

BAB 2 PERKEMBANGAN, IMPLIKASI, DAN PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN TI DAN TK DI INDONESIA

• Teknologi Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC). Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.

PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA Kecenderungan perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah: 1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). 2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan. 3. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. DISTANCE LEARNING Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut: (1) Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya. (2) Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya. (3) Sistem administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya. (4) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning (5) Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database. (6) Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.

CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS PERKEMBANGAN TI DAN TK UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA • Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas • Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada siswa. • Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. • Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia. • Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. • Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru.

BAB 3 KESIMPULAN

Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

REFERENSI

  1. Miarso, Yusufhadi, 2005, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Kencana, Jakarta
  2. Moerwanto, F.B, 2002, Mengenali Arti dan Manfaat Telematika, Jakarta
  3. http://www.informatika.lipi.go.id/
  4. http://binusmaya.binus.ac.id/
  5. http://library.binus.ac.id/
  6. http://www.oke.or.id/

64 responses to “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

  1. sangat bagus, supaya penjabaranya banyak

  2. wah bisa dipake materi tugas kuliah.
    thanks

  3. @utharee, semoga bermanfaat untuk tugas kuliah.

    salam
    omjay

  4. minta izin untuk kami jadikan buklet ya pak… kami dari indismart, media pembelajaran online interaktif bagi pelajar SD hingga SMA. www indi-smart com

  5. Silahkan mas firman juliansyah semoga bermanfaat

    salam
    omjay

  6. alhamdulillah,berkat anda tugas saya bisa selesai

  7. alhamdulillah, semoga bermanfaat ade yang baik.

    salam
    omjay

  8. Wah di sini ternyata terdapat informasi yang buanyak dan bermanfaat. Atas informasi dari seseorang yang tercinta, kami buka buka halaman dalam Global Village Indonesia ketemu sama ini halaman. Terimakasih kepada semua saja yang menulis dan berjasa dalam situs ini, semoga menjadi amal sholeh anda dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa yakni Allah SWT.

  9. Amin ya robbal alamin mas sahudi

    salam
    omjay

  10. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA « Fitriukhti's Blog

  11. oaisjcjnth

  12. Ping-balik: Perkembangan TI di Indonesia « Dikyrosyadi's Blog

  13. Ping-balik: Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia « Dikyrosyadi's Blog

  14. makasih pak jay..
    membantu saya menyelesaikan tugas kuliah
    salam kenal..

  15. buat para semua orang di indonesia w mhon smwanya hrussssssss ttap bkrja krassss!!
    spya kta bsa lbih bnyk jd orang yg tak jd yg pngangran
    OOOKKK

  16. woww.. penjabarannya mantap pak .. sy izin copy yah 🙂

  17. silahkan mas achmad. Semoga bermanfaat

    salam
    omjay

  18. kl bleh dibikinin dong tentang perkembangan tegnologi informasi terhadap pendidikan anak usia dini

  19. Halo Omjay .. Saya Mampir ya .. Semoga Makin Sukses.. Salam Dari AkuJagoan.com

  20. terima kasih mas fauzi, saya langsung main ke lapak anad

    salam
    Omjay

  21. Ping-balik: » PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA Wijang IM

  22. Ping-balik: Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi « Rezky Ulina

  23. mas makasi ya infonya sangat bermanfaat . saya kebetulan tugas membuat paper tentang ICT / TIK untuk kuliah. terima kasih ya mas

  24. perkembangan ICT/TIK terlalu cepat, di pegunungan listrik sering mati, speedy ndak masuk, modem lain lemot/lambat. sepertinya kami jalan, ICT/TIK berkendaraan. Pikiran kami kusut karna lingkungan pegunungan, lambat memahami dunia luar yg pesat perkembangannya. Transportasi seperti kali asat/jalan bebatuan naik turun sangat tinggi, wahh betapa terbelakangnya kami..ck.ck ck ck ck ck ck….

  25. Assalamu’alaikum pak Wijaya, salam kenal. Terima kasih atas berbagi ilmu dan informasinya. Mohon izin untuk meng-copy artikel tsb dan akan saya gunakan sebagai salah satu referensi untuk penelitian saya. Terima kasih. Wassalam.

  26. Makasih yea atas artikelnya lumayan bisa buat tugas skolah….

  27. thanks…
    cukup lah untuk tugas
    hehehehehe…

  28. Ping-balik: Perkembangan Teknologi Informasi | Glowing's Blog

  29. Akhirnya dapat juga bahan tugas sekolah saya.. thank a lot for share 🙂

  30. panjang euy …. jadi ngga` negrti nih

  31. Ping-balik: only hope » Blog Archive

  32. smadav 2011 mendukung perkembangan teknologi di Indonesia, kawan ayo bersama membangun negeri ini, mulai dari hal yang sederhana, misalnya menulis sesuatu yang mendidik atau memberikan ilmu yang bermanfaat melalui blog seperti yang anda tuliskan di blog ini. Salam Hangat selalu.

  33. salam.. tertarik meng-abadikan artikel ini di blog ku… izin copy ya pak…
    salam sukses selalu.. maju bangsaku…

  34. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI INDONESIA | Fahmi63's Blog

  35. Pak ijin copy ya !!!! artikelnya ok bnget. …..

  36. thanks yah
    wah bisa menyelesaikan tugas nieh ^^

  37. Salam kenal
    Melalui blog ini saya menginformasikan yang mungkin dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#up

  38. Ping-balik: Perkembangan Teknologi Informasi « nurvitasari

  39. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI « LIFE IS A CHOICE !!! FOREVER

  40. Ping-balik: Perkembangan IT di Indonesia « hafidzfirmanda94

  41. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA | r3kh156

  42. Ping-balik: perkembangan TI | mufidkk

  43. Ping-balik: artikel perkembangan TI | hendroferri

  44. Ping-balik: ayucherya

  45. Ping-balik: Teknologi Informasi dan komunikasi « arummaulidia

  46. Ping-balik: rimaulfina

  47. Ping-balik: MAKALAH TIK « ikharahman48

  48. ass. izin reblog pak, materinya bagus, makasih wss

  49. mantap gan,,lanjuuttttt,,,,,!!!!

  50. Ping-balik: MASYARAKAT DAN DUNIA VIRUAL | PUTU ASTINA BLOG

  51. Ping-balik: hidupkan mimpimu » Blog Archive » PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI di INDONESIA

  52. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI di INDONESIA | susmiati201310210311033

  53. Ping-balik: Perkembangan TI | perkembangan TI

  54. Ping-balik: Fakultas Ilmu Kesehatan » Perkembangan Teknologi Informasi

  55. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

  56. Ping-balik: Perkembangan IT « One Great Step

  57. Ping-balik: perkembangan TI

  58. Ping-balik: bismillah » Blog Archive » PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

  59. Ping-balik: Fauziah Iskarimah Rahman » Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

  60. Ping-balik: Materi Kuliah | tentonicif2013

  61. Ping-balik: Nizame's blog » Blog Archive » PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

  62. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA | arumisp

  63. Ping-balik: IT development | KARYA ANAK DESA